Barry Manilow

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Barry Manilow
BarryManilow.jpg
Barry Manilow dalam konser di Xcel Energy Center, 2008
Latar belakang
Nama lahir Barry Alan Pincus
Genre Pop, soft rock
Pekerjaan Penyanyi-pencipta lagu, musikus, pengaransemen, produser, dirigen
Instrumen Vokal, kibor, akordion
Tahun aktif 1973–sekarang
Label Bell, Arista, RCA
Concord
Situs web www.manilow.com

Barry Manilow (lahir di Brooklyn, New York, 17 Juni 1943; umur 70 tahun)[1] adalah penyanyi-pencipta lagu, musikus, pengaransemen, produser rekaman, dirigen yang dikenal dengan lagu-lagu seperti "Mandy", "I Write the Songs", "Weekend in New England", "Can't Smile Without You", dan "Copacabana (At the Copa)."

Pada tahun 1978, lima dari albumnya secara bersamaan berada dalam tangga album terlaris, sebuah prestasi yang setara dengan Frank Sinatra, Michael Jackson, dan Johnny Mathis. Manilow pernah menghasilkan serangkaian lagi hit dalam tangga Billboard Hot 100 dan album multiplatina yang menjadikannya sebagai artis Kontemporer Dewasa nomor satu versi Radio & Records, dan tiga kali berturut-turut memenangi American Music Awards untuk kategori Artis Pria Pop/Rock Favorit. Beberapa penghibur ternama telah memberikan "stempel pengakuannya" untuk Manilow, termasuk Sinatra pada tahun 1970-an pernah berkata, "Dia lah yang berikutnya." Pada tahun 1988, Bob Dylan menyetop Manilow di sebuah pesta, memeluknya, dan berkata, "Jangan berhenti apa yang kau lakukan, kawan. Kami semua terinspirasi olehmu."[2] Arsenio Hall mengatakan bahwa Manilow adalah tamu favoritnya dalam The Arsenio Hall Show, dan mengingatkan para pemirsa untuk menghormati Manilow karena karya ciptaannya.[3].

Selain sebagai produser dan pengaransemen album untuk artis-artis seperti Bette Midler, Dionne Warwick, dan Rosemary Clooney, Manilow telah menulis lagu-lagu untuk musikal, film, dan iklan. Mulai bulan Februari 2005, Manilow mengadakan pertunjukan rutin di Las Vegas Hilton. Setelah mengadakan ratusan pertunjukan selama 5 tahun, tanggal 30 Desember 2009 merupakan pertunjukan terakhirnya di Las Vegas Hilton. Barry Manilow direncanakan melakukan pertunjukan rutin di Paris Hotel, Las Vegas mulai bulan Maret 2010.[4]

Catatan kaki dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Steve Huey (2008). "View the Music Artists Biography Online: Barry Manilow". VH1. Diakses 2008-07-30. 
  2. ^ Patricia Butler, Barry Manilow, Omnibus Press, 2002. p. 223.
  3. ^ EVEN NOW, IMAGE HAUNTS MANILOW, St. Louis Post-Dispatch, June 27, 1993
  4. ^ http://www.manilow.com/Tickets/index.html | Diakses 7 Januari 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]