Hexapoda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Hexapoda
Rentang fosil: Early Devonian–Recent
Diptera 01gg.jpg
A flesh-fly
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Arthropoda
Subfilum: Hexapoda
Latreille, 1825
Kelas

Subfilum Hexapoda (dari bahasa Yunani untuk enam kaki) merupakan jumlah terbesar dari spesies artropoda dan termasuk serangga serta tiga kelompok yang lebih kecil dari artropoda tak bersayap: Collembola, Protura, dan Diplura (semua ini pernah dianggap serangga). Collembola (atau ekor pegas) sangat melimpah di lingkungan darat. Heksapoda diberi nama untuk fitur mereka yang paling khas: toraks terkonsolidasi dengan tiga pasang kaki. Kebanyakan arthropoda lainnya memiliki lebih dari tiga pasang kaki.

Evolusi dan kekerabatan heksapoda[sunting | sunting sumber]

Myriapoda secara tradisional telah dianggap sebagai kerabat terdekat dari heksapoda, berdasarkan kemiripan morfologi. Ini kemudian dianggap subclass dari subphylum disebut Uniramia atau Atelocerata. Pekerjaan baru, bagaimanapun, telah disebut ini dipertanyakan, dan tampaknya kerabat terdekat mereka mungkin krustasea.[1] Hexapoda non-serangga ini berbagai dianggap garis evolusi tunggal, biasanya diperlakukan sebagai Kelas Entognatha (cladogram A), atau beberapa baris dengan hubungan yang berbeda dengan kelas Insecta. Secara khusus, Diplura mungkin lebih erat terkait dengan Insecta dari Collembola atau Protura (cladogram B). Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan bahwa kelompok hexapod mungkin tidak memiliki asal usul yang sama, dan khususnya bahwa Collembola milik tempat lain.

Analisis molekuler menunjukkan bahwa hexapods menyimpang dari kelompok saudara mereka, Anostraca (udang peri), sekitar awal periode Silur 440 juta tahun yang lalu - bertepatan dengan munculnya tumbuhan vaskular di darat.[2]

Berikut kladogram, menunjukkan tiga kemungkinan hubungan antara Hexapoda, didasarkan pada Tree of Life Web Project;[3] Diplura ditunjukkan dengan posisi yang tidak stabil:

Hexapoda
Entognatha
Ellipura
      

Collembola



Protura




Diplura



Ectognatha

Insecta



A

Hexapoda
Ellipura
      

Collembola



Protura





Diplura



Insecta




B

Hexapoda
Ellipura
      

Collembola



Protura




Diplura



Insecta



C

Sebuah fosil serangga hampir selesai, Strudiella devonica, telah pulih dari periode Devon, mengkonfirmasikan bahwa mereka adalah clade yang berbeda saat itu. Fosil ini juga membantu untuk mengisi arthropod gap 385-325 juta tahun yang lalu.[butuh rujukan][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Giribet, G., Edgecombe, G.D. and Wheeler, W.C. (2001). "Arthropod phylogeny based on eight molecular loci and morphology". Nature. 413 (6852): 157–161. doi:10.1038/35093097. PMID 11557979. 
  2. ^ Gaunt, M.W.; Miles, M.A. (1 May 2002). "An Insect Molecular Clock Dates the Origin of the Insects and Accords with Palaeontological and Biogeographic Landmarks". Molecular Biology and Evolution. 19 (5): 748–761. doi:10.1093/oxfordjournals.molbev.a004133. ISSN 1537-1719. PMID 11961108. Diakses tanggal 14 July 2007. 
  3. ^ Tree of Life, Hexapoda.
  4. ^ The Web page cites Garrouste R, Clément G, Nel P, Engel MS, Grandcolas P, D’Haese C, Lagebro L, Denayer J, Gueriau P, Lafaite P, Olive S, Prestianni C, Nel A (2012) A complete insect from the Late Devonian period. Nature 488, 82–85.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]