George Michael

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
George Michael
George Michael at Antwerp (BRAVO).jpg
George Michael dalam suatu pertunjukan di Antwerp tahun 2008.
Latar belakang
Nama lahir Georgios Kyriacos Panayiotou
Lahir 25 Juni 1963
London, Inggris
Genre Pop,dance-pop, pop rock
Pekerjaan musician, producer, multi-instrumentalist
Instrumen Penyanyi, multiple instruments
Tahun aktif 1980–present
Label Columbia, DreamWorks, Virgin, Epic, Sony, Polydor
Artis terkait Wham!, Band Aid, Mutya Buena
Situs web georgemichael.com
Instrumen khusus
Piano
John Lennon model "Z" Steinway

George Michael (lahir dengan nama Georgios Kyriacos Panayiotou pada  25 Juni 1963; umur 51 tahun) adalah seorang penyanyi-penulis lagu, multi-instrumentalis dan produser rekaman berkebangsaan Inggris. Nama George Michael sangat besar di era 80an sampai 90an dengan gaya musik post-disco, dance pop. Sebelum memulai karir solonya, George Michael terkenal sebagai vokalis dari band duo Wham!.

Sebagai salah satu artis dengan penjualan terbesar, George Michael telah menjual lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia sampai tahun 2010. Album solo perdananya, Faith yang dirilis pada tahun 1987 telah terjual lebih dari 20 juta kopi di seluruh dunia dan bahkan mencetak rekor, dan meraih banyak penghargaan di Amerika Serikat. Ada 7 single dari George Michael yang menduduki nomor satu di tangga lagu Inggris, dan 8 single di tangga lagu Billboard Hot 100 di Amerika Serikat. Tahun 2008, Billboard menempatkan Michael di urutan 40 dalam daftar 100 Artist Terbaik Sepanjang Masa.

George Michael telah memenangkan banyak penghargaan musik sepanjang 30 tahun karir musiknya, termasuk dua kali memenangkan predikat penyanyi pria terbaik dari Brit Award, empat kali memenangkan penghargaan video musik MTV, empat juga dari Ivor Novello Awards, tiga kali dari American Music Awards, dan memenangkan dua Grammy dari 8 kategori.

Tahun 2004, George mendapat gelar dari Radio Academy Inggris sebagai penyanyi dengan pemutaran lagu terbanyak di radio Inggris dalam kurun waktu 1984 sampai 2004. Sebuah dokumentari telah dirilis oleh Michael, A Different Story, menggambarkan tentang kehidupan pribadi Michael dan perjalanan karir musik profesionalnya. Tahun 2006 George Michael menjalankan tur dunianya, 25 Live tour setelah 15 tahun. Tur ini terlaksana dalam waktu 3 tahun (2006, 2007, 2008).

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

George Michael terlahir dengan nama Georgios Kyriacos Panayiotou di London Utara. Ayahnya, Kyriacos Panayiotou ialah seorang pengusaha restoran yang berpindah ke Inggris di tahun 1950-an dan mengganti namanya dengan Jack Panos. Sedangkan ibunya, Lesley Angold ialah seorang penari asal Inggris. George menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Kingsbury, London. Ia tinggal di sebuah rumah yang orang tuanya beli segera setelah kelahirannya. Selama tinggal di Kingsbury, George bersekolah di Kingsbury High School.

Setelah memasuki masa remaja, George dan keluarganya pindah ke Radlet, Hertfordshire. Disana George, bersekolah di Bushey Meads School, dimana ia bertemu dengan Andrew Ridgeley, seorang yang akan menjadi rekannya di duo Wham!. George dan Andrew memiliki kesamaan ambisi untuk menjadi seorang musisi.

Untuk pertama kalinya George terlibat dengan bisnis musik, ketika ia bekerja sebagai seorang DJ yang bermain di club-club, dan sekolah-sekolah di sekitar Bushey, Stanmore dan Watford.

Karir musik[sunting | sunting sumber]

1981-1986: Wham![sunting | sunting sumber]

Kesuksesan George Michael di industri musik dimulai ketika ia membentuk grup duo dengan teman sekolahnya, Andrew Ridgeley di tahun 1981. Album pertama dari Wham! yang dirilis 1983 dengan judul Fantastic berhasil menduduki nomor 1 di Inggris. Lagu-lagu yang dijadikan single di album ini seperti "Young Guns", "Wham Rap!", dan ''Club Tropicana'' juga sukses masuk ke dalam sepuluh besar di tangga lagu Inggris. Sebagian besar lagu di album ini ditulis oleh George sendiri.

Setelah kesuskesan album perdana, Wham! kembali meluncurkan album kedua di tahun 1984. Album kedua yang berjudul Make It Big ini juga tak kalah sukses. Album ini berhasil menduduki peringkat 1 di Inggris dan Amerika Serikat. Single yang diluncurkan dari album ini antara lain "Wake Me Up Before You Go-Go", "Freedom'', ''Everything She Wants'', dan ''Careless Whisper'' yang menjadi single pertama George Michael sebagai penyanyi solo.

Di tahun 1985, Wham! melakukan kunjungan ke China. Wham! adalah grup pop musik barat pertama yang melakukan kunjungan ke China. Akibatnya kunjungan Wham! ke China waktu itu mendapat sorotan besar dari media, dan sorotan itu pun berpusat pada George sendiri. Kunjungan ke China ini berhasil didokumentasikan oleh sutradara Lindsay Anderson dan diproduseri oleh Martin Lewis. Film dokumentasi ini diberi judul Foreign Skies: Wham! In China.

Kesuksesan George sebagai penyanyi solo dengan single pertama "Careless Whisper", dan single kedua "A Different Corner'' memperkuat rumor akan bubarnya Wham! dalam waktu dekat. Wham! akhirnya berpisah setelah merilis sebuah single perpisahan "The Edge Of Heaven'', album komplikasi single The Final, dan melakukan konser perpisahan di Wembley tahun 1986. Wham! berakhir dengan kesuksesan "The Edge Of Heaven" yang berhasil menduduki puncak tangga lagu Inggris di bulan Juni, 1986.

Karir Solo[sunting | sunting sumber]

Karir solo George diawali dengan duetnya dengan Aretha Franklin di lagu "I Knew You Were Waiting''. Melalui lagu ini George berhasil mewujudkan ambisinya untuk berduet dengan penyanyi favoritnya. Lagu ini berhasil menduduki puncak tangga lagu baik di Inggris maupun Amerika Serikat.

Untuk George, single ini melengkapi kedua single terdahulunya yang telah dulu menduduki puncak tangga lagu Inggris yaitu "Careless Whisper'' di tahun 1984, dan ''A Different Corner'' di tahun 1986. Berkat single ini juga, George dan Aretha berhasil memenangkan salah satu kategori di ajang penghargaan musik bergengsi, Grammy Award di tahun 1988.

1987-1989: Faith[sunting | sunting sumber]

Di musim gugur tahun 1987, George meluncurkan album perdanya yang berjudul Faith. George menulis dan memproduseri semua lagu di album ini, pengecualian untuk satu lagu yang ia tulis berdampingan.

Aksi panggung George Michael.

Single pertama yang diluncurkan dari album ini adalah sebuah lagu kontroversial ''I Want Your Sex''. Lagu ini mendapat kecaman dari banyak radio dikarenakan liriknya yang terlalu vulgar. Bahkan MTV hanya menayangkan video untuk single ini di larut malam. Namun George sendiri membantah apabila lagu ini dikatakan vulgar karena menurutnya lagu ini sama sekali bukan tentang seks itu sendiri.

Dengan segala kontroversinya, "I Want Your Sex'' dapat dikatakan berhasil dengan menduduki #2 di tangga lagu Amerika Serikat dan #3 di tangga lagu Inggris. Walau begitu lagu ini menjadi single pertama George yang gagal untuk menduduki puncak tangga lagu Inggris.

George Michael di era sembilan pulah-an tergambar di sampul untuk single "Jesus to a Child" dari album Older. Memasuki era album ini, George banyak melakukan perubahan pada penampilannya.
Penampilan George Michael di Nice, Perancis tahun 2011 dalam rangka tur yang bertajuk Symphonica

Single kedua "Faith'' diluncurkan di bulan October 1987, hanya beberapa minggu sebelum peluncuran album. Faith menjadi salah satu lagu George yang paling populer. Single kedua George ini berhasil menduduki #1 di Amerika Serikat, namun masih belum berhasil untuk menduduki puncak tangga lagu Inggris dan hanya berhasil menduduki posisi #2. Video untuk Faith juga sangat populer, menyangkan George yang mengenakan jaket kulit, celana jeans dari Levi's, dan sepatu ala cowboy bernyanyi dengan gitar dan goyang pinggul yang khas. Penampilan George di video ini menjadi ikon dirinya yang paling dikenal sampai saat ini.

Tanggal 30 Oktober 1987, akhirnya album perdana George Michael, Faith diluncurkan. Album ini berhasil menduduki posisi #1 di Inggris, dan Amerika Serikat. Bahkan di Billboard 200 Amerika Serikat album ini mampu bertahan di 10 besar selama 52 minggu, dengan 12 minggu berada di puncak. Single-single yang di luncurkan setelahnya seperti "Father Figure'', ''One More Try'', ''Monkey'', dan yang terakhir ''Kissing a Fool'' juga sangat sukses, bahkan mengikuti jejak ''Faith'' keempatnya berhasil menduduki #1 di Billboard Hot 100 Amerika Serikat. Alhasil, Faith berhasil mendapatkan sertifikat Dimaond dari RIAA karena telah berhasil terjual sebanyak 10 juta kopi di Amerika Serikat. Sampai saat ini Faith tercatat telah terjual sebanyak 25 juta kopi di seluruh dunia. Disamping penjualanya yang sangat sukses, Album ini juga memenangkan George sebuah Penghargaan Grammy tahun 1989 untuk kategori Album Of The Year.

Di tahun 1988, George memulai tur dunianya yang bertajuk Faith World Tour. Tur ini sukses besar, dan mampu menghasilkan 17,7 juta dollar.

Namun di balik kesukses Faith, George menuturkan pernyataan di dalam dokumentasinya, A Different Story, bahwa kesuksesanya tidak membuat ia bahagia. Proses-proses yang ia jalani di album Faith seperti promosi, tur, dan penghargaan membuatnya merasa lelah, kesepian, dan frustasi. Di tahun 1990, George memberitahu labelnya bahwa untuk album kedua ia tidak ingin melakukan promosi-promosi seperti yang ia lakukan untuk album Faith.

1990-1992: Listen Without Prejudice [sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Bersama Wham!:[sunting | sunting sumber]

  • 1983: Fantastic
  • 1984: Make It Big
  • 1986: Music from the Edge of Heaven

Solo karir:[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]