Latias dan Latios

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Latias and Latios)
Latias dan Latios
Tokoh Pokémon
Latias (kiri) dan Latios (kanan)
Permainan
perdana
Pokémon Ruby dan Sapphire (2002)
Didesain
oleh
Ken Sugimori
Pengisi suara
Informasi
SpesiesPokémon Naga
Jenis kelamin♀ Betina (Latias) / ♂ Jantan (Latios)
AsalHoenn (Generasi III)
KategoriPsikis / Terbang / Naga
Entri Pokédex
  • No. 380 (Latias)
  • No. 381 (Latios)

Latias[a] dan Latios[b] adalah sepasang karakter fiksi dan spesies dalam waralaba media Pokémon yang dimiliki oleh Nintendo dan Game Freak. Dirancang oleh Ken Sugimori, Latias dan Latios pertama kali muncul sebagai karakter sentral dalam film Pokémon Heroes, dan kemudian muncul dalam permainan video Pokémon Ruby dan Sapphire. Mereka juga muncul dalam berbagai pernak-pernik, produk lepas, dan adaptasi cetak serta animasi dari waralaba tersebut. Pengisi suaranya adalah Megumi Hayashibara (Latias) dan Masashi Ebara (Latios).

Dikenal sebagai Pokémon Eon, Latias dan Latios adalah dua Pokémon legendaris yang berasal dari seri permainan video Ruby, Sapphire, dan Emerald. Mereka masing-masing berjenis kelamin betina dan jantan, dan Pokemon legendaris pertama yang jenis kelaminnya disebutkan dengan jelas. Latias yang berjenis kelamin betina digambarkan berwarna merah dan putih, sementara Latios berwarna biru dan abu-abu, serta lebih besar dan lebih bulat. Latias dan Latios telah menerima kritik yang signifikan untuk peran mereka dalam film tahun 2003 yang berjudul Pokémon Heroes, kritikus mengutip suara mereka serta transformasi Latias yang bisa berubah menjadi manusia. Mereka menerima sambutan yang jauh lebih positif untuk peran mereka dalam permainan video. Dalam rilis Pokémon Omega Ruby dan Alpha Sapphire, Latios dan Latias diberikan bentuk evolusi Mega.

Desain dan karakteristik[sunting | sunting sumber]

Seperti semua karakter yang diperkenalkan dalam Pokémon Ruby dan Sapphire, Latios dan Latias dirancang oleh Ken Sugimori dengan bantuan tim pengembangan Ruby dan Sapphire. Latios dan Latias adalah Pokémon naga mirip burung yang samar-samar menyerupai Lugia. Latios sebagian besar memiliki bentuk tubuh yang sama dengan Latias, tetapi ia lebih besar. Bagian bawah Latios dan Latias masing-masing berwarna biru dan merah, dan masing-masing memiliki sayap pesawat jet dan lengan pendek. Lengan mereka memiliki tiga cakar kecil di ujungnya. Latios memiliki cincin segitiga merah di dadanya sedangkan Latias memiliki cincin biru. Bagian atas tubuh Latias berwarna putih, sedangkan Latios lebih gelap. Latias memiliki wajah berwarna merah dengan bintik putih berbentuk segi lima di tengahnya, sedangkan Latios memiliki wajah berwarna biru dengan bintik putih berbentuk tetesan air mata. Mereka memiliki telinga yang berakhir di dua titik. Titik telinga Latias terpisah tetapi titik telinga Latios saling berdekatan.

Latias[sunting | sunting sumber]

Latias sangat cerdas dan dapat memahami ucapan manusia. Ia dapat berkomunikasi secara telepati dengan orang lain. Jika Latias merasakan permusuhan terhadap dirinya sendiri, ia akan mengacak-acak bulu di sekujur tubuhnya dan menangis nyaring untuk mengintimidasi musuhnya. Namun, ia biasanya akan menghilang jika ia merasakan musuh, karena mereka dapat menggunakan suatu bentuk kamuflase aktif dengan membungkus tubuh mereka dengan lapisan bulu seperti kaca dan membiaskan cahaya dengan cara yang unik, memungkinkan mereka untuk menjadi tidak terlihat atau bahkan mengambilnya. pada penampilan manusia atau Pokemon lainnya.

Latios[sunting | sunting sumber]

Latios mampu melipat tangannya dan terbang lebih cepat dari jet. Ia bisa membuat musuh melihat gambar yang ia lihat atau apa yang ia bayangkan di kepalanya. Ia bisa mengerti ucapan manusia. Meski bersembunyi, Latios dapat mendeteksi lokasi dan emosi orang lain menggunakan telepati. Latios memiliki sifat yang sangat protektif, terutama terhadap kerabatnya, Latias. Ia memiliki temperamen yang jinak dan tidak suka berkelahi. Ia akan membuka hatinya jika dia menemukan seorang Pelatih Pokémon dengan semangat welas asih. Tetapi jika terpojok, ia meledak dengan energi untuk melarikan diri.

Promosi dan penerimaan[sunting | sunting sumber]

Sejak muncul di seri Pokémon, Latios dan Latias telah menerima sambutan yang beragam, meskipun rekan video game mereka telah menerima sambutan yang jauh lebih positif. Mereka telah ditampilkan dalam beberapa bentuk barang dagangan, termasuk figur, mainan mewah, Permainan Kartu Koleksi Pokémon, dan lain-lain.[1][2][3] Model Game Boy Advance dibuat untuk mempromosikan perilisan film Pokémon Heroes, menampilkan siluet putih Latias dan Latios di atasnya.[4]

Editor Austin Chronicle Marc Savlov menggambarkan mereka berdua sebagai "kuda yang samar-samar", serta terlihat mirip dengan "musuh Ultraman yang kurang sadar". Ia juga menggambarkan transformasi Latias menjadi "siswi sekolahan seksi dengan rok pendek" sebagai sosok yang menyeramkan dan "seperti adaptasi langsung dari serial hentai Jepang populer La Blue Girl".[5] Editor Critic Doctor Peter Sobczynski menggambarkan persahabatan Latias dan protagonis serial Ash Ketchum sebagai "versi kecil dari Mandingo".[6] Sementara penerimaan untuk peran mereka dalam film tersebut sebagian besar negatif, editor San Francisco Gate Mick LaSelle menyatakan bahwa animasi film yang ditingkatkan bekerja paling baik dengan mereka berdua.[7] Editor The Cincinnati Enquirer Chris Hewitt mengkritik suara mereka sebagai "melengking", dengan bercanda menggambarkan mereka sebagai suara seperti "Melanie Griffith melahirkan burung camar laut kembar".[8] Editor Seattle Times Doug Knoop juga mengkritik suara mereka, menggambarkannya sebagai "kaok seperti burung camar".[9] Dalam ulasannya tentang Pokémon Heroes, Screenit.com membandingkan suara mereka dengan "lumba-lumba yang terluka".[10] Editor Mountainx.com Ken Hanke menyatakan bahwa tidak ada yang menarik untuk dilihat, serta membandingkan "suara bernada tinggi" dengan karakter Saturday Night Live Mr. Bill.[11]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jepang: ラティアス Hepburn: Ratiasu?, diucapkan [ɾatɕiasɯ] dalam bahasa Jepang atau /ˈlætɑːs/ dalam bahasa Inggris.
  2. ^ Jepang: ラティオス Hepburn: Ratiosu?, diucapkan [ɾatɕiosɯ] dalam bahasa Jepang atau /ˈlæts/ dalam bahasa Inggris.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Toys on sale - tons of vintage collectible toys at". Tons-of-toys.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-17. Diakses tanggal 2011-04-05. 
  2. ^ "Product not found!". Hardrock-pokemon.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-18. Diakses tanggal 2011-04-05. 
  3. ^ "Pokemon Poke Doll 6" Latios Plush". Toy Store Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-17. Diakses tanggal 2011-04-05. 
  4. ^ "New Pokémon Movie Edition GBA - Game Boy Advance News at IGN". Gameboy.ign.com. 2002-07-08. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-13. Diakses tanggal 2011-04-05. 
  5. ^ "Pokémon Heroes - Film Calendar". The Austin Chronicle. 2003-05-16. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-24. Diakses tanggal 2011-04-05. 
  6. ^ "(Herb Kane) - Review by Peter Sobczynski: Movie Pokemon Heroes (2003) * (G)". Critic Doctor. 2003-05-16. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-08. Diakses tanggal 2011-04-05. 
  7. ^ Mick LaSalle; C.W. Nevius; Carla Meyer; Edward Guthmann (2003-05-16). "FILM CLIPS / Also opening today". Sfgate.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-02-10. Diakses tanggal 2011-04-05. 
  8. ^ Hewitt, Chris (2003-06-06). "'Heroes' slightly updated Pokemon fare". Pqasb.pqarchiver.com. Diakses tanggal 2011-04-05. [pranala nonaktif permanen]
  9. ^ Knoop, Doug (2003-05-16). "Entertainment & the Arts | Pokmon's fifth is no classic | Seattle Times Newspaper". Community.seattletimes.nwsource.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-30. Diakses tanggal 2011-04-05. 
  10. ^ "Screen It! Artistic Review: Pokémon Heroes". Screenit.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-17. Diakses tanggal 2011-04-05. 
  11. ^ "Movie Review: Pokemon Heroes | Mountain Xpress". mountainx.com. 2003-06-25. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-14. Diakses tanggal 2011-04-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]