Google Cendekia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Google Scholar)


Nama : E.NUR AMALINA Email : enuramalina28@gmail.com No. hp : 081266583848 [[Berkas:Rilis even meriahnya penyabutan malam takbiran di dabo singkep|2px|jmpl|al=rilismalam takbiran di dabo singkep]] 13 mei 2022 “UNTUK SEGERA DITERBITKAN”

Meriahnya Malam Idul Fitri 
Takbir Keliling di Dabo Singkep Menggunakan mobil Hias
Setelah satu bulan lamanya umat Islam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan, maka berdasarkan keputusan sidang itsbat yang digelar Kementerian Agama pada 2 mei 2022, maka telah resmilah Idul Fitri 1443 Hijriyah jatuh pada esok hari, yakni 2 mei 2022.
dengan suka cita, segenap elemen masyarakat, mulai dari masyarakat desa beserta perangkatnya, hingga para kepala OPD dan pejabat pun larut dalam kegembiraan menyambut datangnya Syawal.Untuk itulah, Pemkab Lingga melalui bagian Kesra Kabupaten Lingga menggelar acara takbiran keliling, demi menyemarakkan datangnya hari kemenangan, hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Suasana malam takbiran menyambut Hari Raya Idhul Fitri 1443 Hijriah sangat semarak di Kabupaten Lingga, Selasa (02/5/2022) malam “Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd”, seruan Takbir diawali Bupati Lingga – H. Alias Wello dalam memberikan sambutan sekaligus pelepasan Takbir Keliling Masyarakat Lingga di Lapangan Merdeka Dabo Singkep dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Puluhan mobil dihias dengan nuansa religi dengan tetap mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid, serta ratusan sepeda motor ikut ambil bagian dalam pawai takbir yang digelar di Dabo. Pawai takbir ini dilepas oleh Bupati Lingga dengan himbauan agar masyarakat peserta Takbir keliling menjaga keselamatan berkendaraan dan tetap berhati-hati agar kecelakaan serta hal – hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Himbauan serupa juga disampaikan Wakapolres Lingga dalam Instruksi Penertiban Keamanan, agar tidak terlalu ber euphoria sehingga melupakan ketertiban demi keselamatan bersama. Untuk diketahui, pada esok harinya Pemkab Lingga menggelar sholat Ied berjamaah yang rencananya akan dilaksanakan di halaman kantor Bupati Lingga, dengan Khatib yakni saudara Isnin dari Baznaz Lingga, serta imam oleh Qori muda Kabupaten Lingga, saudara Andika Pangestu. Kegiatan rutin tahunan tersebut, cukup didukung pemerintah Kabupaten. Namun Kondisi ini tetap memperhatikan ketertiban, keselamatan dan tidak berlebihan karena intinya adalah rasa bersyukur kepada Allah SWT.



“Tentang” Meriahnya Susana malam takbiran didabo singkep dengan menngunakan takbir keliling dan banyak diikuti oleh masyarakat berlangsung meriah.warga sangat berpartipasi dalam memeriahkan malam tabkiran ini, Wakil Bupati Lingga, yang dalam hal ini mewakili Bupati Lingga, menghimbau agar para peserta takbir, baik itu yang menggunakan sepeda motor, maupun kendaraan roda empat, agar berhati-hati selama dalam perjalanan.