Firmicutes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Firmicutes (bahasa Latin: firmus, kuat, dan cutis, kulit, mengacu pada dinding sel) merupakan filum bakteri, yang sebagian besar memiliki struktur dinding sel Gram-positif.[1] Beberapa, bagaimanapun, seperti Megasphaera, Pectinatus, Selenomonas dan Haemophilus, memiliki pseudo-membran-luar berpori yang menyebabkan mereka untuk berwarna Gram-negatif. Para ilmuwan pernah mengklasifikasikan Firmicutes untuk mencakup semua bakteri Gram-positif, tetapi baru-baru ini didefinisikan mereka untuk menjadi sebuah kelompok inti dari bentuk terkait yang disebut kelompok rendah-G+C, berbeda dengan Actinobacteria. Mereka memiliki sel bulat, yang disebut kokus, atau bentuk seperti batang (basilus).

Filogeni[sunting | sunting sumber]

Taksonomi yang saat ini diterima berdasarkan List of Prokaryotic names with Standing in Nomenclature (LPSN) [2] dan National Center for Biotechnology Information (NCBI)[3] dan filogeni berdasarkan 16S rRNA-based LTP release 111 oleh The All-Species Living Tree Project [4]

?Thermodesulfobiaceae

?Synergistaceae {Clostridiales Family XV Incertae Sedis}

Firmicutes s. s.

?Clostridium thermoamylolyticumKatkocin et al. 1985

Thermaerobacter

Caldicellulosiruptor

Thermoanaerobacteraceae

Thermanaeromonas toyohensis

Dictyoglomus

Thermoanaerobacterales Unnamed clade I (incl. Fervidicola)

Thermoanaerobacterales Unnamed clade II

Gelria glutamica

Clostridiales Family XVIII Incertae Sedis

Sulfobacillus

Clostridia s.s. (incl. Thermolithobacter, Negativicutes & Thermoanaerobacterales Unnamed clade III)

Bacilli (incl. Erysipelotrichia & Mollicutes)

Catatan:
♠ Galur yang ditemukan di National Center for Biotechnology Information (NCBI) tetapi tidak terdaftar di List of Prokaryotic names with Standing in Nomenclature LPSN

Genera[sunting | sunting sumber]

Sementara saat ini ada lebih dari 274 genera dalam filum Firmicutes, genera Firmicutes yang terkenal mencakup:

Bacilli, ordo Bacillales

Bacilli, ordo Lactobacillales

Clostridia

Erysipelotrichi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Firmicutes" di Kamus Medis Dorland
  2. ^ J.P. Euzéby. "Firmicutes". List of Prokaryotic names with Standing in Nomenclature (LPSN) [1]. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-27. Diakses tanggal 2013-03-20.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  3. ^ Sayers; et al. "Firmicutes". National Center for Biotechnology Information (NCBI) taxonomy database [2]. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-11. Diakses tanggal 2013-03-20.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  4. ^ All-Species Living Tree Project."16S rRNA-based LTP release 111 (full tree)" (PDF). Silva Comprehensive Ribosomal RNA Database [3]. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2015-09-23. Diakses tanggal 2013-03-20.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]