Pesanan lewat pos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sampul edisi pertama katalog dari Eaton's, terbitan tahun 1884. Katalog Eaton's terus diterbitkan hingga tahun 1976

Pesanan lewat pos (bahasa Inggris: mail order) atau bisnis pesanan lewat pos adalah bentuk penjualan eceran yang barangnya dikirim melalui pos atau jasa kurir. Pengusaha menawarkan barang tanpa perlu membuka toko atau mengutus wiraniaga, melainkan melalui katalog, media cetak (surat kabar atau majalah), serta media elektronik (perdagangan elektronik melalui situs web dan telebelanja di televisi atau radio). Pembeli memesan lewat surat, telepon, atau situs web. Barang diantarkan ke alamat seperti diminta pembeli, seperti alamat rumah atau kantor pemesan. Di beberapa negara, barang dapat diantar ke toko kelontong terdekat untuk diambil oleh pembeli.

Sebagian pedagang juga membolehkan barang diantar ke pihak ketiga sebagai hadiah atau kiriman ke orang yang berada di tempat lain. Pembayaran dapat dilakukan melalui wesel pos, kartu kredit, transfer bank, atau secara tunai sewaktu barang diambil di toko kelontong, atau ketika sampai di alamat pembeli.

Katalog pesanan lewat pos adalah terbitan berisi daftar barang-barang yang ditawarkan oleh perusahaan. Katalog dikirimkan ke alamat calon pembeli melalui sistem kiriman langsung tanpa dipungut bayaran. Data alamat calon pembeli diperoleh dari pengusaha basis data nama dan alamat. Di beberapa negara, katalog juga bisa diambil gratis di kantor pos, toko buku, atau pasar swalayan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Iklan di majalah Amerika Serikat tahun 1916, menawarkan ikan dan makanan laut yang diantar lewat pos.

Menurut Asosiasi Mail Order Nasional Amerika Serikat, Benjamin Franklin diperkirakan sebagai orang pertama yang merumuskan konsep bisnis pesanan lewat pos. Ia menerbitkan katalog barang yang pertama pada tahun 1744. Isinya menawarkan buku-buku akademis dan ilmiah. Benjamin Franklin juga disebut sebagai penjamin pesanan lewat pos yang pertama, "Untuk orang-orang yang tinggal di tempat terpencil, memesan dan mengirim uang ke B. Franklin secara hukum dijamin sama halnya seperti hadir dalam transaksi."

Di Amerika Serikat, bisnis pesanan lewat pos yang tertua dan masih beroperasi, adalah usaha pesanan lewat pos Hammacher Schlemmer yang didirikan Alfred Hammacher di New York City pada tahun 1848. Katalognya menawarkan perkakas mekanik dan perkakas pertukangan. Katalog pertamanya diterbitkan pada tahun 1881.[1]

Pada 1872, Aaron Montgomery Ward memproduksi katalog pesanan lewat pos untuk bisnis pesanan lewat pos bernama Montgomery Ward. Katalog diterbitkannya adalah katalog pertama yang diterbitkan di selembar kertas berukuran 5 x 12 inci. Di dalamnya berisi daftar barang-barang berikut harganya, dan cara pemesanan. Target pembeli adalah petani di Amerika Serikat Tengah Barat yang tidak merasa nyaman berhubungan dengan pedagang. Dalam dua dekade, selembar katalog berisi daftar barang yang dibuatnya berubah menjadi katalog bergambar setebal 540 halaman berisi lebih dari 20.000 barang. Katalog lain yang terbit di masa awal bisnis pesanan lewat pos adalah katalog terbitan toko serba ada Eaton's dari Toronto, Kanada. Katalog Eaton's pertama kali diterbitkan pada tahun 1884. Hampir satu dekade berikutnya, Sears menerbitkan katalog pertamanya di Amerika Serikat. Sementara itu, CENCO mendominasi pasar peralatan pendidikan sains melalui katalog yang diterbitkannya.

Perusahaan lain yang menerbitkan katalog pesanan lewat pos di antaranya JC Penney, The Noble Collection, Wal-Mart, Spiegel catalog, dan Welco.

Setelah adanya Internet, membeli di situs web menjadi cara yang lazim. Walaupun barang masih diantar melalui pos, pembelian melalui situs web umumnya tidak lagi disebut "pesanan lewat pos", melainkan perdagangan elektronik

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]