Google Code Search

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Google Code Search

Google Code Search merupakan layanan pencarian kode-kode program yang bersifat sumber terbuka di internet. Layanan ini masih dalam versi beta, dan merupakan bagian dari Google Labs. Layanan ini menghasilkan kode program dalam berbagai format seperti .tar.gz, .tar.bz2, .tar, dan .zip. Layanan ini dapat diakses di alamat http://www.google.com/codesearch. [1]

Pada halaman Advanced Code Search terdapat daftar bahasa pemrograman yang mampu dideteksi. Tetapi bahkan jika bahasa pilihan yang diinginkan tidak ada di sana, seseorang masih dapat mencari kode yang ditulis dalam bahasa tersebut. Google Code Search membuat banyak sekali kode yang dapat memungkinkan untuk dicari, termasuk kode pada bahasa yang tidak dapat mereka deteksi. Ketika Google Code Search dapat mendeteksi bahasa pemrograman untuk suatu berkas (file), Google Code Search akan menunjukkannya pada hasil pencarian, dan seseorang dapat membatasi pencarian Anda pada kode yang ditulis dalam bahasa tersebut.

Pada umumnya dengan Google Code Search, seseorang dapat:

  • menggunakan ekspresi reguler untuk pencarian lebih tepat.
  • Membatasi pencarian Anda dengan bahasa, lisensi atau nama berkas.
  • melihat sumber berkas dengan linkback ke seluruh paket dan halaman web yang memberikan asal dari sumber berkas tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ni Ketut Susrini (2009). Google. B First. hlm. 110. ISBN 978-979-24-3840-6.