G Suite

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Google Apps)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
G Suite
G Suite logo
PengembangGoogle
Rilis perdana28 Agustus 2006; 13 tahun lalu (2006-08-28) (sebagai "Google Apps for Your Domain")
JenisPaket kantor online
LisensiTrialware (Ritel, lisensi volume)
Situs webgsuite.google.com

G Suite adalah rangkaian komputasi awan, produktivitas dan alat kolaborasi, perangkat lunak, dan produk yang dikembangkan oleh Google, pertama kali diluncurkan pada 28 Agustus 2006 sebagai Google Apps for Your Domain.[1] G Suite terdiri dari Gmail, Hangouts, Kalender, dan Current untuk komunikasi; Drive untuk penyimpanan; Docs, Sheets, Slide, Keep, Form, dan Sites untuk produktivitas dan kolaborasi; dan, tergantung pada rencana, panel Admin dan Vault untuk mengelola pengguna dan layanan.[2] Ini juga termasuk papan tulis interaktif digital Jamboard.

Meskipun layanan ini gratis digunakan untuk konsumen, G Suite menambahkan fitur perusahaan seperti alamat email khusus di domain (@ yourcompany.com), opsi untuk penyimpanan cloud tanpa batas (tergantung pada paket dan jumlah anggota), alat administratif tambahan dan canggih pengaturan, serta dukungan telepon dan email 24/7.[3]

Berbasis di pusat data Google, data dan informasi disimpan secara instan dan kemudian disinkronkan ke pusat data lain untuk tujuan pencadangan. Tidak seperti layanan gratis yang menghadap konsumen, pengguna G Suite tidak melihat iklan saat menggunakan layanan, dan informasi serta data di akun G Suite tidak digunakan untuk tujuan iklan. Selain itu, administrator G Suite dapat menyempurnakan pengaturan keamanan dan privasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Google Launches Hosted Communications Services – News announcements – News from Google – Google". googlepress.blogspot.com. Diakses tanggal 2020-07-11. 
  2. ^ "Produk | G Suite". gsuite.google.co.id. Diakses tanggal 2020-07-11. 
  3. ^ "Paket Harga | G Suite". gsuite.google.co.id. Diakses tanggal 2020-07-11.