Google Docs

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Google Docs adalah layanan pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada 10 Oktober 2006 sebagai gabungan dua layanan: Writely dan Spreadsheets. Layanan presentasi diluncurkan pada 17 September 2007 sedangkan layanan penyimpanan data untuk berkas apa pun (hingga maksimum 1 GB per berkas) diluncurkan pada 13 Januari 2010.

Google Docs tersedia sebagai aplikasi web, aplikasi seluler untuk Android, iOS, Windows, BlackBerry, dan sebagai aplikasi desktop di Google ChromeOS. Aplikasi ini kompatibel dengan format berkas Microsoft Office. [1]. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit berkas secara online saat berkolaborasi dengan pengguna lain secara real-time. Hasil pengeditan dilacak oleh pengguna dengan riwayat revisi yang menampilkan perubahan. Posisi editor disorot dengan warna dan kursor khusus editor. Sistem perizinan mengatur apa yang dapat dilakukan pengguna. Pembaruan telah memperkenalkan fitur menggunakan pembelajaran mesin, termasuk "Jelajahi", menawarkan hasil pencarian berdasarkan isi dokumen, dan "Butir tindakan", yang memungkinkan pengguna untuk menetapkan tugas ke pengguna lain.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Google Drive berasal dari dua produk terpisah, Writely dan XL2Web. Writely adalah pengolah kata berbasis web yang dibuat oleh perusahaan perangkat lunak Upstartle dan diluncurkan pada Agustus 2005. Ini dimulai sebagai percobaan oleh programmer Sam Schillace, Steve Newman dan Claudia Carpenter, mencoba teknologi Ajax yang baru dan fungsi "konten yang dapat diedit" di browser. Pada tanggal 9 Maret 2006, Google mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi Upstartle.[2] Pada bulan Juli 2009, Google menjatuhkan status pengujian beta dari Google Documents. Pada Maret 2010, Google mengakuisisi DocVerse, sebuah perusahaan kolaborasi dokumen online. DocVerse memungkinkan kolaborasi online banyak pengguna pada dokumen Microsoft Word, serta format Microsoft Office lainnya seperti, Excel, dan PowerPoint. Perbaikan berdasarkan DocVerse diumumkan dan disebarkan pada bulan April 2010. Pada bulan Juni 2012, Google mengakuisisi Quickoffice, seorang "pemimpin dalam solusi produktivitas kantor", dengan penekanan khusus pada "interoperabilitas yang mulus" dari Quickoffice dengan format berkas populer ". Pada Oktober 2012, Google mengganti nama produk Drive dan Google Documents menjadi Google Docs. Pada saat yang sama, ekstensi Chrome dirilis, yang menyediakan pintas ke layanan di halaman tab baru Chrome.

Platform[sunting | sunting sumber]

Google Docs tersedia sebagai aplikasi web yang didukung di Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Microsoft Edge, dan browser web Apple Safari. Pengguna dapat mengakses semua Dokumen, serta berkas lain, secara kolektif melalui situs web Google Drive. Pada Juni 2014, Google meluncurkan beranda situs web khusus untuk Dokumen, yang hanya berisi berkas yang dibuat dengan layanan tersebut. Pada tahun 2014, Google meluncurkan aplikasi seluler khusus untuk Dokumen pada sistem operasi seluler Android dan iOS. Pada tahun 2015, situs web seluler untuk Dokumen diperbarui dengan antarmuka "lebih sederhana, lebih seragam", dan sementara pengguna dapat membaca berkas melalui situs web seluler, pengguna yang mencoba mengedit akan dialihkan ke aplikasi seluler khusus, sehingga mencegah pengeditan di seluler web.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Editing[sunting | sunting sumber]

Kolaborasi dan riwayat revisi[sunting | sunting sumber]

Google Docs 'dan aplikasi lain di Google Drive suite berfungsi sebagai alat kolaboratif untuk mengedit dokumen secara kooperatif secara real-time. Dokumen dapat dibagikan, dibuka, dan diedit oleh banyak pengguna secara bersamaan dan pengguna dapat melihat perubahan karakter per karakter saat kolaborator lain melakukan pengeditan. Perubahan secara otomatis disimpan ke server Google, dan riwayat revisi secara otomatis disimpan sehingga pengeditan terakhir dapat dilihat dan dikembalikan ke. Posisi editor saat ini diwakili dengan warna / kursor editor khusus, jadi jika editor lain kebetulan melihat bagian dokumen itu, mereka dapat melihat pengeditan saat terjadi. Fungsi bilah sisi bilah memungkinkan kolaborator untuk mendiskusikan pengeditan. Riwayat revisi memungkinkan pengguna untuk melihat tambahan yang dibuat ke dokumen, dengan masing-masing penulis dibedakan berdasarkan warna. Hanya revisi yang berdekatan yang dapat dibandingkan, dan pengguna tidak dapat mengontrol seberapa sering revisi disimpan. Berkas dapat diekspor ke komputer lokal pengguna dalam berbagai format (ODF, HTML, PDF, RTF, Teks, Office Open XML). Berkas dapat ditandai dan diarsipkan untuk tujuan organisasi.

Jelajahi[sunting | sunting sumber]

Diluncurkan pada September 2016, "Jelajahi" memungkinkan fungsionalitas tambahan melalui pembelajaran mesin. Di Google Dokumen, Jelajahi menunjukkan hasil pencarian Google yang relevan berdasarkan informasi dalam dokumen, menyederhanakan pengumpulan informasi. Pengguna juga dapat menandai teks dokumen tertentu, tekan Jelajahi dan lihat hasil pencarian berdasarkan teks yang ditandai saja. Fitur "Jelajahi" dalam Dokumen mengikuti peluncuran alat penelitian yang lebih mendasar yang awalnya diperkenalkan pada tahun 2012. Pada bulan Desember 2016, Google memperkenalkan fitur kutipan cepat ke Google Documents. Alat kutipan cepat memungkinkan pengguna untuk "memasukkan kutipan sebagai catatan kaki dengan mengklik tombol" di web melalui fitur Jelajahi yang diperkenalkan pada bulan September. Fitur kutipan juga menandai peluncuran fungsi Jelajahi di akun G Suite untuk Pendidikan. Pada Juni 2014, Google memperkenalkan "Pengeditan yang disarankan" di Google Dokumen; sebagai bagian dari izin "akses komentar", peserta dapat mengajukan saran untuk pengeditan yang dapat diterima atau ditolak oleh penulis, berbeda dengan kemampuan pengeditan penuh. Pada bulan Oktober 2016, Google mengumumkan "Item tindakan" untuk Dokumen. Jika pengguna menulis frasa seperti "Ryan untuk menindaklanjuti skrip utama", layanan akan secara cerdas menetapkan tindakan itu ke "Ryan". Google menyatakan ini akan mempermudah kolaborator lain untuk melihat orang yang bertanggung jawab atas tugas apa. Ketika seorang pengguna mengunjungi Google Drive, Dokumen, Spreadsheet, atau Slide, berkas apa pun dengan tugas yang ditugaskan kepadanya akan disorot dengan lencana. [ Pada Maret 2014, Google memperkenalkan add-on; alat baru dari pengembang pihak ketiga yang menambahkan lebih banyak fitur untuk Google Docs. Untuk melihat dan mengedit dokumen secara luring di komputer, pengguna harus menggunakan browser web Google Chrome. Ekstensi Chrome, Google Dokumen Offline, memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dukungan luring untuk berkas Dokumen di situs web Google Drive. Aplikasi Android dan iOS secara native mendukung pengeditan luring.

Berkas[sunting | sunting sumber]

Format berkas yang didukung[sunting | sunting sumber]

Berkas dalam format berikut dapat dilihat dan dikonversi ke format Dokumen: -Untuk dokumen: .doc (jika lebih baru dari Microsoft Office 95), .docx, .docm .dot, .dotx, .dotm, .html, teks biasa (.txt), .rtf, .odt

Batas berkas[sunting | sunting sumber]

Batas ukuran berkas yang dapat dimasukkan, keseluruhan panjang dan ukuran dokumen tercantum di bawah ini: -Hingga 1,02 juta karakter, terlepas dari jumlah halaman atau ukuran font. Berkas dokumen yang dikonversi ke format .gdoc Docs tidak boleh lebih besar dari 50 MB. Gambar yang dimasukkan tidak boleh lebih besar dari 50 MB, dan harus dalam format .jpg, .png, atau non-animasi .gif.

G Suite[sunting | sunting sumber]

Google Docs 'dan Drive suite bebas digunakan untuk individu, tetapi juga tersedia sebagai bagian dari layanan G Suite yang berpusat pada bisnis oleh Google, yang merupakan langganan bulanan yang memungkinkan fungsionalitas yang berfokus pada bisnis tambahan.

Fungsionalitas lainnya[sunting | sunting sumber]

Alat cari dan ganti yang sederhana tersedia. Paket Drive menyertakan alat papan klip web yang memungkinkan pengguna untuk menyalin dan menempel konten antara Google Dokumen, Google Spreadsheet, Google Slide, dan Gambar. Papan klip web juga dapat digunakan untuk menyalin dan menempel konten di antara komputer yang berbeda. Butir yang disalin disimpan di server Google hingga 30 hari. Untuk sebagian besar menyalin dan menempel, Google Docs juga mendukung pintas papan ketik. Google menawarkan ekstensi untuk peramban web Google Chrome yang disebut pengeditan Office untuk Dokumen, Spreadsheet, dan Slide yang memungkinkan pengguna melihat dan mengedit dokumen Microsoft Word di Google Chrome, melalui aplikasi Docs. Ekstensi ini dapat digunakan untuk membuka berkas Office yang disimpan di komputer menggunakan Chrome, serta untuk membuka berkas Office yang ditemui di web (dalam bentuk lampiran surel, hasil penelusuran web, dan lainnya.) Tanpa harus mengunduhnya. Ekstensi ini dipasang di Chrome OS secara default. Google Cloud Connect adalah plug-in untuk Microsoft Office 2003, 2007, dan 2010 yang secara otomatis dapat menyimpan dan menyinkronkan dokumen Word apa pun ke Google Docs (sebelum pengenalan Drive) di Google Docs atau format Microsoft Office. Salinan online secara otomatis diperbarui setiap kali dokumen Microsoft Word disimpan. Dokumen Microsoft Word dapat diedit secara luring dan disinkronkan nanti ketika online. Google Cloud Connect mempertahankan versi dokumen Microsoft Word sebelumnya dan memungkinkan beberapa pengguna untuk berkolaborasi dengan mengerjakan dokumen yang sama pada saat yang bersamaan. Namun, Google Cloud Connect telah dihentikan pada 30 April 2013, karena, menurut Google, Google Drive mencapai semua tugas di atas, "dengan hasil yang lebih baik".

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Dalam review Desember 2016 Google Docs dan perangkat lunak Drive, Edward Mendelsohn dari PC Magazine menulis bahwa suite itu "secara visual elegan" dengan "kolaborasi yang mudah", tetapi Dokumen itu, yang dipasangkan dengan Spreadsheet dan Slide, "kurang kuat daripada suite berbasis desktop ". Membandingkan suite kantor Google dengan Microsoft dan Apple, ia menyatakan bahwa "Dokumen hanya ada di browser Web Anda", yang berarti bahwa pengguna memiliki "kumpulan fitur yang lebih terbatas" daripada "pengaturan aplikasi desktop yang luas dan berdaya tinggi". Dia menulis bahwa dukungan luring membutuhkan plug-in, menggambarkannya sebagai "kurang nyaman daripada aplikasi desktop, dan Anda harus ingat untuk menginstalnya sebelum Anda membutuhkannya". Mendelsohn memuji antarmuka pengguna, menggambarkannya sebagai "elegan, sangat bermanfaat" dengan "kinerja cepat", dan bahwa riwayat revisi "mengingatkan Anda pada perubahan terbaru, dan menyimpan catatan revisi yang sangat baik". Mengenai fungsi Explore, ia mengkreditkannya sebagai "fitur baru yang paling bagus" di dalam suite dan itu melampaui fitur yang sebanding di Microsoft Office. Dia menggambarkan kualitas impor berkas Word sebagai "kesetiaan yang mengesankan". Dalam ringkasan, dia memuji Docs dan Drive suite karena memiliki "keseimbangan kecepatan dan kekuatan terbaik, dan fitur kolaborasi terbaik, juga", sambil mencatat bahwa "itu tidak memiliki beberapa fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Office 365, tetapi itu juga lebih cepat. untuk memuat dan menyimpan dalam pengujian kami ".

Masalah[sunting | sunting sumber]

Insiden phishing 2017[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2017, serangan phishing meniru penyebaran surel Google Documents di Internet. Serangan itu mengirim surel yang berpura-pura menjadi seseorang yang diketahui targetnya, meminta untuk membagikan dokumen dengan mereka. Setelah tautan di surel ditekan, pengguna diarahkan ke halaman izin akun Google yang sebenarnya tempat perangkat lunak phising, aplikasi pihak ketiga bernama "Google Docs", meminta akses ke akun Google pengguna. Setelah diberikan, perangkat lunak menerima akses ke pesan Gmail pengguna dan buku alamat, dan mengirim undangan dokumen palsu baru ke kontak mereka. Serangan phishing itu dideskripsikan oleh media sebagai "besar" dan "tersebar luas", dan The Next Web's Napier Lopez menulis bahwa "sangat mudah jatuh cinta". Salah satu alasan serangan itu sangat efektif adalah bahwa pesan surelnya diteruskan melalui perangkat lunak spam dan keamanan, dan menggunakan alamat Google yang sebenarnya. Dalam beberapa jam, serangan dihentikan dan diperbaiki oleh Google, dengan juru bicara yang menyatakan bahwa "Kami telah mengambil tindakan untuk melindungi pengguna terhadap surel yang meniru Google Documents, dan telah menonaktifkan akun yang menyinggung. Kami telah menghapus halaman palsu, mendorong pembaruan melalui Aman Browsing, dan tim penyalahgunaan kami bekerja untuk mencegah spoofing seperti ini terjadi lagi ". Pada hari yang sama, Google memperbarui Gmail di Android untuk perlindungan fitur dari serangan phishing. Media outlet memperhatikan bahwa, sementara perlindungan tambahan diumumkan pada hari yang sama dengan serangan, itu "mungkin tidak mencegah serangan minggu ini, namun, karena serangan itu melibatkan aplikasi" Google Docs "yang jahat dan palsu yang di-host di domain Google sendiri". Pada awal Mei 2017, Ars Technica melaporkan bahwa "setidaknya tiga peneliti keamanan" telah mengangkat isu tentang ancaman, salah satunya pada Oktober 2011, dan bahwa penyerang atau penyerang di balik insiden yang sebenarnya "mungkin telah menyalin teknik dari bukti konsep dipos oleh satu peneliti keamanan untuk GitHub pada bulan Februari ". Selain itu, laporan tersebut mencatat bahwa Google telah berulang kali diperingatkan oleh para peneliti tentang potensi ancaman, dengan peneliti keamanan Greg Carson mengatakan kepada Ars Technica bahwa "Saya tidak berpikir Google sepenuhnya memahami betapa parahnya ini dapat disalahgunakan, tetapi tentu saja peretas melakukan".

Kesalahan "Ketentuan Layanan" 2017[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 2017, Google merilis pembaruan sisi-server ke basis kodenya, yang salah menandai dokumen secara acak sebagai pelanggaran yang tidak ditentukan dari kebijakan "Ketentuan Layanan" -nya. Perbaikannya dirilis tidak lama setelah itu, meskipun tetap ada masalah mengenai kontrol Google atas konten pengguna, termasuk analisisnya terhadap isi dokumen, serta kemampuannya untuk menutup pengguna pada setiap waktu, termasuk di saat-saat kritis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]