Google Drawings

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Google Drawings
TipeGroupware, aplikasi web, Google Chrome app (en), aplikasi dan diagramming software (en)
Versi pertama12 April 2010; 13 tahun lalu (2010-04-12)
GenrePerangkat lunak diagram
Bahasa
Daftar bahasa

Inggris

Bagian dariGoogle Docs Editors (en)
Karakteristik teknis
Sistem operasiGoogle Chrome OS dan peramban web
Format kode
Informasi pengembang
PengembangGoogle
Informasi tambahan
Situs webdocs.google.com/drawings
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Google Gambar adalah perangkat lunak pembuatan diagram yang disertakan sebagai bagian dari rangkaian Editor Google Dokumen berbasis web bebas yang ditawarkan oleh Google. Layanan ini juga mencakup Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Google Forms, Google Sites, dan Google Keep. Google Gambar tersedia sebagai aplikasi web dan sebagai aplikasi desktop di Google Chrome OS. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit diagram alir, bagan organisasi, gambar rangka situs web, peta pikiran, peta konsep, dan jenis diagram lainnya secara daring sambil berkolaborasi dengan pengguna lain secara real-time. Ini awalnya diperkenalkan pada 12 April 2010 sebagai Google Docs Drawings.[1]

Ini memungkinkan mengimpor gambar dari komputer atau dari Web serta memasukkan bentuk, panah, coretan dan teks dari templat yang telah ditentukan sebelumnya. Objek dapat dipindahkan, diubah ukurannya dan diputar. Perangkat lunak ini juga memungkinkan penyuntingan dasar gambar, termasuk memotong, menerapkan topeng, dan menambahkan batas.[2] Fitur lainnya termasuk menata gambar secara tepat dengan panduan penyelarasan, menjentikkan ke kisi, dan distribusi otomatis. Tidak seperti banyak perangkat lunak lain dalam rangkaian Editor Google Dokumen, Google Gambar tidak memiliki rumah khusus.[butuh rujukan]

Gambar dapat disisipkan ke dalam Google yang lain seperti dokumen, spreadsheet, atau presentasi. Mereka juga dapat dipublikasikan secara daring sebagai gambar atau diunduh dalam format standar seperti JPEG, SVG, PNG, atau PDF.[3][4][5][6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Introducing Google Docs drawings". Google Docs Blog. 13 April 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-31. Diakses tanggal 2021-04-03. 
  2. ^ Levee, Brian (25 March 2014). "Edit images right in Google Slides and Drawings". Google Drive Blog. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 December 2014. 
  3. ^ "Creating Diagrams or Concept Maps with Google Docs in Google Drive". Pennsylvania State University Student Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 May 2014. Diakses tanggal 24 July 2014. 
  4. ^ "About Google drawings". Google Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-08. Diakses tanggal 26 March 2014. 
  5. ^ "Drawings - Drive Help". Google Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 March 2014. Diakses tanggal 27 March 2014. 
  6. ^ Anthony, Sebastion (18 August 2010). "Google Docs Drawing tool removes any reason to use MS Paint ever again". Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 October 2014.