Google Keep

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Google Keep
Google Keep icon (2020).svg
Berkas:Google Keep Android.png
PengembangGoogle
Rilis perdana20 Maret 2013; 9 tahun lalu (2013-03-20)
Sistem operasiAndroid, iOS, web
JenisLayanan penulisan catatan
Situs webkeep.google.com

Google Keep adalah sebuah layanan penulisan catatan yang dikembangkan oleh Google. Diluncurkan pada Maret 20, 2013, Google Keep tersedia di web, dan aplikasi mobile untuk Android dan iOS sistem operasi mobile. Google Keep menawarkan berbagai alat untuk menulis catatan, termasuk teks, daftar, gambar, dan audio. Pengguna dapat mengatur pengingat, yang terintegrasi dengan Google Now. Teks dari gambar dapat diekstrak menggunakan pengenalan karakter optik, dan rekaman suara dapat ditranskripsi. Antarmuka pengguna memungkinkan tampilan satu kolom atau multi kolom. Catatan dapat diberi kode warna, dan label dapat diterapkan. Update-update selanjutnya telah menambahkan fungsi pin catatan, dan berkolaborasi dengan pengguna Google Keep lainnya pada waktu bersamaan.

Google Keep telah menerima ulasan yang beragam. Sebuah ulasan telah diberikan setelah peluncuran pada tahun 2013 yang memuji kecepatan, kualitas dari catatan suara, sinkronisasi, dan widget yang dapat ditempatkan pada layar awal Android. Ulasan pada 2016 telah mengkritik kurangnya pilihan format, ketidakmampuan untuk membatalkan perubahan, dan antarmuka pengguna yang hanya menawarkan dua mode tampilan yang mana tidak satupun disukai untuk menulis catatan panjang. Namun, Google Keep menerima pujian untuk fitur-fitur tertentu termasuk perangkat universal akses, integrasi dengan layanan Google lainnya, dan pilihan untuk mengubah foto menjadi teks melalui pengenalan karakter optik.

Google telah menghentikan dukungan untuk aplikasi Google Keep Chrome pada Februari 2021, meskipun Google Keep itu sendiri masih bisa diakses lewat aplikasi lain dan secara langsung dalam berbagai peramban web.[1]

Fitur[sunting | sunting sumber]

Google Keep memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis catatan, termasuk teks, daftar, gambar, dan audio.[2] Pengguna dapat mengatur pengingat, yang terintegrasi dengan Google Now, dengan pilihan untuk waktu atau lokasi.[3] Teks dari gambar dapat diekstrak dengan menggunakan teknologi pengenalan karakter optis.[4][5] Rekaman suara yang dibuat melalui Keep secara otomatis ditranskripsi.[6] Keep dapat mengkonversi sebuah catatan teks ke dalam sebuah daftar.[7] Pengguna dapat memilih antara tampilan satu-kolom dan multi-kolom.[2] Catatan dapat diberi kode warna, dengan pilihan warna putih, merah, oranye, kuning, hijau, teal, biru atau abu-abu.[5][7] Pengguna bisa menekan tombol "Salin ke Google Doc", tombol yang secara otomatis menyalin semua teks menjadi dokumen Google Docs.[3] Pengguna dapat membuat catatan dan daftar dengan suara.[3][7] Catatan dapat dikategorikan menggunakan label, dengan daftar label dalam bar navigasi.[7]

Pembaharuan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 2014, Google memperkenalkan fitur kolaborasi catatan real-time antara pengguna Keep, serta fitur pencarian yang ditentukan oleh atribut-atribut seperti warna, berbagi status, atau jenis konten dalam catatan.[8] Pada Oktober 2016, Google menambahkan kemampuan untuk memberi pin catatan.[9] Pada bulan Februari 2017, Google mengintegrasikan Google Keep dengan Google Docs, menyediakan akses ke catatan Keep saat menggunakan Dokumen di web.[10][11] Google Assistant sebelumnya dapat menyimpan daftar belanja dalam Google Keep, tetapi fitur ini telah pindah ke Google Express pada bulan April 2017, yang mengakibatkan hilangnya banyak fungsi Keep.[12] Pada bulan Juli 2017, Google Keep diperbarui pada Android dengan kemampuan bagi pengguna untuk membatalkan dan mengulang perubahan.[13][14]

Platform[sunting | sunting sumber]

Google Keep diluncurkan pada tanggal 20 Maret 2013 untuk sistem operasi Android, dan di web.[15][16] Aplikasi Android ini kompatibel dengan Android Wear.[17][18] Pengguna dapat membuat catatan baru dengan menggunakan input suara, dan tambahkan centang dari item dalam daftar, dan melihat pengingat.[19]

Sebuah aplikasi untuk iOS dirilis pada September 24, 2015.[20]

Penerimaan publik[sunting | sunting sumber]

2013[sunting | sunting sumber]

Pada sebuah ulasan bulan Mei 2013, Alan Henry dari Lifehacker menulis bahwa antarmuka pengguna aplikasi Keep "berwarna-warni dan mudah digunakan", dan bahwa warna-warna tersebut benar-benar memiliki tujuan dalam pengelompokan dan kontras. Henry memuji kecepatan, kualitas dari catatan suara, sinkronisasi, dan widget layar beranda Android. Ia mengkritik antarmuka pada versi web, serta kurangnya aplikasi iOS.[6]

Majalah Time mencantumkan Google Keep di antara 50 aplikasi Android terbaik untuk tahun 2013.[21]

2016[sunting | sunting sumber]

Pada sebuah ulasan bulan Januari 2016, JR Raphael dari Computerworld menulis bahwa "Keep sangat dekat untuk menjadi alat yang ideal bagi saya untuk mengumpulkan dan mengelola semua catatan pribadi dan pekerjaan saya. Dan, sebagaimana dibuktikan oleh fakta bahwa saya terus menggunakannya, fitur positif melebihi fitur negatif bagi saya dan selalu membuat yang terbaik untuk kebutuhan saya", memuji apa yang ia sebut "fitur pembunuh" aplikasi saingan Keep, yaitu kesederhanaan, "kemudahan akses universal", dan integrasi dengan layanan Google lainnya. Namun, ia menyatakan bahwa Keep memiliki kekurangan pilihan format, ketidakmampuan untuk membatalkan atau mengembalikan perubahan, dan tidak adanya fungsi pencarian dalam catatan.[22]

Pada sebuah ulasan bulan Juli 2016, Jill Duffy dari PC Magazine menulis bahwa antarmuka Keep adalah yang terbaik, dan digambarkan sebagai "kesederhanaan". Ia mengkritik daftar dan tampilan grid yang cukup rumit, sehingga tidak dapat menemukan informasi yang cepat atau mudah. Ia menambahkan bahwa "Sebagian besar dari catatan saya berbasis teks resep, yang cukup panjang", Duffy mengatakan tampilan daftar "bahkan lebih buruk" dari tampilan petak seperti hanya menunjukkan "satu nada pada suatu waktu". Dia menulis bahwa antarmuka web masih kekurang fungsi yang ada dalam aplikasi. Aplikasi mobile menawarkan pengambilan foto dan menjalankan pengenalan karakter optis untuk memindai gambar menjadi teks, dengan komentar, "Itu adalah sebuah fitur yang luar biasa, dan itu bekerja dengan sangat baik". Dia juga mengkritik kurangnya format pilihan, dan pilihan berbagi "fiturnya bisa, tetapi kurang baik".[23]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Google Keep's Chrome App Will Stop Working in February 2021". NDTV Gadgets 360 (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Desember 2020. Diakses tanggal 2022-05-19. 
  2. ^ a b Amadeo, Ron (20 Maret 2013). "Hands-On With Google Keep For Android: Notes, Checklists, Voice Notes, Pictures, Widgets, And Voice Actions Integration". Android Police (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 22 Februari 2017. 
  3. ^ a b c Whitwam, Ryan (25 April 2016). "5 awesome Google Keep features you aren't using, but should be". Greenbot (dalam bahasa Inggris). International Data Group. Diakses tanggal 22 Februari 2017. 
  4. ^ Wallen, Jack (20 Maret 2016). "How to take advantage of optical character recognition in Google Keep". TechRepublic (dalam bahasa Inggris). CBS Interactive. Diakses tanggal 13 April 2022. 
  5. ^ a b Patkar, Mihir (29 Januari 2015). "4 Google Keep Tips And Tricks For Better Notes, Lists And To-Dos". MakeUseOf (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 22 Februari 2017. 
  6. ^ a b Henry, Alan (22 Mei 2013). "Not Just Another Notes App: Why You Should Use Google Keep". Lifehacker (dalam bahasa Inggris). Univision Communications. Diakses tanggal 22 Februari 2017. 
  7. ^ a b c d Raphael, JR (11 Mei 2016). "11 ways to get the most out of Google Keep on Android". Computerworld (dalam bahasa Inggris). International Data Group. Diakses tanggal 22 Februari 2017. 
  8. ^ Protalinski, Emil (17 November 2014). "Google Keep now lets you share lists with friends and family, filter notes by attributes". VentureBeat (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 Januari 2017. 
  9. ^ Whitwam, Ryan (19 Oktober 2016). "[Update: App shortcuts too] New Google Keep update adds note pinning [APK Download]". Android Police (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 Januari 2017. 
  10. ^ Anima, Mario (28 Februari 2017). "Capture ideas in Google Keep, bring them to life in Google Docs". The Keyword Google Blog (dalam bahasa Inggris). Google. Diakses tanggal 1 Maret 2017. 
  11. ^ Perez, Sarah (28 Februari 2017). "Google's note-taking app Keep joins G Suite, now integrates with Google Docs". TechCrunch (dalam bahasa Inggris). AOL. Diakses tanggal 1 Maret 2017. 
  12. ^ Amadeo, Ron (11 April 2017). "Google ruins the Assistant's shopping list, turns it into a big Google Express ad". Ars Technica (dalam bahasa Inggris). Condé Nast. Diakses tanggal 12 April 2017. 
  13. ^ El Khoury, Rita (14 Juli 2017). "Google Keep 3.4.803 gets undo and redo controls [APK Download]". Android Police (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 Juli 2017. 
  14. ^ Li, Abner (13 Juli 2017). "Google Keep for Android finally adds undo/redo controls for text editing". 9to5Google (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 15 Juli 2017. 
  15. ^ Kuan, Katherine (20 Maret 2013). "Google Keep—Save what's on your mind". Official Google Blog (dalam bahasa Inggris). Google. Diakses tanggal 1 Maret 2017. 
  16. ^ Graziano, Dan (20 Maret 2013). "Google launches Google Keep note-taking service [video]". BGR (dalam bahasa Inggris). Penske Media Corporation. Diakses tanggal 6 Januari 2017. 
  17. ^ Zhou, Ranna (23 April 2015). "Google Keep: Take notes on the go". Official Android Blog (dalam bahasa Inggris). Google. Diakses tanggal 6 Januari 2017. 
  18. ^ Tarantola, Andrew (23 April 2015). "Take notes on your wrist with Google Keep and Android Wear". Engadget (dalam bahasa Inggris). AOL. Diakses tanggal 6 Januari 2017. 
  19. ^ Lopez, Napier (23 April 2015). "Google Keep on Android Wear now lets you dictate notes on the go". The Next Web (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 22 Februari 2017. 
  20. ^ Welch, Chris (24 September 2015). "Google Keep is now available for iPhone and iPad". The Verge (dalam bahasa Inggris). Vox Media. Diakses tanggal 6 Januari 2017. 
  21. ^ Newman, Jared (30 Juni 2013). "50 Best Android Apps for 2013". Time (dalam bahasa Inggris). Time Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Juli 2013. Diakses tanggal 6 Januari 2017. 
  22. ^ Raphael, JR (26 Januari 2016). "3 years with Google Keep: Where it shines and where it (still) falls short". Computerworld (dalam bahasa Inggris). International Data Group. Diakses tanggal 1 Maret 2017. 
  23. ^ Duffy, Jill (30 Juli 2016). "Google Keep". PC Magazine (dalam bahasa Inggris). Ziff Davis. Diakses tanggal 1 Maret 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]