Alter ego

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bermain kartu dengan diri yang lain.

Alter ego (bahasa Latin yang berarti "aku yang lain") merupakan diri kedua yang dipercaya berbeda daripada orang kebanyakan atau kepribadian yang sebenarnya. Istilah ini dipakai pada awal abad kesembilan belas ketika gangguan pemecahan kepribadian pertama kali dijelaskan oleh psikolog[1]. Seseorang yang memiliki Alter ego dikatakan menjalani kehidupan ganda.

Sebuah makna yang berbeda dari Alter ego dapat ditemukan dalam analisis sastra, yang pengambaran karakter dalam karya-karya berbeda yang secara psikologis mirip, atau karakter fiktif yang perilakunya, ucapan, atau pikiran sengaja mewakili penulis[2] atau dengan jenis penampilan lain.

Keberadaan "diri yang lain" telah pertama kali dikenali pada tahun 1730-an. Anton Mesmer menggunakan hipnotis untuk memisahkan Alter ego. Percobaan ini menunjukkan pola perilaku berbeda dari kepribadian individu dalam keadaan sadar dibandingkan saat terhipnotis. Karakter lain dikembangkan dalam kesadaran yang berubah tapi dalam tubuh yang sama[3].

Alter ego juga digunakan untuk merujuk perilaku berbeda setiap orang yang ditampilkan dalam keadaan tertentu. Konsep terkait termasuk avatar, doppelgänger, peniru, dan kepribadian ganda.

Film[sunting | sunting sumber]

Dalam Mama's Little Pirate, salah satu film pendek Our Gang, setelah mengalami masalah dengan menyentuh lampu senter milik ayahnya, Spanky kedapatan terkirim ke kamar mandinya dan berbicara dengan alter egonya. Contoh lain dari alter ego dapat dilihat dalam Hannah Montana.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Irving B. Weiner, Donald K. Freedheim (2003). Handbook of Psychology. John Wiley and Sons. hlm. 262. ISBN 0-471-17669-9. 
  2. ^ Glenn Daniel Wilson (1991). Psychology and Performing Arts. Taylor & Francis. ISBN 90-265-1119-1. 
  3. ^ Pedersen, David (1994). Cameral Analysis: A Method of Treating the Psychoneuroses Using Hypnosis. London, U.K.: Routledge. hlm. 20. ISBN 0-415-10424-6.