Sistem kesehatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Diagram yang membandingkan pengeluaran untuk kesehatan (kiri) dengan angka harapan hidup (kanan) di negara-negara anggota OECD

Sistem kesehatan adalah sistem yang mencakup organisasi dan sumber daya yang memberikan pelayanan kesehatan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan populasi sasaran. Ada berbagai macam sistem kesehatan di seluruh dunia, dengan beragam sejarah dan struktur organisasi seperti halnya negara. Secara implisit, negara harus merancang dan mengembangkan sistem kesehatan sesuai dengan kebutuhan dan sumber daya mereka. Meskipun demikian, unsur-unsur yang umum ditemukan di hampir semua sistem kesehatan adalah layanan kesehatan primer dan tindakan kesehatan masyarakat.[1] Di beberapa negara, perencanaan sistem kesehatan didistribusikan di antara pelaku pasar. Di negara lainnya, upaya bersama dilakukan antara pemerintah, serikat pekerja, organisasi amal, organisasi keagamaan, atau lembaga terkoordinasi lainnya yang bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan terencana bagi populasi yang mereka layani. Perencanaan pelayanan kesehatan sering digambarkan sebagai suatu hal yang evolusioner alih-alih revolusioner.[2][3] Seperti struktur kelembagaan sosial lainnya, sistem kesehatan cenderung mencerminkan sejarah, budaya, dan ekonomi negara tempat mereka berkembang. Keunikan ini memperumit perbandingan mereka dalam lingkup internasional dan menghalangi penentuan standar kinerja secara universal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ White F (2015). "Primary health care and public health: foundations of universal health systems". Med Princ Pract. 24 (2): 103–116. doi:10.1159/000370197. PMC 5588212alt=Dapat diakses gratis. PMID 25591411. 
  2. ^ "Health care system". Liverpool-ha.org.uk. Diakses tanggal 6 August 2011. 
  3. ^ New Yorker magazine article: "Getting there from here." 26 January 2009