ITunes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
iTunes
ITunes Logo.png
Itunes 11.png
iTunes 11 yang berjalan pada OS X Mountain Lion
Pengembang Apple Inc.
Rilis perdana 9 Januari 2001; 13 tahun yang lalu (2001-01-09)
Rilis stabil 11.0.2.26  (19 Februari 2013; 13 bulan yang lalu (2013-02-19))[1] [+/−]
Status pengembangan Aktif
Sistem operasi
Ukuran ~150 MB (bervariasi menurut OS)[2]
Ketersediaan bahasa 23 languages[3]
Jenis
Lisensi Perangkat gratis tak bebas
Situs web resmi www.apple.com/itunes/

iTunes adalah sebuah piranti lunak dari Apple Computer yang bisa memutar, mengorganisasi dan membeli lagu (dari iTunes Store). iTunes juga bisa digunakan untuk mengelola isi di iPod, iPhone, iPod Touch dan iPad. Para pengguna iOS menggunakan iTunes untuk mengunduh aplikasi dari App Store. Piranti lunak ini tersedia dalam versi yang bisa dijalankan menggunakan sistem operasi Mac OS X, Windows 2000, XP dan Vista. Versi iTunes yang sebelumnya juga bisa dijalankan dalam Mac OS 9 namun Apple sudah tidak menyediakannya lagi. Piranti ini telah mendapatkan reputasi karena mudah digunakan dan organisasi lagunya yang bagus.

Sebelum munculnya iTunes, sebuah perusahaan piranti lunak Casady & Greene sudah menciptakan sebuah piranti pemutar lagu bernama SoundJam MP. Apple membeli piranti lunak tersebut dari Casady & Greene dan membawa tiga programmer dari perusahaan tersebut untuk menciptakan iTunes. Versi iTunes yang pertama terlihat sangat mirip dengan SoundJam MP hanya ditambah dengan kemampuan merekam lagu ke dalam CD dan beberapa perubahan dalam penampilannya. Untuk versi selanjutnya Apple sudah menambahkan banyak fitur lainnya.

Fitur[sunting | sunting sumber]

iTunes memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengorganisasi, mengubah informasi dan merekam lagu dari sebuah CD. Selain itu iTunes juga bisa mengirim lagu ke dalam perangkat pemutar lagu, iPod, dan juga membeli lagu dari iTunes Store melalui internet.

Salah satu fitur iTunes yang menarik adalah kemampuannya untuk membuat Smart Playlist yang merupakan sebuah playlist yang bisa mengubah isinya bila pengguna melakukan manipulasi terhadap lagu yang ada di dalam koleksinya.

Perpustakaan musik[sunting | sunting sumber]

iTunes menyimpan informasi tentang setiap lagu di dalam dua dokumen yang berbeda. Dokumen yang pertama adalah sebuah dokumen dengan format binari bernama iTunes 4 Music Library. Dokumen ini adalah dokumen utama yang digunakan oleh iTunes untuk menyusun koleksi lagunya. Dokumen yang kedua memiliki format XML yang diberi nama iTunes Music Library.xml. Dokumen ini tidak digunakan oleh iTunes namun disediakan agar piranti lunak lainnya seperti iDVD, iMovie dan iPhoto yang dibuat oleh Apple sendiri, ataupun piranti buatan perusahaan lainnya bisa mendapat informasi yang lengkap tentang isi koleksi lagu milik pengguna iTunes tersebut.

Format dokumen[sunting | sunting sumber]

Saat ini iTunes bisa memutar dokumen dengan format MP3, AIFF, WAV, AAC dan Apple Lossless. Karena iTunes menggunakan teknologi QuickTime, banyak dokumen yang bisa dimainkan dengan piranti lunak QuickTime juga bisa diputar dengan iTunes. iTunes juga bisa memainkan lagu yang dibeli dari iTunes Store dan bahkan format yang bebas seperti OGG dengan menambahkan plug-in ke dalam komponen QuickTime.

iTunes versi Windows bahkan bisa mengubah dokumen jenis WMA menjadi AAC langsung di dalam program iTunes tersebut. Namun iTunes tidak memiliki kemampuan untuk memainkan dokumen WMA secara langsung.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "iTunes 11.0.2". Apple Inc. 2013-02-19. Diakses 2013-02-20. 
  2. ^ iTunes 10.6.1, iTunes 10.6.1 Versi terbaru saat ini.
  3. ^ iTunes 11

Pranala luar[sunting | sunting sumber]