Shaun of the Dead

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shaun of the Dead
Poster film
SutradaraEdgar Wright
ProduserNira Park
Ditulis olehSimon Pegg
Edgar Wright
PemeranSimon Pegg
Kate Ashfield
Nick Frost
Lucy Davis
Dylan Moran
DistributorUnited International Pictures
Tanggal rilis
9 April 2004
Durasi95 min.
Negara Britania Raya  Prancis
BahasaInggris
AnggaranUK £4 juta[1][2]
IMDbInformasi di IMDb
AMGProfil All Movie Guide

Shaun of the Dead adalah film komedi romantis yang bertemakan zombie ("romzomcom" menurut para pembuatnya) yang dirilis pada 2004 (9 April di Britania Raya, 24 September di Amerika Serikat). Skenarionya ditulis Simon Pegg dan Edgar Wright, disutradarai Edgar Wright dan dibintangi Simon Pegg dan Nick Frost. Walaupun judulnya memainkan judul film Dawn of the Dead dari George Romero, film ini bukan parodi langsung seperti halnya film-film Scary Movie. Lebih tepat disebut sebagai tribut kepada jenis film horor zombie dengan banyak kaitan kepada film-film tersebut.

Salah satu pemain cameo dalam film ini adalah Chris Martin dan Jon Buckland dari band Coldplay.

Film ini dibuat seluruhnya di London, dan terutama di Ealing Studios, melibatkan rumah-rumah produksi Working Title Films dan StudioCanal.

Dalam minggu pertama pemutarannya di AS, Shaun meraup US$ 3,3 juta, meraih peringkat ke-8 dalam box office walaupun hanya dirilis secara terbatas di 607 gedung bioskop (dibandingkan dengan jumlah lazim 2000-3000 untuk film-film lain in sepuluh besar). Di Britania meraup £ 1,6 juta di 307 gedung bioskop pada minggu perdananya dan pemasukan mencapai £ 6,4 juta pada pertengahan Mei.

Pada 2004 majalah Total Film mencantumkan Shaun pada peringkat 49 dalam tangga The Greatest British Films of All Time.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Night Of The Laughing Dead". DVDVerdict. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-12-21. Diakses tanggal 2007-04-16. 
  2. ^ "Interview with film's stars". EchoOnline. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-10-23. Diakses tanggal 2007-04-16.