Lipton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sekaleng teh Lipton Finest Earl Grey

Lipton adalah merek teh hitam yang diciptakan oleh Sir Thomas Lipton. Produknya terdiri dari daun teh, kantong teh, dan minuman teh kemasan. Lipton awalnya adalah nama perusahaan teh dari Inggris yang didirikan oleh Sir Thomas Lipton. Merek Lipton sekarang dimiliki oleh Unilever. Selain membeli dari pasaran teh dunia, Lipton memiliki sendiri beberapa perkebunan teh di Kenya, Tanzania dan India.

Lipton memegang 10% pangsa pasar dunia untuk teh (Euromonitor World Market for Hot Drinks 2004). Unilever menguasai 20% pangsa pasar dunia untuk teh dengan Lipton dan merek-merek teh lain yang dimiliki seperti PG Tips dan Beseda.

Lipton Yellow Label adalah produk Lipton yang paling laku di seluruh dunia, dengan slogan "Quality Number 1" (kualitas nomor satu).[rujukan?]

Teh Lipton tersedia di lebih dari 110 negara, termasuk di Eropa, Amerika Utara, Timur Tengah, Afrika dan Asia. Penjualan minuman Lipton Original Iced Tea bekerja sama dengan Pepsi.

Sup dan pasta dulunya pernah dipasarkan dengan merek Lipton, tapi sekarang sudah diganti dengan merek lain, seperti Knorr agar Lipton identik dengan merek teh.

Serbaneka[sunting | sunting sumber]

  • 52 milyar cangkir teh Lipton diminum setiap tahunnya atau sekitar 1.649 cangkir per detik.
  • 156 kaleng minuman Lipton Ice Tea dikonsumsi setiap detik.
  • Teh Lipton yang dijual selama setahun cukup untuk memenuhi 3.660 kolam renang ukuran Olimpiade. Kalau ditambahkan dengan Lipton Ice Tea yang terjual bisa memenuhi 4.434 kolam renang.
  • Berat daun teh Lipton yang diperlukan untuk mengisi 4.434 kolam renang dengan air teh adalah sama dengan berat 14.077 ekor gajah Afrika dewasa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]