Wikipedia:Nasihat untuk orang tua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Tujuan Wikipedia adalah menyediakan pengetahuan bebas tentang berbagai hal, dalam format yang legal untuk disalin, dimodifikasi, dan didistribusikan ulang (copyleft, sebagaimana kami menyebutnya) kepada semua orang, tanpa biaya. Kami berharap Anda akan menemukan nilai pendidikan yang sangat besar dalam proyek ini; dan di antara ratusan ribu artikel kami, Anda pasti akan menemukan banyak hal yang relevan dengan hampir semua bidang keilmuan. Namun, tidak ada ensiklopedia yang menjadi titik akhir dalam penelitian apa pun, dan kami berharap Anda akan menemukan artikel kami menjadi jendela untuk menelusuri dan mengeksplorasi berbagai subjek dan bidang keilmuan. Meskipun ada kebijakan dan pedoman untuk konten, Wikipedia dapat diedit secara bebas oleh semua orang, jadi ketidakakuratan dan vandalisme adalah masalah yang dihadapi proyek ini setiap hari. Sejumlah perbaikan dan pencegahan terus diberlakukan. Termasuk menegakkan kebijakan bagi semua penyunting untuk mengutip sumber tepercaya, Patroli Perubahan Terbaru untuk menghapus vandalisme, serta Patroli Halaman Baru untuk artikel yang baru dibuat dengan konten yang tidak pantas.

Halaman ini dimaksudkan untuk membantu orang tua, wali, guru, dan orang dewasa lainnya mempertimbangkan cara terbaik untuk memungkinkan anak-anak yang menjadi tanggung jawab mereka untuk memanfaatkan Wikipedia dengan aman dan menyenangkan. Anda juga bisa membaca Kebijakan Wikipedia tentang perlindungan anak.

Konten Wikipedia[sunting sumber]

Wikipedia tidak disensor, yang berarti bahwa di sembarang halaman pada seluruh situs Wikipedia, Anda mungkin akan menemukan konten dan gambar yang mungkin menyinggung atau tidak pantas yang menampilkan subjek seperti kekerasan, ketelanjangan, aktivitas seksual, atau topik kontroversial lainnya. Materi semacam itu ada dalam persentase kecil artikel. Penyunting Wikipedia sangat beragam, baik dalam usia maupun latar belakang budaya, dan dengan demikian, kata-kata kotor juga lazim di beberapa bidang konten dan diskusi. Lihat Wikipedia:Tidak disensor.

Halaman yang biasanya sesuai untuk dilihat oleh anak-anak, seperti artikel tentang karakter kartun atau buku yang ditulis untuk pembaca anak-anak, dapat dirusak dengan kata-kata kasar atau konten yang mungkin dianggap menyinggung dan tidak pantas bagi sebagian anak. Vandalisme biasanya diketahui dan dihapus dalam beberapa menit, atau detik (melalui fungsi perubahan terbaru, atau melalui filter dan bot otomatis). Namun, dalam beberapa kasus vandalisme bisa tidak terdeteksi selama berhari-hari, dan terlihat ke banyak pembaca sebelum dapat dihapus, dan pembaca ini bisa siapa saja. Jika Anda melihat vandalisme, laporkan (atau coba sunting sendiri untuk menghapus vandalisme itu!).

Wikipedia tidak melakukan pemeriksaan untuk "menciptakan lingkungan ramah anak-anak" pada penyunting, dan penyunting mana pun dapat berkomunikasi dengan penyunting lain baik di wiki atau melalui surel, jika penyunting memiliki akun email yang terdaftar di Wikipedia (fitur ini dapat dinonaktifkan di Preferensi Anda). Komunikasi ini mungkin tidak dipantau oleh penyunting Wikipedia lainnya, dan kami sangat menyarankan semua penyunting untuk tidak mempublikasikan informasi pribadi seperti detail kontak lengkap. Publikasi yang tidak disengaja dari detail pribadi atau kontak di halaman Wikipedia dapat dihapus dengan meminta pengawasan (oversight), suatu bentuk penyembunyian informasi sehingga hanya dapat dilihat oleh sekelompok orang yang sangat tepercaya, yang dikenal sebagai pengawas. Mereka telah menandatangani perjanjian hukum dengan Wikimedia Foundation, dan jika mereka mengungkapkan informasi yang diawasi tanpa izin dari staf yayasan, sanksi berat akan dijatuhkan. Untuk alasan hukum, tidak ada apa pun di dalam database kami yang dihapus secara permanen.

Komunitas Wikipedia[sunting sumber]

Kebanyakan komunikasi di Wikipedia dilakukan secara terbuka, umum, dan dapat ditinjau—bahkan pesan "halaman pembicaraan" pribadi dapat dibaca oleh siapa saja di internet. Namun, perhatikan bahwa bertentangan dengan beberapa situs yang ditujukan untuk kaum muda, staf Wikimedia Foundation (yang menjalankan Wikipedia) tidak secara teratur melakukan patroli pada halaman diskusi atau menghapus komentar yang tidak pantas. Wikipedia hanya memiliki sejumlah kecil pengurus sukarelawan, mereka mungkin akan mengawasi pengguna yang melanggar aturan kesopanan, tetapi tidak akan menyensor percakapan, bahkan jika mereka berurusan dengan topik dewasa.

Anak-anak dan orang tua mereka harus memahami bahwa setiap orang, tidak peduli seberapa baik atau buruk motivasinya, bebas untuk berpartisipasi dalam proyek. Sementara beberapa komunitas online yang berfokus pada anak akan menghapus anggota yang ditemukan/dicurigai berbahaya bagi anak-anak di dunia "nyata/offline", Wikipedia tidak mengharuskan pengguna untuk mengungkapkan identitas mereka, dan karenanya tidak dapat menghapus dan mengawasi segala sesuatu yang berhubungan dengan identitas, termasuk pelanggaran hukum, catatan kriminal atau pelecehan seksual di dunia nyata. Seorang anak, atau siapa pun, tidak boleh berasumsi bahwa jika seseorang memiliki akun di Wikipedia, mereka aman untuk bertemu dengannya secara langsung. Wikipedia adalah proyek ensiklopedia, bukan situs web jejaring sosial. Ingatlah untuk selalu menggunakan akal sehat, dan khususnya harus diingat bahwa siapa pun dapat menyamar sebagai apa pun di Internet.

Namun, terlepas dari keterbatasan diatas, Wikipedia akan mencegah pengguna yang terindikasi menggunakan situs untuk tujuan yang tidak pantas saat mengedit atau masuk log, dan dalam kasus ekstrim, melakukan ban/blokir pada pengguna tersebut. Hal-hal tidak pantas ini misalnya mencoba membentuk atau melegitimasi hubungan dengan anak-anak (pedofilia), pelecehan seksual, atau mengungkapkan informasi pribadi. Untuk nasihat tentang apa yang harus dilakukan jika Anda menemui kasus tersebut, silakan lihat Wikipedia:Perlindungan anak.

Nasihat paling berguna yang dapat diberikan orangtua/wali kepada penyunting di bawah umur/anak-anak adalah jangan pernah membocorkan informasi apa pun yang dapat diidentifikasi secara pribadi (nama, usia, lokasi, sekolah) di Wikipedia—atau di mana pun yang tersedia untuk umum di Internet. Beberapa situs mungkin memiliki cara untuk membatasi akses ke informasi pribadi; namun kebanyakan situs, termasuk Wikipedia, tidak membatasinya, silakan lihat Wikipedia:Panduan untuk penyunting muda. Jika Anda mencurigai anak di bawah umur telah memposting informasi pribadi mereka di Wikipedia, harap ikuti proses yang dirinci di Wikipedia:Permintaan untuk pengawasan.

Lihat pula[sunting sumber]