Pantat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pantat
Bentuk pantat wanita (atas) dan pria (bawah).
Rincian
ArteriArteri superior gluteal, Arteri inferior gluteal
Sarafsuperior gluteal nerve, inferior gluteal nerve, superior cluneal nerves, medial cluneal nerves, inferior cluneal nerves
Pengidentifikasi
Bahasa LatinClunis
MeSHD002081
TA98A01.1.00.033
A01.2.08.002
TA2157
FMA76446
Daftar istilah anatomi
Tampilan posterior perempuan dan laki-laki untuk menunjukkan perbandingan pantat mereka.

Pantat, bokong, atau burit adalah dua bagian bulat dari anatomi luar yang terletak di bagian belakang daerah panggul pada kebanyakan mamalia. Pada manusia, bokong terletak di antara punggung bawah dan perineum. Pantat dibentuk oleh tulang pinggul dan tulang ekor. Di bagian tengah pantat terdapat lubang yang disebut anus. Anus berfungsi sebagai lubang eksresi untuk keluarnya kotoran atau tinja (buang air besar) dan juga keluarnya flatulensi.

Dalam banyak budaya, pantat berperan sebagai daya tarik seksual.[1] Banyak budaya juga menggunakan bokong sebagai sasaran utama hukuman fisik,[2][3] karena lapisan lemak subkutan di pantat memberikan perlindungan terhadap cedera, tetapi tetap memungkinkan timbulnya rasa sakit. Terdapat beberapa konotasi pantat dalam bidang seni, budaya, budaya dan humor.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hennig, Jean-Luc (1995). The rear view: A brief and elegant history of bottoms through the ages. London: Souvenir. ISBN 0-285-63303-1. 
  2. ^ "Police". The Times. London. 22 March 1894. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 July 2014. Diakses tanggal 5 December 2010. Mr. Curtis Bennett deprecated caning on the hands and boxing the ears, and said they were exceedingly dangerous forms of punishment. Nature provided a special place for boys to be punished upon and it should be used. 
  3. ^ "Hukuman Pukul Pantat Buat si Kecil, Masih Perlukah?". detikHealth. Diakses tanggal 2021-12-14.