James Taylor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
James Taylor
James Taylor 1999.jpg
James Taylor pada tahun 1999
Latar belakang
Nama lahir James Vernon Taylor
Genre Country, Folk, Rock, Folk-Rock, Soft Rock, Country-Folk
Pekerjaan Penyanyi, penulis lagu, musisi
Instrumen Penyanyi, gitar, harmonika, Banjo
Tahun aktif 1968 - sekarang
Label Apple, Warner Bros., Columbia, Hear Music
Situs web JamesTaylor.com

James Vernon Taylor (lahir di Boston, Massachusetts, AS, 12 Maret 1948; umur 66 tahun) adalah seorang penyanyi-pencipta lagu dan gitaris Amerika, yang lahir di Belmont, Massachusetts.

Karier Taylor dimulai pada pertengahan 1960-an, tetapi baru pada awal tahun 1970-an ia menemukan pendengarnya, setelah ia menyanyikan lagu-lagu akustik yang sensitif dan lembut. Taylor adalah bagian dari gelombang penyanyi-pengarang lagu pada masa itu yang juga mencakup Tom Rush, Carole King, Joni Mitchell, John Denver, Elton John, Jackson Browne serta Carly Simon, yang belakangan dinikahi Taylor.

Albumnya Greatest Hits (1976) dinyatakan sebagai album intan permata dan laku lebih dari 11 juta piringan. Ia tetap memiliki banyak penggemar hingga tahun 1990-an dan 2000-an, ketika sebagian dari album-albumnya yang paling laris dan paling banyak memperoleh penghargaan diedarkan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Taylor dibesarkan di Chapel Hill, North Carolina. Di sana ayahnya, Dr. Isaac M. Taylor, menjabat sebagai dekan dari Sekolah Kedokteran Universitas North Carolina dari 1964 hingga 1971. Keluarganya biasa berlibur musim panas di Martha's Vineyard.

Keempat saudara Taylor, Alex, Livingston, Hugh, dan Kate, juga adalah musikus yang pernah merekam album-albumnya sendiri. (Livingston masih aktif sebagai musikus; Kate aktif pada 1970-an tetapi tidak merekam labum lagi hingga 2003; Hugh membuka sebuah rumah penginapan dengan istrinya; Alex meninggal pada 1993.) Anak-anak Taylor dengan Carly Simon, yang bernama Ben dan Sally, juga telah mengembangkan karier musiknya sendiri. Ayahnya belakangan menikah kembali dan mempunyai dua orang anak lagi, Julia dan Theo.

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Taylor mulanya belajar bermain cello pada masa kecilnya di Chapel Hill, North Carolina, kemudian beralih ke gitar pada 1960. Gaya bermain gitarnya berkembang dari mendengarkan lagu-lagu gereja dan Woody Guthrie. Sementara belajar di Akademi Milton, sebuah sekolah persiapan ke perguruan tinggi di Massachusetts, Taylor bertemu dengan Danny Kortchmar di Martha's Vineyard, dan keduanya mulai bermain lagu rakyat bersama-sama. Setelah putus sekolah, ia membentuk sebuah band dengan saudaranya, Alex. Belakangan, ia dimasukkan ke sebuah rumah sakit psikiatris karena mengalami depresi. Ia memperoleh ijazah SMA ketika dirawat di rumah sakit dan kemudian keluar dari situ dan membentuk sebuah band yang dinamainya Flying Machine dengan Kortchmar dan Joel O'Brien. Band ini membuat kontrak dengan Rainy Day Records dan menerbitkan sebuah rekaman tunggal, "Brighten Your Night with My Day" (sisi B: "Night Owl"). Lagu ini tidak sukses.

Ketika tinggal di New York City, Taylor menjadi pecandu heroin. Suatu malam setelah menerima telepon darurat, ayahnya, (Dr. Isaac Taylor) mengemudi ke New York dan 'menyelamatkannya'. Taylor belakangan menulis sebuah lagu yang berjudul "Jump Up Behind Me" yang merupakan penghargaan atas pertolongan ayahnya ketika ia sangat membutuhkannya. Lagu ini juga mencerminkan kenangan Taylor akan perjalanan panjang dengan mobil dari New York kembali ke rumahnya di Chapel Hill.

Pada 1968, Taylor pindah ke London. Ia membuat kontrak dengan Apple Records setelah mengirimkan sebuah rekaman demo kepada Peter Asher (dari Peter & Gordon) dan menerbitkan album debutnya, James Taylor. Meskipun ia mempunyai koneksi dengan The Beatles, dan Paul McCartney serta George Harrison muncul dalam salah satu lagunya, album ini tidak begitu laku, dan kecanduan Taylor semakin menjadi-jadi. Ia kembali ke Amerika Serikat, masuk ke rumah sakit untuk mengatasi masalah kecanduan obat biusnya. Pada 1969 ia cukup sehat untuk mengadakan pertunjukan hidup dan melakukan pertunjukan tetap enam malam di Troubadour Club di Los Angeles. Pada 20 Juli 1969 ia mengadakan pertunjukan di Newport Folk Festival. Tak lama setelah itu, kedua tangannya patah dalam sebuah kecelakaan sepeda motor di Martha's Vineyard dan terpaksa berhenti bermain selama beberapa bulan.

Sukses 1970-an[sunting | sunting sumber]

Setelah sembuh, Taylor menandatangani kontrak dengan Warner Bros. Records dan pindah ke California, sambil mempertahankan Asher sebagai manajer dan produsen rekamannya. Albumnya yang kedua, Sweet Baby James, mengalami sukses besar, didukung oleh lagu tunggal "Fire dan Rain", sebuah lagu tentang pengalamannya di sebuah rumah sakit jiwa dan bunuh diri temannya. Sukses lagu tunggalnya dan albumnya ini membuat orang tertarik akan album pertama Taylor, James Taylor. Akibatnya, album dan lagu tunggalnya, "Carolina In My Mind", kembali menduduki tangga lagu-lagu.

Taylor bekerja sama dengan Dennis Wilson dari The Beach Boys dalam sebuah film, Two-Lane Blacktop, tetapi saat itu tidak berhasil. Pada 1971 albumnya Mud Slide Slim and the Blue Horizon yang sukses pula, beredar. Ia memperoleh Penghargaan Grammy untuk versi lagu Carole King yang dibawakannya "You've Got a Friend".

Pada 1972, Taylor kembali dengan One Man Dog dan menikahi rekan penyanyi dan pencipta lagunya, Carly Simon pada 3 November. Albumnya yang berikut, Walking Man (1974), mengecewakan, namun yang berikutnya, Gorilla, mencetak sukses sebagian karena lagu tunggalnya atas lagu Marvin Gaye "How Sweet It Is (To Be Loved by You)". Lagu ini diikuti oleh In the Pocket pada 1976 dan kemudian album lagu-lagu terpopulernya yang mencakup beberapa rekaman ulang dari bahan-bahan pada masa Apple Records. Album ini mengalami sukses besar dan hingga kini menjadi album Taylor yang paling laris.

Istri Taylor, Carly Simon, tidak bahagia karena ia seringkali lama tidak ada di rumah karena tur-turnya. Setelah memberikan ultimatum agar ia lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak-anak mereka, Ben dan Sally, Taylor dan Simon bercerai pada 1983.

Taylor menandatangani kontrak dengan Columbia Records dan menerbitkan JT pada 1977. Ia memperoleh Penampilan Vokal Pop Pria Terbaik untuk versinya untuk lagu "Handy Man". Sejak itu, lagu yang bernada jazz "Traffic Jam" dari album ini telah menjadi tema favorit laporan lalu-lintas radio pada jam-jam sibuk.

Penghargaan Grammy untuk Penampilan Vokal Pop Pria Terbaik| Penampilan Vokal Pop Terbaik, Pria]],

Setelah bekerja sama dengan Art Garfunkel dan bekerja sebentar untuk Broadway, Taylor mengambil cuti selama dua tahun, lalu muncul kembali pada 1979 dengan album lain yang juga sukses, Flag menampilkan lagu "Up On The Roof" dari Top 40 Gerry Goffin dan Carole King. Taylor juga tampil dalam konser No Nukes di Madison Square Garden dan muncul dalam album dan film dari konser ini.

1980-an dan 1990-an[sunting | sunting sumber]

Pada awal 1980-an karier Taylor kembali diusik oleh masalah-masalah kecanduan obat biusnya yang berlanjut, perceraiannya dengan Simon, dan tekanan-tekanan dari bisnis musik. Malah, dalam berbagai wawancara ia dikutip bahwa ia merencanakan untuk mengundurkan diri setelah memenuhi kewajiban kontraknya yang terakhir, Rock In Rio pada 1985. Ia dijadwalkan untuk muncul pada malam yang sama bersama Ozzy Osbourne. Ia menduga bahwa para penonton akan memusuhinya, namun ia terkejut karena para penonton yang berjumlah 250.000 orang ternyata menyambutnya dengan hangat. Terdorong oleh sambutan ini, ia memutuskan untuk mengendalikan kembali kehidupan dan kariernya.

Lagu "Only a Dream in Rio" ditulisnya untuk menghargai malam itu, dengan kata-kata seperti "I was there that very day and my heart came back alive" (“Aku ada di sana hari itu juga dan hatiku kembali hidup”). Album, That's Why I'm Here, yang memuat lagu itu, memulai serangkaian rekaman studio yang, meskipun muncul cukup lama setelah rekaman-rekamannya yang terdahulu, memperlihatkan tingkat kualitas yang lebih konsisten dan lebih sedikit nyanyian orang lain.

Pada 1988 ia menerbitkan Never Die Young. Ia mulai mengadakan tur secara teratur dan khususnya ia populer di kalangan lama Amerika Serikat. Konser-konsernya, yang masih berlangsung hingga sekarang, menampilklan lagu-lagu dari sepanjang kariernya dan ditandai oleh kecakapan musik bandnya serta para penyanyi latarnya. Albumnya yang muncul pada 1993 dengan edisi dua piringan (LIVE), menangkap hal ini dengan baik. this well with a highlight being Arnold McCuller's descants in the codas of "Shower the People" dan "I Will Follow".

Dua album Taylor yang berisi bahan-bahan orisinal dari tahun 1990-an mengalami sukses. Albumnya yang ke-13, New Moon Shine, memperoleh piringan platina pada 1991 dan ia memperoleh Album Vokal Terbaik pada 1998 untuk Hourglass.

2000-an[sunting | sunting sumber]

Pada 2001 Taylor untuk ketiga kalinya menikah, kali ini dengan Caroline ("Kim") Smedvig, seorang lulusan Smith College yang menjabat sebagai Direktur Hubungan Masyarakat dan Pemasaran untuk Orkestra Simfoni Boston. Sebagian dari hubungan ini berkembang menjadi album October Road dengan lagu "On the 4th of July". Pasangan ini mempunyai sepasang kembar, Rufus dan Henry, yang lahir pada 2001 lewat rahim sewaan melalui program bayi tabung.

Diapit oleh dua lagu ‘’hit’’ terbesarnya, October Road muncul pada 2002 dan memperoleh sambutan hangat. Album ini menampilkan sejumlah lagu instrumental yang tenang featured a number of quiet instrumental accompaniments dan passages. Album ini muncul dalam dua versi, sebuah versi piringan tunggal dan sebuah "edisi terbatas" dengan dua piringan yang memuat tiga lagu tambahan termasuk sebuah duet dengan Mark Knopfler, "Sailing to Philadelphia", yang juga muncul dalam album Knopfer Sailing to Philadelphia. Pada tahun 2002 pula, Taylor bergabung dengan musikus bluegrass Alison Krauss dalam menyanyikan "The Boxer" dalam acara penghormatan kepada Paul Simon di Kennedy Center Honors. Mereka belakangan membuat rekaman duet lagu dari Louvin Brothers, "How's the World Treating You?"

Pada 2004, setelah kontraknya dengan Columbia/Sony tidak diperbarui, ia menerbitkan James Taylor: A Christmas Album yang diedarkan melalui Hallmark Cards.

Taylor selalu tampak aktif dalam perjuangan untuk lingkungan hidup dan isu-isu progressive lainnya. Pada Oktober 2004 Taylor bergabung dalam tur "Vote for Change" dan mengadakan serangkaian konser di sejumlah negara bagian di Amerika Serikat yang suaranya masih berubah-ubah. Konser-konser ini diorganisir oleh MoveOn.org dengan tujuan umum untuk memobilisasi masyarakat untuk memberikan suaranya kepada John Kerry dan menentang George W. Bush dalam kampanye presiden tahun itu. Taylor tampil bersama-sama dengan Dixie Chicks.

Pada Desember 2004, Taylor tampil sebagai dirinya sendiri dalam sebuah episode dari The West Wing yang berjudul "A Change Is Gonna Come". Ia membawakan lagu klasik Sam Cooke, "A Change Is Gonna Come" pada suatu acara untuk menghormati seorang artis yang diperankan oleh istri Taylor, Caroline. Nyanyian Taylor ini kemudian diedarkan lewat Internet.

Pada 2006, Taylor membawakan lagu Randy Newman "Our Town" untuk film animasi Disney Cars. Lagu ini dicalonkan untuk Academy Award 2007 untuk Lagu Asli terbaik.

Pada hari Tahun Baru, 2007, Taylor menjadi bintang utama dalam konser di Times Union Center di Albany, New York, untuk menghormati pelantikan Gubernur New York, Eliot Spitzer.

Penghargaan dan pengakuan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Grammy[sunting | sunting sumber]

Pengakuan lain[sunting | sunting sumber]

Aneka rupa[sunting | sunting sumber]

  • Ia mengisi suara dalam episode The Simpsons, "Deep Space Homer". Di situ ia memainkan beberapa lagunya kepada Homer, Buzz Aldrin, dan seorang astronot lainnya ketika mereka berada di luar angkasa.
  • Ia tampil dalam episode South Park, Fat Camp. Di situ ia menyanyikan "The Prostitute Song" dengan Chef.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Videografi[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Calendar & Events: Spring Sing: Gershwin Award". UCLA. 
  2. ^ "The Immortals: The First Fifty". Rolling Stone Issue 946. Rolling Stone. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • White, Timothy, James Taylor: Long Ago and Far Away, Omnibus Press, 2002, ISBN 0-7119-9193-6.
  • Risberg, Joel, The James Taylor Encyclopedia, GeekTV Press, 2005, ISBN 1-4116-3477-2.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]