60 Minutes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel ini bukan mengenai program majalah berita BBC Sixty Minutes (serial televisi)
60 Minutes
New60minutes.jpg
Format majalah berita televisi
Pembuat Don Hewitt
Pemeran lihat koresponden
Negara  Amerika Serikat
Produksi
Produser eksekutif Jeff Fager
Durasi 42 menit
Rumah produksi CBS News Productions
CBS Productions
Siaran
Saluran asli CBS
Format gambar 480i (SDTV)
1080i (HDTV)
Periode siaran 24 September 1968–masih ditayangkan
Pranala luar
http://www.cbsnews.com/sections/60minutes/main3415.shtml


60 Minutes adalah program majalah berita investigasi yang ditayangkan CBS News Amerika Serikat sejak 1968. Acara dibuat berdasarkan ide produser Don Hewitt yang menginginkan peliputan investigatif yang dilakukan sendiri oleh reporternya. Sejak mulai ditayangkan, 60 Minutes memiliki rating pemirsa yang tinggi. Hari jadi ke-40 acara ini diperingati pada musim gugur 2008. Acara ini mencatat rekor sebagai acara paling tahan lama dari segala genre yang ditayangkan di waktu utama jaringan televisi Amerika. Acara Meet the Press yang jauh lebih tua juga ditayangkan di waktu tayang utama, namun tidak terus menerus seperti halnya 60 Minutes.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Insipirasi untuk membuat acara ini berasal dari program berita yang kontroversial di Kanada, This Hour Has Seven Days yang ditayangkan dari 1964 hingga 1966.

Pada awalnya, 60 Minutes ditayangkan sebagai acara dua minggu sekali dengan pemandu acara Harry Reasoner dan Mike Wallace. Penayangan perdana dilakukan 24 September 1968, dan ditayangkan bergantian setiap minggunya di Selasa petang dengan acara lain produksi CBS News. Don Hewitt yang pernah menjadi produser CBS Evening News bersama Walter Cronkite memakai Wallace untuk menandingi Reasoner.[1] Idenya adalah membuat acara yang menjadikan reporter sebagai pemandu acara, selalu menyajikan cerita yang penting secara nasional, tapi berfokus pada individual yang terlibat di dalamnya, atau individual yang memiliki konflik dengan topik tersebut. Selain itu, waktu tayang laporan dibatasi hanya sekitar 13 menit.[1]

Setelah Reasoner keluar dari CBS untuk menjadi salah seorang jangkar program berita petang di ABC, Morley Safer menggantikannya pada tahun 1970 (Reasoner kembali lagi ke CBS dan 60 Minutes pada tahun 1978). Safer mengambil alih tugas-tugas Reasoner melaporkan cerita-cerita yang tidak begitu sensitif. Namun ketika Richard Nixon mulai membatasi akses media massa dan reporter, Safer mulai melakukan laporan investigasi yang "sensitif". Sepanjang tahun 1970, 60 Minutes melaporkan tentang bom tandan, Angkatan Darat Vietnam Selatan, amnesti di Kanada untuk pengelak wajib militer Amerika, Nigeria, Timur Tengah, dan Irlandia Utara.[2] Pada tahun 1983, laporan Safer, "Lenell Geter's in Jail" membebaskan seorang narapidana dari lembaga pemasyarakatan. Geter adalah penduduk Texas yang menjalani hukuman atas perampokan bersenjata yang tidak pernah dilakukannya. Laporan tersebut hingga kini menjadi salah satu pencapaian terbaik 60 Minutes.

Pada tahun 1971, 60 Minutes memulai segmen bernama "Point/Counterpoint" bersama James J. Kilpatrick dan Nicholas von Hoffman (nantinya digantikan Shana Alexander). Isinya berupa debat 3 menit antara juru bicara dari kalangan konservatif dan kalangan liberal. Segmen ini nantinya merupakan perintis dari format sejenis yang nantinya diadaptasi CNN sebagai Crossfire. Segmen "Point/Counterpoint" bertahan hingga digantikan oleh segmen komentar oleh Andy Rooney pada tahun 1979. Sebelumnya, sejak musim gugur 1978, Andy Rooney dan "Point/Counterpoint" sudah tampil bergantian setiap dua minggu sekali. Andy Rooney masih membawakan segmen komentar hingga kini.

Koresponden dan pembawa acara[sunting | sunting sumber]

Dari kiri atas searah jarum jam: Rooney, Pelley, Couric, Kroft, Safer, Simon, dan Stahl

Mike Wallace sudah tampil dalam 60 minutes sejak acara ini dimulai pada tahun 1968. Wallace pensiun pada tahun 2006, tetapi masih menjabat sebagai koresponden emeritus dan masih berkantor di Kantor Pusat CBS News.

Koresponden dan komentator 60 Minutes terdiri dari:

Paruh waktu:

Mantan koresponden dan pemandu acara[sunting | sunting sumber]

Komentator[sunting | sunting sumber]

Sejak 1978, Andy Rooney tampil membawakan komentar di akhir setiap episode. Komentator lain yang juga tampil:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Madsen, Axel (1984). 60 Minutes: The Power and the Politics of America's Most Popular TV News Show. New York City: Dodd, Mead and Company. hlm. 14. 
  2. ^ Madsen, Axel (1984). 60 Minutes: The Power and the Politics of America's Most Popular TV News Show. New York City: Dodd, Mead and Company. hlm. 15. 
  3. ^ Mike Wallace Retires From '60 Minutes,' CBS News, 14 Maret 2006.
  4. ^ "60 Minutes' Ed Bradley Dead At 65". CBS News. 9 November 2006. Diakses 9 November 2006. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Who's Who in America 1998, "Hewitt, Don S." Marquis Who's Who: New Providence, NJ, 1998. p. 1925.
  • Who's Who in America 1998, "Wallace, Mike." Marquis Who's Who: New Providence, NJ, 1998. p. 4493.
  • Madsen, Axel. 60 Minutes: The Power and the Politics of America's Most Popular TV News Show. Dodd, Mead and Company: New York City, 1984.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

versi Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

versi Australia[sunting | sunting sumber]

versi Selandia Baru[sunting | sunting sumber]

versi Perancis[sunting | sunting sumber]