Katie Couric

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Katie Couric
[[Berkas:Couric headshot.jpg|frameless|alt=]]
Lahir Katherine Anne Couric
7 Januari 1957 (umur 57)
Arlington, Virginia, Amerika Serikat
Pekerjaan wartawati televisi, presenter berita
Gaji AS$15 juta
Pasangan Jay Monahan (1989-1998†)
Anak Elinor Tully "Ellie" Monahan
Caroline Couric Monahan

Katherine Anne "Katie" Couric (lahir di Arlington, Virginia, 7 Januari 1957; umur 57 tahun) adalah wartawati Amerika Serikat yang dikenal namanya setelah menjadi pemandu acara Today di televisi NBC. Kepindahannya dari NBC ke CBS pada tahun 2006 menjadi bahan berita. Sejak 5 September 2006, ia menjadi jangkar berita dan redaktur pengelola program berita CBS Evening News menggantikan Bob Schieffer yang bertugas sebagai jangkar sementara. Sebelumnya, Dan Rather yang menjabat jangkar berita sekaligus redaktur pengelola mengundurkan diri pada 9 Maret 2005.

Penugasan Couric sebagai jangkar berita CBS Evening News membuatnya sebagai wanita pertama yang secara sendirian menjadi jangkar program berita petang di hari kerja. Sebelumnya, posisi tersebut di tiga stasiun televisi terbesar Amerika Serikat (ABC, CBS, NBC) selalu didominasi pria.

Karier[sunting | sunting sumber]

Couric dilahirkan di Arlington, Virginia. Ayahnya bernama John Martin Couric Jr., seorang pejabat hubungan masyarakat dan redaktur di harian The Atlanta Journal-Constitution dan United Press, Washington, D.C.. Ibunya seorang ibu rumah tangga dan penulis paruh waktu bernama Dersima Hene.[1] Walaupun ibunya adalah seorang Yahudi[2], Katie dibesarkan sebagai seorang Presbiterian.[3] Kakek dan nenek dari pihak ibu, Berthold B. Hene dan Clara L. Froshin adalah imigran Yahudi dari Jerman.[4] Dalam laporan Couric untuk acara Today, ia melacak leluhur dari pihak ayah yang ternyata seorang yatim piatu Perancis yang beremigrasi ke Amerika pada abad ke-19. Di Amerika, leluhurnya sukses sebagai pialang bisnis kapas.

Couric melewatkan masa sekolahnya di Sekolah Dasar Jamestown, Sekolah Menengah Pertama Williamsburg,[5] dan Sekolah Menengah Atas Yorktown di Arlington Virginia. Sewaktu di sekolah menengah atas, ia adalah seorang pemandu sorak.[6]

Pada tahun 1975, ia mulai kuliah di Universitas Virginia mengambil jurusan Inggris dan Sejarah,[5] Di kampus, ia menjadi anggota sororitas Delta Delta Delta, dan memegang sejumlah jabatan di surat kabar kampus The Cavalier Daily. Sewaktu mahasiswa tingkat 3, ia terpilih sebagai ketua asrama The Lawn yang berada di tengah-tengah perkampungan akademis Thomas Jefferson. Couric lulus pada tahun 1979 dan mendapat gelar di bidang Kajian Amerika.

Karier televisi[sunting | sunting sumber]

Karier jurnalisme Couric dimulai setelah Stan Hooper menerimanya sebagai asisten berita di biro ABC News, Washington, D.C. sebelum diterima di CNN sebagai koordinator liputan. Dari tahun 1984 hingga 1986, ia bekerja sebagai wartawati di stasiun televisi WTVJ, Miami, Florida. Dua tahun berikutnya, ia menjadi wartawati untuk stasiun televisi WRC-TV milik NBC di Washington, D.C.. Penghargaan dari Associated Press dan Penghargaan Emmy diterimanya sewaktu bekerja di WRC-TV. Couric bergabung dengan NBC News pada tahun 1989 sebagai Deputi Koresponden untuk Pentagon. Dari tahun 1989 hingga 1991, ia bertugas sebagai jangkar cadangan. Couric menjadi pemandu acara Today menggantikan Bryant Gumbel ketika sedang berhalangan. Selain itu, ia juga menggantikan Jane Pauley dan Deborah Norville sebagai presenter berita Today, menggantikan Garrick Utley, Mary Alice Williams, dan Maria Shriver sebagai pemandu acara Sunday Today, dan menggantikan John Palmer, Norville, dan Faith Daniels sebagai presenter berita NBC News at Sunrise di NBC News.

Presenter berita NBC (1991-2006)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1990, Couric bergabung dengan acara Today sebagai koresponden politik dalam negeri. Pada bulan Februari 1991, ia ditugaskan sebagai pemandu acara menggantikan Deborah Norville yang cuti melahirkan. Norville ternyata tidak kembali, dan Couric menjadi jangkar permanen sejak Kamis, 15 April 1991. Pada tahun 1992, ia menjadi jangkar bersama Tom Brokaw membawakan acara mingguan majalah berita petang hari NBC Now. Acara tersebut kemudian dihapus dan dijadikan bagian dari Dateline NBC. Laporan khusus dari Couric muncul secara teratur di Dateline NBC, dan namanya ditulis sebagai jangkar kontributor.

Selama berkarier di NBC, ia pernah menggantikan Tom Brokaw sebagai presenter berita NBC Nightly News. Ia juga pernah menggantikan Garrick Utley di edisi Minggu NBC Nightly News dari tahun 1989 hingga 1992, dan sebagai pengganti Maria Shriver di edisi Sabtu, NBC Nightly News pada tahun 1989.

Couric memandu sejumlah program berita spesial dan liputan khusus, mulai dari Everybody's Business: America's Children (1995) hingga liputan dunia hiburan Legend to Legend Night: A Celebrity Cavalcade (1993) dan Harry Potter: Behind the Magic (2001). Couric enam kali bertugas sebagai pemandu acara liputan pembukaan Olimpiade. Karier sebagai pemandu liputan Olimpiade dimulainya sejak Olimpiade Sydney 2000 bersama Bob Costas. Pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2006 tidak diliput Couric karena jadwalnya berbenturan dengan rekaman Today Show. Sebagai pengganti Couric, Bob Costas ditemani oleh Brian Williams.

Semasa di NBC, Couric pernah mewawancarai berbagai politisi dan selebriti, termasuk Presiden Gerald R. Ford, Jimmy Carter, George H. W. Bush, Bill Clinton, George W. Bush, dan Barbara Bush. Ia juga pernah sekali mewawancarai John F. Kennedy Jr. yang sekaligus menjadi wawancara terakhir Couric dengannya. Tokoh-tokoh lain yang pernah diwawancarainya adalah Perdana Menteri Tony Blair, Senator Hillary Clinton (wawancara televisi pertama bagi Hillary), J.K. Rowling, dan Laura Bush. Sejumlah penghargaan di bidang jurnalisme televisi diraihnya, termasuk Penghargaan Peabody untuk serial Confronting Colon Cancer.

Kariernya di Today dan NBC News berlangsung hingga 31 Mei 2006 saat Couric mengumumkan bahwa ia menerima tawaran CBS sebagai jangkar berita CBS Evening News. Kepindahan Couric ke CBS Evening News menjadikannya sebagai wanita pertama yang menjadi jangkar untuk "tiga besar" program berita petang yang ditayangkan setiap hari kerja di Amerika Serikat.

CBS Evening News (2006-sekarang)[sunting | sunting sumber]

Couric mengumumkan pengunduran dirinya pada tanggal 5 April 2006 walaupun sudah mendapat tawaran gaji AS$20 juta. Hari itu bertepatan dengan peringatan ke-15 tahun Couric menjadi pemandu acara Today. Pada hari yang sama, CBS secara resmi mengumumkan Couric sebagai jangkar berita dan redaktur pengelola CBS Evening News with Katie Couric. Di CBS, ia juga bertugas sebagai kontributor program investigasi 60 Minutes dan jangkar berita program waktu utama CBS.[7]

Penayangan pertama CBS Evening News with Katie Couric adalah pada 5 September 2006. Couric hadir dengan perangkat studio dan tampilan grafis yang baru. Lagu tema yang dipakai juga baru, karya James Horner[8] dengan suara oleh Walter Cronkite. Penampilan pertama Couric juga disiarkan secara simultan oleh stasiun radio lokal dan di Internet. Kritikus memberi tanggapan yang berbeda-beda tentang penampilan pertama Couric. Namun pastinya penayangan pertama CBS Evening News with Katie Couric menarik perhatian sekitar 13,6 juta pemirsa, hampir dua kali lipat dari jumlah pemirsa biasanya,[9] dan sekaligus meraih peringkat tertinggi di antara tayangan CBS Evening News sejak Februari 1998. Pada tanggal 19 September 2006, CBS Evening News menempati peringkat pemirsa teratas di antara 3 besar program berita petang di Amerika Serikat. Namun di minggu kedua, CBS Evening News dengan Katie Couric mendapat saingan dari NBC Nightly News. Dari 11 September hingga 15 September 2006, CBS Evening News ditonton 7,9 juta pemirsa sementara NBC ditonton 7,3 juta pemirsa. (11 September 2006, Couric jatuh di peringkat ketiga, peringkat pertama dan kedua diduduki NBC dan ABC).[10] Pada 6 Oktober 2006, Couric jatuh di urutan ketiga untuk dua minggu berturut-turut, tertinggal lebih dari satu juta pemirsa dari ABC News.[11] Persaingan berakhir dengan CBS Evening News berada di peringkat ketiga di antara tiga besar program berita petang di AS.[12]

Film dan drama televisi[sunting | sunting sumber]

Couric pernah memerankan wartawan berita bernama "Katie Current" dalam film Shark Tale. Ia tampil sebagai figuran menjadi sipir penjara Lembaga Pemasyarakatan Negara Bagian Georgia dalam film Austin Powers in Goldmember.

Di televisi, ia memerankan diri sendiri dalam komedi situasi Murphy Brown (1992) dan Will & Grace pada akhir tahun 2002. Pada kesempatan 12 Mei 2003, ia menggantikan pemandu acara Jay Leno di Tonight Show.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Couric menikah dengan Jay Monahan pada tahun 1989. Keduanya mendapat dua anak perempan, Elinor Tully "Ellie" Monahan (lahir 23 Juli 1991) dan Caroline Couric Monahan (lahir 5 Januari 1996). Pada tahun 1998, Jay Monahan yang masih berusia 42 tahun meninggal dunia akibat kanker usus besar. Setelah kematian suaminya, Couric sangat aktif sebagai juru bicara kampanye deteksi kanker usus besar. Pemeriksaan kolonoskopi yang dijalaninya diangkat sebagai materi tayang Today Show bulan Maret 2000. Menurut penelitian yang diterbitkan di jurnal Archives of Internal Medicine, edisi 14 Juli 2003, [13] Couric memberi dorongan bagi banyak orang untuk mendeteksi kanker usus besar secara dini.

Pada 7 Oktober 2005, Couric menayangkan pemeriksaan mamografi yang dijalaninya dalam acara Today di NBC. Penayangan ini berkaitan dengan ditetapkannya bulan Oktober sebagai bulan deteksi dini kanker payudara. Kakak perempuan Katie Couric yang bernama Senator Emily Couric meninggal dunia di usia 54 tahun, 18 Oktober 2001 akibat kanker pankreas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Katie Couric Biography (1957-)". filmreference. Diakses 1 Oktober 2008. 
  2. ^ Friedman, Roger (13 Februari 2004). "Gibson's 'Passion' in Very 'Select' Theatres". FoxNews.com. Diakses 13 April 2007. 
  3. ^ "Whatever Katie Wants". AARP. Diakses 1 Oktober 2008. 
  4. ^ ""Ancestry of Katie Couric"". About Genealogy: Couric Family Tree. About.com. hlm. hlm. 2. Diakses 13 April 2007. 
  5. ^ a b "Ask the Expert: Katie Couric". Power to Learn. Diakses 1 Oktober 2008. 
  6. ^ Dellinger, Paul (14 April 2006). "Radford man makes Katie Couric connection". The Roanoke Times. Diakses 28 April 2007. 
  7. ^ "Katie Couric is Joining CBS News". CBS Corporation. 5 April 2006. Diakses 1 Oktober 2008. 
  8. ^ ""James Horner"". Internet Movie Database. Diakses 16 Maret 2007. 
  9. ^ Jacques , Steinberg (7 September 2006). "Couric’s Opening Night Lifts Ratings for CBS". New York Times. Diakses 2 Oktober 2008. 
  10. ^ Friedman, Jon (18 September 2006). "Why Katie Couric is losing momentum". MarketWatch. Diakses 28 April 2007. 
  11. ^ "CBS Trailing ABC By 1 Million +". Diakses 2 Oktober 2008. 
  12. ^ Shister, Gail. "New producer brought in for 'CBS Evening News'", Philadelphia Inquirer, 9 Maret 2007.
  13. ^ Colorectal Cancer And The Katie Couric Effect

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Deborah Norville
Presenter berita Today
5 April 1991-31 Mei 2006
Diteruskan oleh:
Meredith Vieira
Didahului oleh:
Bob Schieffer (sementara)
Jangkar berita CBS Evening News
5 September 2006-present
Diteruskan oleh:
masih bertugas