Butler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Butler di Dunia Barat dan terutama di Britania Raya dan bekas jajahannya adalah pelayan senior dalam sebuah rumah tangga. Posisi ini telah ada sejak ratusan tahun, namun dalam arti modern seorang butler bertanggung jawab terhadap makanan, minuman, alat makan, menyelia pelayan lain, dan kadang melakukan tugas-tugas lain. Istilah-istilah lain untuk butler adalah Majordomo, Butler Administrator, Staff Manager, dan Head of Household Staff.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dalam pembagian tugas, butler biasanya bertanggung jawab mengenai ruang makan (termasuk tempat penyimpanan anggur di bawah tanah wine cellar) dan pantry, sedangkan housekeeper bertanggung jawab mengenai penampilan rumah secara keseluruhan. Dalam zaman kuno sampai abad pertengahan, minuman keras disimpan dalam kendi dari tanah liat atau kayu, dan perawatannya menjadi tanggung jawab seorang budak yang dipercaya. Dari sinilah berasal kata "butler", yaitu bahasa Inggris Tengah boteler atau bahasa Perancis Kuno bouteillier (pembawa botol), dan sebelumnya dari bahasa Latin Tengah butticula.

Butler di Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya, butler mendapat jabatan tersebut setelah mendaki dari posisi yang lebih rendah. Sekarang terdapat sekolah butler, dengan lulusan terbaik dapat langsung kerja dengan gaji USD 50.000 - 60.000 di AS. Selain itu beberapa hotel seperti Ritz Carlton juga menawarkan pelatihan butler. Dalam dunia fiksi, butler sering digunakan untuk komedi, lebih pintar daripada bossnya memberikan komentar sinis. Kadang mereka juga digunakan dalam cerita misteri, sehingga menimbulkan catch phrase, "The butler did it!" butler itu sendiri ada 2 jenis, yaitu american butler dan juga european butler

Daftar beberapa butler terkenal dalam fiksi[sunting | sunting sumber]

Beberapa butler terkenal dalam fiksi:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]