Bob Schieffer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bob Schieffer
Lahir Bob Lloyd Schieffer
25 Februari 1937 (umur 77)
Austin, Texas, Amerika Serikat
Pendidikan Universitas Kristen Texas
Pekerjaan Wartawan
Pembawa berita
Pasangan Patricia Penrose Bishop
Kerabat Tom Schieffer

Bob Lloyd Schieffer (lahir di Austin, Texas, 25 Februari 1937; umur 77 tahun) adalah wartawan televisi Amerika Serikat yang telah bekerja untuk CBS News sejak tahun 1969. Ia menjadi jangkar edisi Sabtu CBS Evening News selama 23 tahun (1973-1992)[1] dan kepala koresponden CBS untuk Washington sejak tahun 1982. Sejak tahun 1991, ia bertugas sebagai moderator tayangan minggu pagi Face the Nation, dan mulai 10 Maret 2005 hingga 31 Agustus 2006 sebagai jangkar interim CBS Evening News.

Schieffer adalah salah seorang dari sedikit wartawan yang pernah bertugas meliput keempat pos utama di Washington: Gedung Putih, Pentagon, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, dan Kongres Amerika Serikat. Kariernya bersama CBS hampir sepenuhnya berhubungan dengan politik.

Schieffer berhasil sembuh dari kanker kandung kemih stadium III. Ia didiagnosis menderita kanker pada tahun 2003 dan sekarang sudah bebas dari kanker.[2]

Pada tahun 2004, ia bertugas sebagai moderator debat ke-3 pemilihan presiden Amerika Serikat antara Presiden George W. Bush dan Senator John Kerry. Pada 15 Oktober 2008, ia kembali menjadi moderator debat ke-3 pemilihan presiden Amerika Serikat antara Senator Barack Obama dan Senator John McCain.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Schieffer lahir di Austin, Texas dan dibesarkan di Fort Worth, Texas. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas North Side, ia melanjutkan ke Universitas Kristen Texas (TCU). Di kampus, ia menjadi anggota fraternitas Phi Delta Theta. Di kemudian hari, namanya diabadikan sebagai nama sekolah jurnalisme di almamaternya.

Setelah lulus kuliah, ia bergabung dengan Angkatan Udara Amerika Serikat. Ia bekerja sebagai reporter untuk harian Fort Worth Star-Telegram setelah dibebastugaskan dengan terhormat dari dinas militer. Salah satu tugas besarnya sebagai reporter adalah tugas ke Vietnam untuk meliput prajurit asal Fort Worth. Sewaktu bekerja untuk Star-Telegram, ia pertama kali memperoleh pengakuan di bidang jurnalistik pada tanggal 22 November 1963. Beberapa saat setelah Presiden John F. Kennedy tertembak di Dallas, Texas, ia menjawab telepon dari seorang wanita yang mencari tumpangan untuk pergi ke Dallas. Schieffer sedang berada di kantornya di Star-Telegram. Wanita itu ternyata Marguerite Oswald alias ibu dari Lee Harvey Oswald. Bersama ibu Oswald, ia berangkat ke Dallas, dan menemaninya ke kantor polisi. Beberapa jam berikut dihabiskannya dengan berpura-pura sebagai detektif hingga diizinkan masuk ke ruangan yang memiliki telepon. Ditemani ibu dan istri Oswald yang bernama Marina, ia bisa mengirimkan berita terbaru yang dikumpulkan reporter Star-Telegram lain yang sedang berada di gedung yang sama. Berkat Schieffer, Star-Telegram bisa menerbitkan 4 edisi "ekstra" pada hari pembunuhan John F. Kennedy.

Schieffer kemudian bergabung dengan radio WBAP di Dallas sebelum diterima bekerja di CBS pada tahun 1969.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bob Schieffer, Chief Washington Correspondent". CBS News. Diakses 16 Oktober 2008. 
  2. ^ Wawancara dengan Larry King, CNN, 22 Februari 2004 [1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Dan Rather
Jangkar interim CBS Evening News
10 Maret 2005-31 Agustus 2006
Diteruskan oleh:
Katie Couric