Polychaeta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Polychaeta
Rentang fosil: 530–0 Jtl
Kambrium (atau sebelumnya?) - sekarang
"A variety of marine worms": plate from Das Meer by M.J. Schleiden (1804–1881).
"A variety of marine worms": plate from Das Meer by M.J. Schleiden (1804–1881).
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Annelida
Kelas: Polychaeta
Grube, 1850
Kelompok yang termasuk

Palpata
Scolecida

Kelompok yang tidak termasuk

Echiura
Chaetopteridae[1]

Polychaeta adalah kelas cacing annelida yang umumnya hidup di laut,sebagian juga ditemukan di sungai dan danau (air tawar) dan sebagin lainnya ditemukan di darat (terrestrial). Seluruh permukaan tubuh polychaeta mengandung rambut-rambut kaku atau setae yang dilapisi kutikula sehingga licin dan kaku. Tubuhnya berwarna menarik, seperti ungu kemerah-merahan. Setiap segmen tubuh polychaeta dilengkapi dengan sepasang alat gerak atau alat berenang yang disebut parapodia, pada cacing yang bergerak aktif (Errantia), tetapi pada cacing yang relatif lamban bergerak (Sedentaria) tidak memiliki parapodia. Parapodia berperan sebagai alat pernapasan. Ukuran tubuh polychaeta sebagian besar berukuran 5–10 cm, tetapi ada yang kurang dari 1 mm (misalnya Diurodrilus) dan ada juga yang mencapai 3 m (misalnya Namalycastis rhodochorde).

Cacing ini tidak mempunyai sadel (klitelum)seperti pada cacing tanah (oligochaeta).Polychaeta memiliki kelamin terpisah dan ada yang hermaprodit. Perkembangbiakannya dilakukan dengan cara seksual dan aseksual. Pembuahannya dilakukan di luar tubuh dan ada yang di dalam tubuh. Telur yang telah dibuahi tumbuh menjadi larva yang disebut trakofor.

Sebagian besar, polychaeta hidup secara bebas (free living), tetapi juga ada yang bersifat parasit pada hewan lain, misalnya Polydora dari famili Spionidae. Contoh jenis Polychaeta antara lain calm worm, cacing sorong, cacing wawo, cacing palolo, dan cacing nipah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Campbell, Reece, and Mitchell. Biology. 1999.
  • Rouse, Greg W.; Fauchald, Kristian (1998). "Recent views on the status, delineation, and classification of the Annelida". American Zoologist 38 (6): 953–964. doi:10.1093/icb/38.6.953. 

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Struck, T. H.; Paul, C.; Hill, N.; Hartmann, S.; Hösel, C.; Kube, M.; Lieb, B.; Meyer, A.; Tiedemann, R.; Purschke, G. N.; Bleidorn, C. (2011). "Phylogenomic analyses unravel annelid evolution". Nature 471 (7336): 95–98. doi:10.1038/nature09864. PMID 21368831. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]