Vektor (biologi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nyamuk Aedes aegypti merupakan vektor bagi banyak penyakit yang disebabkan oleh virus, misalnya demam berdarah dengue dan penyakit chikungunya.

Vektor merupakan organisme invertebrata yang tidak menyebabkan penyakit tetapi menyebarkannya dengan membawa patogen dari satu inang ke yang lain. Terdapat dua jenis vektor, yakni vektor mekanik dan vektor biologi. Vektor mekanik merupakan vektor yang melakukan penularan penyakit tanpa adanya terjadi perubahan pada agen penyebab penyakit. Vektor biologi merupakan vektor yang dimana agen penyebab penyakitnya mengalami perkembangbiakan atau pertumbuhan secara bertahap.[1]

Berbagai jenis nyamuk, sebagai contoh, berperan sebagai vektor penyakit malaria yang mematikan. Pengertian tradisional dalam kedokteran ini sering disebut "vektor biologi" dalam epidemiologi dan pembicaraan umum.

Dalam terapi gen, virus dapat dianggap sebagai vektor jika telah di-rekayasa ulang dan digunakan untuk mengirimkan suatu gen ke sel targetnya. "Vektor" dalam pengertian ini berfungsi sebagai kendaraan untuk menyampaikan materi genetik seperti DNA ke suatu sel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wijayanti, Tri (02 Desember 2008). "Vektor dan Reservoir". BALABA. 007 (02): 18–19. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]