Jonny Buckland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jonny Buckland
Jonny-Buckland.jpg
Latar belakang
Lahir 11 September 1977 (umur 37)
Islington, London, Inggris
Genre Rock alternatif
Pekerjaan Gitaris, Musisi
Instrumen Gitar, Vokal, Kibor, Bass, Perkusi, Piano
Label Parlophone, Capitol Records
Artis terkait Coldplay
Instrumen khusus
Fender Thinline Telecaster
Gibson ES-335
Fender Stratocaster
Gibson Les Paul

Jonathan Mark Buckland (lahir 11 September 1977), dikenal sebgai Jonny Buckland, adalah musisi dan gitaris dari Inggris, yang terkenal sebagai gitaris dari band Coldplay.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Buckland lahir di Islington, London, dan hidup di sana sampai umur empat tahun, ketika keluarganya pindah ke Pantymwyn, Wales Utara.[1] Dia mulai bermain gitar pada umur sebelas tahun, setelah mendapat dorongan dari band-band seperti The Stone Roses, Ride, George Harrison dan My Bloody Valentine, dan setelah didorong oleh kakaknya Tim.[1] Dia adalah murid di sekolah Ysgol y Waun dan Alun School, yang terakhir terletak di kota Welsh Mold; pindah ke studi astronomi dan matematika di University College London, tempat ia juga bertemu dengan anggota band yang lain—Chris Martin, Guy Berryman dan Will Champion—dan membentuk Coldplay. Ketika di University College London, Buckland, bersama Martin, mereka bekerja sebagai tukang bersih-bersih sekolah.[1]

Buckland dikenal dengan pengaturan aransemen yang jarang dan penggunaan slide. Gaya suaranya berdentang dan nada sehingga sering dibanding-bandingkan dengan The Edge dari U2.

Pekerjaan solo[sunting | sunting sumber]

Buckland menjadi bintang tamu dalam album solo Ian McCulloch yaitu Slideling dan tampil sebagai cameo dalam film yang dibintangi teman satu bandnya sendiri Chris Martin dalam film Shaun of the Dead.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Kakak dari Buckland, Tim dan bandnya The Domino State, menjadi pendukung dalam penampilan Coldplay di O2 Arena, Desember 2008.

Buckland beristrikan Chloe Lee-Evans. Mereka mempunyai anak bernama Violet, yang lahir tanggal 3 November 2007, dan tinggal di London. Pada tanggal 14 November 2009, Buckland dan Lee-Evans menikah di tempat mewah, One Marylebone di London. [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Williams, Martin (2009-08-31). "There'd be no Coldplay without Jonny Buckland". Liverpool Daily Post. 
  2. ^ "No Coldplay split, says North Wales-based mum of guitarist'". Daily Post. 2008-11-28. "Jonny's brother Tim and his band The Domino State will be supporting Coldplay at one of the 02 concerts." 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]