She Loves You

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"She Loves You"
Singel oleh The Beatles
Sisi-B "I'll Get You"
Dirilis 23 Agustus 1963 (Britania Raya)
16 September 1963 (Amerika Serikat)
Format 7"
Direkam 1 Juli 1963
EMI Studios, London
Genre rock, pop[1]
Panjang 2:17
Label Parlophone R5055 (UK)
Swan 4152 (US)
Pencipta Lennon–McCartney
Produser George Martin
Kronologi singel The Beatles
"From Me to You"
(1963)
"She Loves You"
(1963)
"I Want to Hold Your Hand"
(1963)

"She Loves You" adalah lagu yang ditulis oleh John Lennon dan Paul McCartney yang direkam dan dirilis oleh The Beatles sebagai singel pada tahun 1963. Singel ini menjadi singel Beatles dengan penjualan terbanyak di Britania Raya pada tahun 1963.

"She Loves You" diatasnamakan dengan pencipta "Lennon–McCartney" seperti banyak lagu lain yang ditulis oleh John dan Paul selama masa aktifnya grup musik itu.

Pada bulan November 2004, Rolling Stone memberi peringkat ke-64 singel "She Loves You" dari daftar Lagu Terbaik Sepanjang Masa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Paul McCartney dan John Lennon mulai menciptakan "She Loves You" setelah konser di Majestic Ballroom, Newcastle dalam rangka tur bersama Roy Orbison dan Gerry & The Pacemakers. Mereka berdua mulai menulis lagu dalam bis dan berlanjut sampai malam di hotel di Newcastle.[2][3] Pada tahun 2003, rencana untuk menempelkan sebuah plakat di hotel dibatalkan setelah diketahui bahwa baik Paul McCartney atau Ringo Starr, personil Beatles yang masih tersisa, tidak satu pun yang dapat mengingat apakah di Imperial Hotel atau the Royal Turk's Head mereka dahulu pernah menginap.[4] Pada tahun 2000, Paul McCartney berkata: "Ada sebuah lagu Bobby Rydell pada saat itu, berjudul 'Forget Him', dan, seperti yang sering terjadi, kamu memikirkan sebuah lagu lain ketika kamu sedang menulis lagu. Kami berada di dalam van di Newcastle-Upon-Tyne. Saya sudah merencanakan 'lagu jawaban', yakni dua orang dari kami akan menyanyikan 'she loves you' dan yang lainnya akan menjawab 'yeah yeah'. Kami menganggap ini ide yang kurang bagus namun akhirnya kami mempunyai ide untuk memberi judul lagu 'She Loves You'. Jadi kami duduk di tempat tidur hotel selama beberapa jam dan menulisnya — John dan saya, duduk di tempat tidur kembar dan main gitar." Lagu itu selesai keesokan hari di rumah keluarga McCartney di Forthlin Road, Liverpool.[5] Cukup aneh untuk sebuah lagu cinta, liriknya tidak ditulis dalam sudut pandang orang pertama, malah si penulis bertindak sebagai pihak penolong di antara 2 kekasih yang putus cintanya. Dalam wawancara tahun 1980, John berkata tentang kontribusi Paul: "Itu adalah ide Paul: bukannya menyanyikan 'I love you', kami menaruh pihak ketiga. Hal remeh temeh seperti itu masih ada dalam karyanya. Ia akan menulis sebuah cerita tentang seseorang. Saya lebih suka menulis tentang diri saya sendiri."[5]

Publik Inggris pada saat itu mendengarkan refrain "yeah, yeah, yeah" sebagai sesuatu yang kontroversial, namun Radio BBC tetap memutarnya. Di beberapa tempat hal ini dipandang sebagai awal dari "keruntuhan masyarakat berbudaya".[6] John Lennon, yang menyukai lagu Elvis Presley berjudul "All Shook Up", menginginkan sesuatu yang sama: "saya tidak tahu dari mana datangnya 'yeah yeah yeah' [tapi] saya ingat ketika Elvis melakukan 'All Shook Up', itu adalah pertama kalinya dalam hidup saya mendengar 'uh huh', 'oh yeah', dan 'yeah yeah' yang semuanya dinyanyikan di lagu yang sama".[7] "Kata 'wooooo' diambil dari lagu The Isley Brothers', 'Twist And Shout'. Kami menaruhnya di mana pun".[8] Paul McCartney mengingat ketika mereka memainkan lagu yang telah rampung dengan gitar akustik kepada ayahnya di rumah: "kami pergi ruang keluarga [dan berkata] 'Ayah, dengarkanlah ini. Bagaimana menurutmu? Dan ia berkata 'Sangat bagus nak, namun sudah cukup banyak Amerikanisme ini di sekitar kita. Tidak bisakah kamu menyanyi 'She loves you, yes, yes, yes!'. Kami ambruk dan berkata 'Tidak, Ayah, kau agak kurang memahaminya!'".[9]

George Martin, produser The Beatles, menanyakan validitas chord mayor keenam yang mengakhiri lagu, ide yang disumbangkan oleh George Harrison[10] "Chord lagu yang telah diselesaikan ini adalah mayor keenam dengan, George [Harrison] yang memainkan keenam dan yang lainnya memainkan chord ketiga dan kelima. Itu seperti aransemen Glenn Miller".[8] Paul McCartney kemudian mengingat hal tersebut: "Kami membawanya kepada George Martin dan menyanyikan 'She loves you, yeah, yeah, yeah, yeeeeeaah…' dan sentuhan kecil keenam pada akhir. George [Martin] berkata: 'Sangat kuno, saya tidak akan pernah mengakhiri dengan mayor keenam'. Namun, kami berkata 'Itu adalah suara yang hebat, bukan masalah'".[5]

Perekaman[sunting | sunting sumber]

Perekaman lagu diselesaikan pada tanggal 1 Juli 1963 menggunakan mesin perekam 2-track. Prosedur standar di EMI Studios pada saat itu yakni menghapus sesi tape 2-track asli untuk singel yang telah "dicampur" ke (biasanya monaural) master tape yang digunakan untuk mencetak rekaman. Teknik ini dilakukan pada 2 singel Beatles singles (4 lagu): "Love Me Do", "P.S. I Love You", "She Loves You", dan "I'll Get You". Track-track ini hanya tersedia dalam mono master, walaupun beberapa remix mock-stereo telah dibuat oleh partner EMI di seluruh dunia, termasuk beberapa yang dibuat pada tahun 1966 oleh teknisi Abbey Road, Geoff Emerick.

Divisi EMI (induk label rekaman The Beatles di Britania Raya Parlophone Records) di Jerman memutuskan bahwa cara satu-satunya untuk menjual rekaman Beatles di Jerman adalah dengan merekam kembali dalam bahasa Jerman. Menurut The Beatles hal ini tidak perlu, namun mereka akhirnya merekam "Sie Liebt Dich" pada tanggal 29 Januari 1964 , bersama dengan "Komm, Gib Mir Deine Hand" di Pathe Marconi Studios, Paris. The Beatles merekam vokal baru di atas backing track asli "I Want to Hold Your Hand" namun pada "She Loves You", mereka butuh merekam rhythm track baru karena rekaman 2 track yang asli telah dibuang.[11] Kedua lagu diterjemahkan oleh musisi asal Luksemburg, Camillo Felgen yang menggunakan pseudonim "Jean Nicolas".

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 23 Agustus 1963, singel "She Loves You" dirilis di Britania Raya bersama "I'll Get You" yang ada di sisi-B.[12] Singel ini mencetak beberapa rekor penjualan di negara itu dan akhirnya menjadi singel dengan penjualan terlaris. She Loves You mulai masuk tangga lagu pada 31 Agustus dan bertahan selama 31 minggu dengan 18 minggu di antaranya berada di posisi top 3. Selama masa itu, lagu ini menduduki posisi pertama selama 4 minggu berturut-turut sejak tanggal 14 September sampai 4 minggu, kemudian turun ke posisi 3 dan kembali naik ke posisi puncak untuk 2 minggu mulai tanggal 30 November. Lagu ini kembali masuk ke tangga lagu selama 2 minggu pada tanggal 11 April 1964 di posisi 42.

She Loves You adalah singel terlaris sejak tahun 1963 di Britania Raya,[13] rekor yang tidak terpecahkan selama 14 tahun sampai akhirnya dilampaui oleh lagu Wings, grup musik yang dibentuk Paul McCartney sendiri yang berjudul "Mull of Kintyre".

Personil[sunting | sunting sumber]

Personnel per Ian MacDonald[14]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eric Starr, hlm. 81.
  2. ^ Harry 2000, hlm. 990–992.
  3. ^ The Beatles Interview Database 2009.
  4. ^ Davis 2003.
  5. ^ The Beatles 2000, hlm. 96.
  6. ^ Mojo Magazine 2002, hlm. 60.
  7. ^ MacDonald 1997, hlm. 74.
  8. ^ Badman 2000, hlm. 65.
  9. ^ Miles 1997, hlm. 150.
  10. ^ Harry 2000, hlm. 601.
  11. ^ Lewisohn 1988, hlm. 38.
  12. ^ Lewisohn 1988, hlm. 200–201.
  13. ^ UK Charts 2009.
  14. ^ MacDonald 2005, hlm. 83–85.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]