Doris Day

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Doris Day
DorisDay1951-1952.jpg
Latar belakang
Nama lahir Doris Mary Ann von Kappelhoff
Lahir 3 April 1924 (umur 90), Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat
Genre big band, pop
Tahun aktif 1940-1985
Label Columbia
Artis terkait Patti Page, Frank Sinatra, Judy Garland, Dinah Shore, Dean Martin, Robert Goulet

Doris Mary Ann von Kappelhoff (lahir 3 April 1924; umur 90 tahun) atau terkenal dengan nama Doris Day[1] adalah penyanyi dan aktris berkebangsaan Amerika Serikat yang juga dikenal sebagai pembela hak-hak binatang. Sebagai aktris serba bisa yang pandai menari dan menyanyi, Doris Day banyak bermain dalam film komedi dan drama tahun 1950-an hingga 1960-an.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Doris Day lahir di Cincinnati, Ohio dari orang tua bernama Alma Sophia Welz dan William/Wilhelm Kappelhoff. Kakek dan nenek dari kedua orang tuanya adalah imigran dari Jerman.[2] Lahir sebagai anak bungsu dengan 2 orang kakak laki-laki. Seorang kakaknya meninggal sebelum Doris dilahirkan, sedangkan seorang lagi bernama Paul yang berusia beberapa tahun lebih tua darinya. Keluarganya adalah penganut Katolik Roma, namun orang tuanya kemudian bercerai. Doris kemudian menjadi penganut Christian Science. Di masa mudanya pada tahun 1930-an, Doris sangat senang menari. Duo tari yang dibentuknya bersama seorang teman sering diundang dalam acara-acara lokal di Cincinnati. Namun Doris mengalami kecelakaan mobil yang membuat kakinya cedera, sehingga impiannya untuk menjadi penari profesional sirna. Sewaktu dalam penyembuhan, Doris belajar menyanyi. Di usia 17, ia tampil sebagai penyanyi untuk band-band lokal. Pemusik sekaligus pemimpin band, Barney Rapp mengusulkannya agar memakai nama panggung "Doris Day". Nama keluarga ""Kappelhoff" yang dipakainya selama ini, menurut Barney sulit diingat orang. Sesudah itu, Doris Day menjadi penyanyi untuk sejumlah band yang lain, termasuk grup musik yang dipimpin Bob Crosby and Les Brown. Lagu pertama yang direkamnya bersama Les Brown adalah "Sentimental Journey", dan ternyata berhasil menjadi lagu hit. Lagu tersbeut dirilis tahun tahun 1945, dan sering diputar untuk menyambut kembalinya pasukan yang bertugas di Perang Dunia II.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sebagian besar sumber mengatakan 1924 adalah tahun kelahirannya, tapi beberapa sumber menyebut tahun 1922
  2. ^ http://www.wargs.com/other/day.html
  3. ^ Braun, Eric (2004-09-01). Doris Day (ed. Ed. 2). London: Orion Books. hlm. p.26. ISBN 978-0752817156. "It is not surprising ... that she took so readily to Christian Science in her later life" 

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]