Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street
Poster film Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street
SutradaraTim Burton
ProduserRichard D. Zanuck
Walter Parkes
Laurie MacDonald
John Logan
Ditulis olehJohn Logan
Berdasarkan
Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street
oleh Stephen Sondheim dan Hugh Wheeler
PemeranJohnny Depp
Helena Bonham Carter
Alan Rickman
Timothy Spall
Sacha Baron Cohen
Penata musikStephen Sondheim
SinematograferDariusz Wolski
PenyuntingChris Lebenzon
Perusahaan
produksi
DreamWorks Pictures
Parkes/MacDonald Productions
The Zanuck Company
DistributorParamount Pictures
(Amerika Serikat)
Warner Bros. Pictures
(internasional)
Tanggal rilis
  • 3 Desember 2007 (2007-12-03) (New York)
  • 21 Desember 2007 (2007-12-21) (Amerika Serikat)
  • 25 Januari 2008 (2008-01-25) (Britania Raya)
Durasi116 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
Britania Raya
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$50 juta[2]
Pendapatan
kotor
$152.523.164[2]

Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street adalah film drama horor musikal tahun 2007 yang disutradarai oleh Tim Burton dan diproduseri oleh Richard D. Zanuck, Walter Parkes, Laurie MacDonald dan John Logan. Naskah film ini ditulis oleh John Logan berdasarkan drama Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street karya Stephen Sondheim dan Hugh Wheeler. Film ini dibintangi oleh Johnny Depp, Helena Bonham Carter, Alan Rickman, Timothy Spall dan Sacha Baron Cohen.

Film Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street ditayangkan secara perdana di New York pada tanggal 3 Desember 2007 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 21 Desember 2007 dan di Britania Raya pada tanggal 25 Januari 2008. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1846, Benjamin Barker (Johnny Depp), seorang tukang cukur, tiba di London bersama seorang pelaut bernama Anthony Hope (Jamie Campbell Bower). Lima belas tahun yang lalu, Benjamin dinyatakan bersalah dan diasingkan oleh Hakim Turpin (Alan Rickman) yang korup, yang menginginkan istri Benjamin, Lucy (Laura Michelle Kelly). Benjamin memakai nama "Sweeney Todd" dan kembali ke salon miliknya di Fleet Street, yang terletak di atas toko pai Nellie Lovett (Helena Bonham Carter), di mana ia menjual "kue terburuk di London". Nellie memberitahu Sweeney bahwa Turpin memperkosa Lucy, lalu Lucy meracuni dirinya sendiri dengan arsenik. Putri Benjamin dan Lucy, Johanna (Jayne Wisener), sekarang adalah tahanan Turpin. Sweeney bersumpah membalas dendam dan membuka kembali salonnya setelah Nellie, yang sangat mencintai Sweeney tanpa alasan, memberikan pisau cukur lurus lama milik Sweeney. Anthony terpesona dengan Johanna, tetapi ia ditangkap oleh Turpin dan diusir oleh anak buahnya, Beadle Bamford (Timothy Spall).

Sweeney mencela obat penumbuh rambut milik tukang cukur Italia Adolfo Pirelli (Sacha Baron Cohen) sebagai penipuan dan mempermalukannya dalam sebuah kontes cukur. Beberapa hari kemudian, Adolfo tiba di salon Sweeney bersama putranya sekaligus asistennya Tobias "Toby" Ragg (Ed Sanders). Adolfo memperkenalkan dirinya sebagai mantan asisten Sweeney, Davy Collins, dan mengancam untuk mengungkapkan rahasia Sweeney kecuali Sweeney memberikan separuh dari pendapatannya. Sweeney membunuh Adolfo dan menyembunyikan mayatnya di bagasi.

Setelah menerima saran dari Beadle, Turpin mengunjungi Sweeney untuk perawatan dan berniat untuk menikahi Johanna. Sweeney mencukur Turpin, bersiap untuk menggorok lehernya, tetapi ia dihalangi oleh Anthony, yang mengungkapkan rencananya untuk kawin lari dengan Johanna sebelum diketahui oleh Turpin. Turpin yang marah meninggalkan salon Sweeney. Sweeney bersumpah membalas dendam ke seluruh dunia dan bersumpah untuk membunuh sebanyak mungkin orang saat ia menunggu kesempatan lain untuk membunuh Turpin. Nellie mendapatkan ide untuk memanggang korban Sweeney menjadi kue pai. Anthony mencari Johanna, yang telah dibawa oleh Turpin ke rumah sakit jiwa ketika ia mengetahui rencana Johanna untuk melarikan diri bersama Anthony.

Usaha cukur rambut Sweeney dan pie Nellie sukses sehingga Nellie membawa Toby sebagai asistennya. Nellie memberitahu Sweeney yang tidak tertarik tentang rencana Nellie untuk menikahi Sweeney dan pindah ke pantai. Anthony menemukan keberadaan Johanna dan atas saran Sweeney, ia menyamar sebagai magang pembuat rambut palsu untuk menyelamatkannya. Sweeney meminta Toby mengirimkan sepucuk surat kepada Turpin dan memberitahunya di mana Johanna akan dibawa saat Anthony membebaskannya. Toby telah mengawasi Sweeney dan memberitahu Nellie tentang kecurigaan Toby dan berjanji untuk melindungi Nellie.

Beadle tiba di toko pai dan memberitahu Nellie bahwa tetangga telah mengeluhkan bau busuk dari cerobong asapnya. Sweeney mengalihkan perhatian Beadle dengan tawaran perawatan gratis dan membunuhnya. Nellie memberitahu kecurigaan Toby kepada Sweeney, lalu mereka mencari Toby, yang bersembunyi di selokan setelah menemukan mayat di toko pai Nellie. Sementara itu, Anthony membawa Johanna ke toko dengan menyamar sebagai pelaut dan menyuruh Johanna menunggu di sana ketika ia pergi mencari Sweeney.

Seorang pengemis wanita memasuki toko tersebut untuk mencari Beadle dan Johanna bersembunyi di bagasi. Pengemis itu mengenali Sweeney, tetapi ketika ia mendengar kedatangan Turpin, Sweeney membunuh pengemis itu dan membawanya melalui pintu jebakan di lantai. Ketika Turpin masuk, Sweeney menjelaskan bahwa Johanna telah menyesal dan datang menemui Turpin, kemudian menawarkan cukur gratis untuk sementara waktu. Ketika Turpin akhirnya mengenali Sweeney sebagai Benjamin Barker, Sweeney menikam Turpin beberapa kali, menggorok lehernya dan membawa tubuhnya ke pintu jebakan di toko pai Nellie, membunuhnya. Johanna keluar dari tempat persembunyiannya dan masih menyamar, lalu Sweeney bersiap untuk membunuh Johanna dan ia tidak mengenal Johanna sebagai putrinya. Namun, ketika ia mendengar Nellie menjerit ngeri di ruang bawah tanah setelah menemukan mayat Turpin, Sweeney membiarkan Johanna pergi.

Sweeney mengetahui bahwa pengemis wanita itu adalah istrinya, Lucy, yang diyakini Sweeney telah meninggal, lalu Nellie sengaja memperdaya Sweeney sehingga ia bisa memiliki Sweeney untuk dirinya sendiri. Sweeney berpura-pura memaafkan Nellie dan menari dengannya sebelum ia melemparkan Nellie ke tungku panggangan, lalu ia memeluk mayat Lucy. Toby muncul dan marah atas kematian Nellie, lalu Sweeney membiarkan Toby menggorok lehernya dengan pisau cukurnya sendiri. Toby pergi ketika Sweeney berdarah sampai mati di samping mayat istrinya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 86%, berdasarkan 223 ulasan, dengan rating rata-rata 7,7/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 83 dari 100, berdasarkan 39 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[4]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street mendapatkan $52.898.073 di Amerika Utara dan $99.625.091 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $152.523.164, melebihi anggaran produksi film $50 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $9.300.805, menempati posisi kelima di box office di belakang film National Treasure: Book of Secrets, I Am Legend, Alvin and the Chipmunks dan Charlie Wilson's War.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (18)". British Board of Film Classification. December 18, 2007. Diakses tanggal August 28, 2013. 
  2. ^ a b c d "Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2007)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2007)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]