Islam di Hongaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Islam di Hongaria adalah agama minoritas di negara mayoritas Katolik tersebut. Dari populasi sebanyak 9.770.000 jiwa, sekitar 5.579 jiwa atau 0.057% dari total populasi adalah pemeluk Islam (sensus 2011).[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Islam memiliki sejarah yang cukup panjang di Hongaria. Pada tahun 1522, Hongaria berada dalam pemerintahan Kekaisaran Ottoman. 150 tahun setelah itu, Hongaria direbut oleh Kerajaan Austria sehingga kejayaan Islam di Hongaria berakhir. Dari sinilah penyebaram Islam di Hongaria dimulai.

Populasi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2020, ada sekitar 5.000 warga Hungaria yang beragama Islam atau 0.05% dari total populasi.[2] Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun 2001 yang dimana populasi Muslim disana hanya 3.201 orang saja.

Pengakuan[sunting | sunting sumber]

Islam hampir tidak pernah mendapatkan suara di negara ini karena negara ini merupakan negara anggota Komunis dan lokasi pembantaian Muslim secara besar-besaran yang dilakukan oleh Tentara Serbia.

Sayangnya, pada tahun 2011, Islam tidak diakui sebagai agama resmi di Hongaria. Barulah pada tanggal 27 Februari 2012, pemerintah dapat mengakui Islam sebagai agama resmi.

Masjid terkenal[sunting | sunting sumber]

Budapest memiliki masjid yang banyak dikunjungi muslim, yaitu Budapest Mecset. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Hongaria. Masjid ini menjadi rujukan untuk sholat berjamaah, sholat Ied dan acara keagamaan Muslim.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]