IPhoto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
iPhoto
IPhoto Icon.png
IPhoto screen shot.jpg
Screenshot of iPhoto '11
Pengembang Apple Inc.
Rilis perdana 7 Januari 2002; 12 tahun yang lalu (2002-01-07)[1]
Rilis stabil 9.2.3 (29 Maret 2012; 2 tahun yang lalu (2012-03-29))
Sistem operasi Mac OS X, iOS
Lisensi Proprietary
Situs web resmi Apple - iLife - iPhoto

iPhoto merupakan salah satu piranti lunak yang secara eksklusif diciptakan untuk sistem operasi Mac OS X, keluaran Apple Computer. Perangkat lunak yang pertama kali dirilis pada tahun 2002 ini dapat digunakan untuk mengimpor, mengelola, mengatur, mengedit , dan mencetak foto secara digital sesuai dengan keinginan. iPhoto '09 merupakan iPhoto versi terbaru, menjadi bagian dari seri iLife '09, dan telah diliris pada Januari 2009. iPhoto sering dibandingkan dengan piranti lunak lain, seperti Google Picassa, WindowsPhoto Gallery, CyberLink MediaShow, Adobe Photoshop, dan Microsoft Expression Media.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

iPhoto dirilis pertama kali pada 7 Januari 2002 dan dapat diupload secara gratis dari situs resmi Apple. Tepat setahun setelahnya, Apple meluncurkan seri iPhoto 2. iPhoto 4 yang merupakan seri berikutnya diperkenalkan sebagai bagian dari iLife ’04 pada 6 Januari 2004. Versi terbaru ini mampu menampung hingga 25.000 foto. Tidak seperti iPhoto yang sebelumnya, iPhoto 4 hanya dapat dipakai jika pengguna memiliki iLife ’04 atau membeli Mac baru. Apple lalu meluncurkan iPhoto 5 sebagai bagian dari iLife ’05 dan menjadi versi pertama yang mampu menerima format foto dalam RAW serta format klip video MPEG-4 dengan dilengkapi fitur mengedit foto yang lebih baik. Sama seperti iPhoto 4, iPhoto 5 juga baru dapat digunakan jika pengguna memiliki iLife ’05 atau membeli Mac baru. Pada 10 Januari 2006 iPhoto 6 dirilis. Kemudian berlanjut dengan iPhoto ’08 pada tahun 2008 dan yang terbaru kini pada tahun 2009, iPhoto ’09 yang juga tergabung dalam iLife ’09.

Fitur[sunting | sunting sumber]

iPhoto memiliki fitur events yang memungkinkan penggunanya menemukan foto berdasarkan waktu ketika foto tersebut diambil. Pengguna dapat memberikan nama pada setiap event dan mengelompokan foto ke dalamnya. Tersedia juga fitur untuk memberi rating pada setiap foto yang disimpan. iPhoto '09 telah dirilis sejak Januari 2009 dan memiliki beberapa tambahan fitur, seperti:

  1. Faces, fitur yang mampu mendeteksi wajah di dalam foto. iPhoto menggunakan deteksi wajah untuk mengidentifikasi wajah seseorang di dalam foto dan pengenalan wajah untuk kemudian mencocokkan wajah tersebut di dalam foto. Pengguna juga dapat menambahkan nama-nama orang yang berada di dalam foto.
  2. Places, memungkinkan pengguna untuk mencari dan mengurutkan foto berdasarkan lokasinya, dengan menggunakan data dari camera ber-GPS atau iPhone. Yang menarik, jika keduanya tidak dimiliki, pengguna dapat menambahkan sendiri informasi lokasinya.

iPhoto juga memungkinkan penggunanya untuk mengedit foto dan menikmati foto melalui slideshow dengan berbagai layout, tema, serta transisi yang berbeda, sambil juga memasukkan lagu dari iTunes. Slide show ini bisa dilihat dengan format film dari QuickTime atau diedit di iMovie untuk kemudian dikopi ke dalam DVD melalui iDVD. Selain itu, pengguna juga bisa membuat postcard, kalender, ataupun kartu ucapan dengan menambahkan fotonya sendiri. Pengguna bisa membagi fotonya langsung secara online melalui situs pertemanan Facebook dengan cara mengunduh Facebook Developers terlebih dahulu. Kemudian pengguna bisa langsung mengunggah foto di Facebook ke album yang sudah ada ataupun membuat album baru. Selain itu, iPhoto juga bisa memasukkan foto ke Flickr, MobileMe, serta ke dalam iPod atau mencetaknya dengan printer. Bisa juga pengguna mengirimkan foto ke Kodak melalui internet untuk mencetak secara profesional.Yang terbaru sekarang ini, iPhoto juga bisa digunakan untuk memasukkan foto ke dalam iPhone. Pengguna hanya perlu mengambil gambar, kemudian memasukkannya ke iPhoto dan Sync ke iPhone.

Format dokumen[sunting | sunting sumber]

iPhoto didesain untuk menerima foto dari kamera digital, scanner, dan internet. iPhoto menyokong hampir semua jenis foto dan gambar yang umum digunakan, yaitu GIF, JPEG, JPG, PDF, RAW, dan MPEG-4. iPhoto dapat dengan mudah membagi foto dengan pengguna dari program dan sistem operasi lain, seperti Windows dan Linux, semenjak menggunakan standar format dokumen yang sama.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Pertama kali piranti lunak iPhoto dibuka, maka akan ditampilkan:

  1. Library, perpustakaan foto yang menyimpan seluruh data berupa foto, terbagi menjadi dua, yaitu events yang membagi foto berdasarkan waktu ketika foto diambil dan photos yang menggabungkan semua foto yang ada tanpa kriteria.
  2. Recent, terbagi menjadi, last 12 months memudahkan mencari foto yang dimasukan dalam 12 bulan terakhir, last import mencari foto yang terakhir kali dimasukan, dan trash untuk mengetahui foto yang sudah dihapus.
  3. Projects, pengguna bisa mencetak foto dalam sebuah buku album yang tersedia dari iPhoto dengan pilihan tema dan desain berbeda untuk menciptkan cerita berbeda pada foto tersebut.

Kritik[sunting | sunting sumber]

Pada 18 Januari 2006, Mark PilGrim mengkritik implementasi RSS pada iPhoto versi terbaru karena mengganggu standar XML dan ketentuan RSS. Kritik yang diangkat oleh VNUnet dan Slashdot ini, hingga sekarang belum mendapat pernyataan resmi dari Apple. Dalam beberapa tahun belakangan, Apple memang menggunakan standar web, memakai RSS di dalam Safari, dan memastikan bahwa Safari telah melewati tes Acid2. Apple juga sempat menuai kritik dari penggunanya di luar Amerika Serikat, Kanada, Jepang, dan beberapa negara di Eropa karena tidak memperluas pelayanan mencetak untuk sampul berkulit tebal (hardcover) dan foto kalender di negara-negara lain.

Software tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Penyambung dari iPhoto
  • Peralatan Luar
    • iPhoto Buddy merupakan keseluruhan aplikasi kecil dari Mac OS X yang memungkinkan penggunanya memakai lebih dari satu perpustakaan foto pada iPhoto sama seperti aplikasi lainnya, yaitu iWeb, iMovie, dan iDVD. Keuntungannya,satu perpustakaan foto besar yang menampung banyak foto dapat dibagi menjadi beberapa perpustakaan foto kecil yang akan meningkatkan performa perpustakaan itu sendiri. Fleksibilitas dalam mengatur koleksi foto digital juga turut naik dan konsistensi dengan aplikasi Mac lainnya terjaga supaya data dapat tersimpan sebanyak mungkin.
    • iPhoto Diet merupakan aplikasi untuk menguruskan perpustakaan iPhoto pengguna dengan memanipulasi foto dengan cara, menghilangkan duplikasi foto, baik yang dilakukan sendiri oleh iPhoto secara internal, ataupun oleh pengguna, menghapus back-up foto, mengidentifikasi foto yang belom masuk ke dalam album, serta menyiangi folder dan foto yang tidak diperlukan dalam iPhoto.Berbagai operasi ini memungkinkan pengguna untuk memulihkan ruang penyimpanan data. iPhoto Diet mendukung beberapa perpustakaan iPhoto dan menyediakan fitur manajemen perpustakaan dasar seperti mengubah dan meluncurkan perpustakaan. Selain itu, iPhoto Diet juga dapat dijalankan secara manual atau dikonfigurasi untuk memulai pemindaian perpustakaan pengguna secara otomatis pada waktu yang dikehendaki.
    • iPhoto Library Manager merupakan aplikasi yang mudah digunakan untuk mengatur dan mengedit foto digital, tetapi dibatasi dengan menyimpan semua foto dalam satu perpustakaan foto. iPhoto Library Manager memungkinkan perpustakaan iPhoto menambah tingkat kontrol atas koleksi iPhoto yang memudahkan untuk menyimpan foto dalam berbagai perpustakaan dan mentransfernya bolak-balik tanpa kehilangan kata kunci, peringkat, dan semua informasi lain yang telah ada. Perpustakaan dapat dibagi menjadi lebih kecil, atau perpustakaan yang lebih kecil dapat digabung bersama menjadi satu perpustakaan besar. Pengguna kemudian dapat menyimpan fotonya di drive eksternal atau pada komputer lain untuk digunakan bersamaan pada banyak perpustakaan foto dari iPhoto.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Apple Introduces iPhoto". Diakses 11 May 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]