Rotifera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Rotifera
Rentang fosil: Eocene–Saat ini
Rotifera microscopic view.jpg
Rotifera
Klasifikasi ilmiah e
Kerajaan: Animalia
Tidak termasuk: Protostomia
(tidak termasuk): Spiralia
(tidak termasuk): Platyzoa
Phylum: Rotifera
Cuvier, 1798

Rotifera atau rotifer (biasa disebut hewan roda) membuat sebuah filum dari hewan pseudoselomata mikroskopis dan dekat mikroskopis. Mereka pertama kali dijelaskan oleh Rev. John Harris pada 1696, dan bentuk lain yang digambarkan oleh Anton van Leeuwenhoek pada 1703.[1] Sebagian rotifera panjangnya sekitar 0,1-0,5 mm (meskipun ukuran mereka dapat berkisar dari 50 μm sampai 2 mm lebih) ,[2] dan yang umum di lingkungan air tawar di seluruh dunia dengan beberapa spesies air asin; misalnya, genus Synchaeta. Beberapa rotifera berenang bebas dan benar-benar planktonik, yang lain bergerak dengan inchworming sepanjang substrat, dan beberapa sessile, hidup di dalam tabung atau holdfasts agar-agar yang melekat pada substrat. Sekitar 25 spesies kolonial (misalnya, Sinantherina semibullata), baik sesil atau plankton. Rotifera adalah bagian penting dari zooplankton air tawar, menjadi sumber makanan besar dan dengan banyak spesies juga berkontribusi terhadap dekomposisi bahan organik tanah.[3] Sebagian besar spesies rotifera adalah kosmopolitan, tetapi ada juga beberapa spesies endemik, seperti Cphalodella vittata Danau Baikal.[4] Bukti barcode terbaru, bagaimanapun, menunjukkan. bahwa beberapa spesies kosmopolitan, seperti Brachionus plicatilis, B. calyciflorus, Lecane bula, antara lain, sebenarnya kompleks spesies.[5]

Dalam beberapa perlakuan terkini,, rotifer ditempatkan bersama acanthocephala dalam klad yang disebut Syndermata.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Harmer, Sidney Frederic and Shipley, Arthur Everett (1896). The Cambridge Natural History. The Macmillan company. hlm. 197. Diakses tanggal 2008-07-25. 
  2. ^ Howey, Richard L. (1999). "Welcome to the Wonderfully Weird World of Rotifers". Micscape Magazine. Diakses tanggal 19 Februari 2010. 
  3. ^ "Rotifers". FreshwaterLife. Diakses tanggal 19 February 2010. 
  4. ^ Hendrik Segers (2007). Annotated checklist of the rotifers (Phylum Rotifera), with notes on nomenclature, taxonomy
  5. ^ Dec 2011 4th Internat. Barcode of Life conference, University of Adelaide
  6. ^ Jersabek, C. D. & Leitner, M. F.2013: The Rotifer World Catalog. World Wide Web electronic publication. [1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]