Eminem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Eminem
Eminem DJ Hero.jpg
Penampilan Eminem di Juni 2009
Latar belakang
Nama lahir Marshall Bruce Mathers III
Nama lain Slim Shady
Lahir 17 Oktober 1972 (umur 41)
St. Joseph, Missouri, Amerika Serikat
Asal Detroit, Michigan, Amerika Serikat
Genre Hip Hop
Pekerjaan Rapper
Produser rekaman
Aktor
Tahun aktif 1995–sekarang
Label Bassmint
Mashin' Duck
Web
Interscope
Aftermath
Shady
Artis terkait D12
Dr. Dre
Shady Records
50 Cent
Nate Dogg
Obie Trice
Situs web www.eminem.com

Marshall Bruce Mathers III (lahir di Detroit, Michigan, Amerika Serikat, 17 Oktober 1972; umur 41 tahun), lebih dikenal dengan nama panggung Eminem (sering ditulis dengan EMINƎM), dan dia juga memiliki kepribadian ganda yang biasa disebut dengan nama Slim Shady, adalah seorang rapper paling terkenal, dan juga bekerja sebagai produser rekaman dan aktor dari Amerika. Popularitasnya membawa grup rapnya yang bernama D12 menjadi grup hip hop yang sukses pula. Selain menjadi bagian dari D12, Eminem juga merupakan member dari grup rap Bad Meets Evil, yang beranggotakan dia dan Royce Da 5'9". Eminem menjadi artis dengan penjualan album terbanyak pada tahun 2000. Eminem mendapat peringkat perrtama sebagai artis terbaik sepanjang masa oleh beberapa majalah dan mendapat peringkat 82 dalam "The 100 Greatest Artists of All Time" oleh majalah Rolling Stone. Dia dinobatkan oleh Raja Hip Hop oleh majalah yang sama. Dia mendapat 10 album dengan penjualan terbanyak dalam Billboard 200 (Termasuk proyeknya dengan Bad Meets Evil dan D12). Dia telah menjual 42 juta track dan 41.5 juta album di Amerika Serikat dan 90 juta lebih di seluruh dunia.

Pada tahun 1996, ia justru lebih memilih memulai karier solo dengan Album Debutnya yang berjudul Infinite. Dan dia mulai mendapatkan popularitas pada tahun 1999 dengan album The Slim Shady LP , yang memenangkan Grammy Award untuk Best Rap Album . Album berikutnya, The Marshall Mathers LP , menjadi menjual solo album dengan penjualan tercepat dalam sejarah Amerika Serikat. Ketiga album itu memenangkan Grammy Awards dan membuat Eminem memenangkan Best Rap Artist selama tiga kali berturut turut. The Marshall Mathers LP disebut sebut sebagai album Eminem terbaik dan tersukses secara keseluruhan. Kemudian Eminem vakum setelah touring pada tahun 2005. Dia merilis albumnya pada tahun 2004 dengan judul Encore dan Relapse pada tahun 2009. Dan pada tahun 2010 ia merilis albumnya yang ketujuh dengan judul Recovery yang mendapatkan kesuksesan di seluruh dunia. Recovery juga disebut sebut sebagai album tersukses di seluruh dunia bersama dengan albumnya yang telah dirilis sebelumnya, The Eminem Show yang menjadi best seller pada tahun 2002. Eminem memenangkan Grammy Awards pada Relapse dan Recovery yang membuatnya telah memenangkan total 13 Grammy Awards. Eminem menyatakan bahwa Masta Ace, Big Daddy Kane, Newcleus, the Beastie Boys, Dr. Dre, Tupac Shakur, AZ, Nas, dan Ice-T sebagai artis yang mempengaruhi musiknya.

Dia telah membuka pintu kesuksesan lain setelah namanya mendobrak industri musik. Ia mendirikan label rekaman sendiri yang bernama Shady Records dengan managernya Paul Rosenberg. Dia juga memiliki channel radio sendiri yang bernama Shade 45. Dia memulai karier aktingnya pada tahun 2002 pada saat dimana dia memulai aktingnya dalam film drama Hip-Hop, 8 Mile. Karena itu dia memenangkan Academy Award for Best Original Song, yang membuatnya menjadi artis rap pertama yang memenangkan nominasi itu. Dia juga pernah tampil dalam film lain diantaranya The Wsh (2001), Funny People (2009) dan Entourage pada season 7. Dia juga dikabarkan akan tampil pada film Shady Talez dan Have Gun, Will Travel pada tahun 2013 mendatang.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

1972–91: Kehidupan Awal dan Permulaan[sunting | sunting sumber]

Eminem Lahir dengan nama Marshall Bruce Mathers III pada tanggal 17 Oktober 1972 di Saint Joseph, Missouri,anak tunggal dari pasangan Deborah R. Nelson Mathers-Briggs and Marshall Bruce Mathers, Jr. Dia memiliki 5 ras yaitu Inggris, Jerman, Swiss, olish, dan Luxemburg. Saat masih berusia 18 bulan, ayahnya meninggalkan mereka, dan Ia pun hidup dibesarkan seorang diri oleh ibunya dalam kemiskinan. Saat berusia 12 tahun, Mathers dan ibunya seringkali berpindah-pindah tempat tinggal di antara kota-kota di Missouri (termasuk Saint Joseph, Savannah dan Kansas City), sebelum akhirnya menetap di Warren, Michigan, sebuah daerah pinggiran di Detroit.

Pada saat kecil, ia sangat tertarik ketika dibacakan cerita anak anak dan hingga akhirnya ia bercita cita menjadi seorang penulis komik (sebelum ia menemukan jati dirinya sebagai seorang rapper). Hingga akhirnya pada saat ia berusia 11 tahun, ia dikenalkan oleh pamannya Ronald "Ronnie" Nelson dengan musik rap dengan memberikannya single Ice-T yang berjudul "Reckless". Setelah ia memperoleh album Beastie Boys, Licensed to III ia menjadi tertarik memulai karier dalam bidang musik dan kemudian ia memulai kariernya pada usia 14 tahun (1986) sebagai member grup rap yang bernama Bassmint Productions dan merilis album EP mereka yang berjudul Steppin' onto the Scene. Eminem pada awalnya diragukan kemampuannya dalam bidang rap, karena ada anggapan bahwa rapper hanya bisa dilakukan oleh orang negroid. Pada tahun 1989 mereka mengubah nama grup rapnya dengan nama Soul Intent. Pada tahun 1992, Soul Intent merilis EP mereka lagi dengan judul Still in the Bassmint. Dan pada tahun 1995 mereka merilis EP mereka lagi dengan nama Soul Intent dan merilis single pertama mereka dengan judul "Fuckin' Backstabber" dibawah label rekaman Mashin' Duck Records. Meskipun ia terdaftar di Lincoln High School di Warren, ia sering ikut serta dalam freestyle battle di Osborn High School (sekarang sudah tidak berfungsi) pada sisi timur Detroit. Meskipun perjuangan terdokumentasi dengan baik dan berhasil dalam industri yang didominasi Afrika-Amerika, ia mendapatkan persetujuan dari khalayak hip hop underground. Setelah mengulangi kelas sembilan sebanyak dua kali karena nilai yang buruk, pembolosan dan hampir turun kelas, ia di drop out dari SMP pada usia 17 tahun.

Pada tahun 1991, Mathers hancur karena pamannya yang bunuh diri. Kemudian ia membuat tato bertuliskan "Ronnie R.I.P." di lengan atas kirinya yang didedikasikan untuk pamannya, Ronnie. Ronnie disebut-sebut dalam lagu "Stan", "Cleanin 'Out My Closet", dan "My Dad Gone Crazy".

1992–99: Karier awal, Infinite dan The Slim Shady EP[sunting | sunting sumber]

Salah satu mentor awal Mathers, rapper lokal yang bernama Champtown, yang mendapatkan Mathers untuk pergi ke studio untuk pertama kalinya; Mathers membuat penampilan musik video pertamanya dalam video klip Cartoon yang berjudul "Scooby Doo " pada tahun 1894. Mathers dan Champtown kemudian tidak akur. Mathers pada awalnya ditandatangani untuk FBT Productions pada tahun 1992, yang dijalankan oleh Jeff dan Mark Bass bersaudara. Mathers juga mempunyai pekerjaan dengan upah minimum memasak dan mencuci piring di restoran Lodge Gilbert di daerah Shores St Clair untuk beberapa waktu. Pada tahun 1996 debut album Infinite, yang direkam di Bassmint, sebuah studio rekaman milik Bass bersaudara, dirilis di bawah label rekaman Independen mereka, Web Entertainment. Eminem bercerita, "Jelas, saya masih muda dan dipengaruhi oleh artis lain, dan aku mendapat banyak umpan balik mengatakan bahwa saya terdengar seperti Nas dan AZ. 'Infinite' ini menunjukkan saya dimana saya mencoba untuk mencari tahu dan membuat bagaimana gaya rap saya yang saya inginkan, bagaimana saya ingin terdengar di mic dan menampilkan diri itu adalah tahap pertumbuhan. Saya merasa seperti 'Infinite' (Tak terbatas) seperti demo yang baru saja dipublikasikan." Topik yang dibahas dalam Infinite termasuk perjuangannya dalam membesarkan putrinya yang baru lahir Hailie Jade Mathers dengan dana terbatas dan keinginan yang kuat untuk menjadi kaya. Pada awal kariernya, Eminem berkolaborasi dengan sesama rapper Detroit, Royce da 5'9" dengan nama panggung Bad Meets Evil. Setelah merilis Infinite, perjuangan pribadi Eminem dan penyalahgunaan obat dan alkohol memuncak dalam upaya bunuh diri yang gagal.

2000-02: The Marshall Mathers LP dan The Eminem Show[sunting | sunting sumber]

The Marshall Mathers LP dirilis pada mei 2000. Terjual sebanyak 1.76 juta kopi pada minggu pertama, memecahkan rekor yang sebelumnya ditetapkan oleh Snoop Dogg Doggystyle sebagai penjualan album hip hop tercepat dan dari Britney Spears ...Baby One More Time sebagai penjualan album solo tercepat dalam sejarah Amerika Serikat. Single pertama yang dirilis dari album, "The Real Slim Shady", sukses dan membuat beberapa kontroversi dengan menghina selebriti dan membuat klaim yang meragukan tentang mereka; ia menyatakan, antara lain, bahwa Christina Aguirela melakukan seks oral dengan Fred Durst dan Carson Daly. Pada single keduanya, "The Way I Am", dia mengungkapkan kepada penggemarnya tekanan dari perusahaan rekamannya pada puncak "My Name Is" dan menjual beberapa rekaman. Meskipun Eminem telah diparodikan shock rocker Marylin Manson pada video musik untuk "My Name Is",  para pencipta dilaporkan baik-baik; Manson adalah nama-turunan di "The Way I Am" dan juga muncul dalam video musik, serta melakukan remix dari lagu dengan Eminem dalam konser. Dalam single ketiga, "Stan" (bersama Dido, dengan contoh lagu "Thank You"), Eminem berusaha mengatasi ketenaran barunya, mengambil persona dari seorang penggemar gila yang membunuh dirinya dan pacar hamilnya, pada "'97 Bonnie & Clyde" di The Slim Shady LP. Dalam video musik "Stan", Eminem ditunjukkan menulis dengan tangan kiri, mengakhiri perdebatan kipas atas tangan dominan nya. Q Magazine menamakan "Stan" sebagai lagu rap ketiga terbaik sepanjang masa, dan lagu datang kesepuluh dalam survei serupa yang dilakukan oleh Top40-Charts.com. Sejak itu lagu ini menjadi sangat diakui dan peringkat 290 pada majalah Rolling Stone dengan daftar "500 Greatest Songs of All Time". Pada bulan Juli 2000, Eminem menjadi orang kulit putih pertama yang akan tampil di sampul majalah The Source. The Marshall Mathers LP telah disertifikasi 10× Platinum oleh RIAA.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Eminem