Orthonectida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Orthonectida
Orthonetida dict flat and cylinder.png
Dua Orthonectida betina dewasa
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
(tanpa takson): Mesozoa
Filum: Orthonectida
Giard, 1877 [1][2]
Familia
Rhopaluridae
Pelmatosphaeridae

Orthonectida adalah filum parasit dari invertebrata laut yang kurang diketahui[3]. Hewan yang juga dikenal sebagai orthonectid ini merupakan salah satu organisme multiseluler paling sederhana yang diketahui.

Biologi[sunting | sunting sumber]

Orthonectid dewasa adalah hewan berukuran mikroskopik yang memiliki tampang sedikit mirip cacing. Tubuh mereka terdiri dari satu lapisan sel luar bersilia yang mengelilingi sebuah massa sel kelamin. Mereka hidup di dalam tubuh inang berupa invertebrata laut lain, yang meliputi cacing pipih atau platyhelminthes, cacing polychaeta, moluska bivalvia, dan echinodermata. Mereka merupakan hewan gonochoristic, dengan individu jantan dan betina terpisah.[4]

Ketika mereka siap untuk bereproduksi, dewasa meninggalkan inang, dan sperma dari jantan menembus tubuh para betina untuk mencapai fertilisasi internal. Zigot yang dihasilkan berkembang menjadi larva bersilia yang lolos dari ibu untuk mencari inang baru. Setelah menemukan sebuah inang, larva kehilangan silia dan berkembang menjadi larva plasmodium syncytial. Larva ini, pada gilirannya, memecah menjadi banyak sel-sel individual yang menjadi generasi berikutnya dari dewasa.[4]

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Filum ini terdiri dari sekitar 20 spesies yang dikenal, di mana Rhopalura ophiocomae adalah yang paling dikenal.[3] Filum ini tidak dibagi ke dalam kelas atau ordo, dan hanya berisi dua famili.

Meskipun awalnya dideskripsikan pada tahun 1877 sebagai sebuah kelas,[5] dan kadang-kadang ditandai sebagai ordo dalam filum Mesozoa, penelitian terbaru menunjukkan bahwa orthonectids sangat berbeda dari rhombozoa, kelompok lain di Mesozoa.[3]

Spesies yang diketahui:

Filum Orthonectida

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ H. Furuya & J. van der Land (2010). "Orthonectida". World Register of Marine Species. Diakses tanggal January 12, 2011. 
  2. ^ "Orthonectida Giard, 1877". Integrated Taxonomic Information System. Diakses tanggal January 12, 2011. 
  3. ^ a b c Ben Hanelt, David Van Schyndel, Coen M. Adema, Louise A. Lewis & Eric S. Loker (November 1996). "The phylogenetic position of Rhopalura ophiocomae (Orthonectida) based on 18S ribosomal DNA sequence analysis". Molecular Biology and Evolution. 13 (9): 1187–1191. doi:10.1093/oxfordjournals.molbev.a025683. PMID 8896370. 
  4. ^ a b Robert D. Barnes (1982). Invertebrate Zoology. Philadelphia, PA: Holt-Saunders International. hlm. 247–248. ISBN 0-03-056747-5. 
  5. ^ Alfred Mathieu Giard (1877). "Sur les Orthonectida, classe nouvelle d'animaux parasites des Échinodermes et des Turbellariés". Comptes Rendus (dalam bahasa French). 85 (18): 812–814.