Higiene

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Poster untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya air bersih (poster dirancang oleh CAWST untuk dipakai di negara-negara Asia).[1]

Higiene adalah serangkaian praktik yang dilakukan untuk menjaga kesehatan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), higiene merujuk pada kondisi dan praktik yang membantu memelihara kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit.[2] Sementara itu, higiene pribadi merujuk pada pemeliharaan kebersihan tubuh.

Banyak orang menyamakan higiene dengan 'kebersihan'. Namun, higiene merupakan istilah yang maknanya sangat luas, yang meliputi kebiasaan seseorang seperti seberapa sering ia mandi, mencuci tangan, dan mengganti pakaian, serta perilakunya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya, seperti rumah, tempat kerja, dan termasuk kamar mandi. Penerapan higiene secara teratur dianggap sebagai kebiasaan baik oleh masyarakat, sementara ketidakpedulian terhadap higiene dianggap sebagai perilaku yang menjijikan dan tidak sopan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Water, Sanitation and Hygiene Poster Set with Trainer Guide". Centre for Affordable Water and Sanitation Technology (CAWST). March 2013. 
  2. ^ "Hygiene". World Health Organization (WHO). 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]