Google Gears

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo 153x43.gif

Google Gears merupakan perangkat lunak untuk menjadikan aplikasi web lebih mantap, dengan menambahkan fitur-fitur baru di penjelajah web. Tersedia gratis dengan lisensi BSD. Terdapat sejumlah aplikasi web yang menggunakan Gears, yang berasal dari beberapa perusahaan termasuk Google (YouTube, Docs, Reader, Picasa for Mobile). MySpace (Mail Search), Zoho (Writer, Mail). Remember The Milk, dan Buxfer. WordPress mulai versi 2.6 menambahkan dukungan untuk Gears, untuk mempercepat antarmuka administratif dan mengurangi hit server[1].

Dirilis pertama kali pada Mei 2007, perangkat lunak software ini semula dinamai Google Gears. Lalu berubah menjadi Gears untuk mencerminkan bahwa ini adalah proyek sumber terbuka, dan digarap secara kolaboratif. Perangkat lunak ini kompatibel dengan sistem operasi Windows 2000/XP/Vista/Windows Mobile 5 dan 6, Mac OS, dan Linux. Gears dapat diunduh di alamat http://gears.google.com[1].

Gears didesain untuk digunakan pada Google dan situs non-Google. Sejumlah aplikasi web saat ini menggunakan Gears, termasuk dua produk Google: Google Reader dan Google Docs[2]. Selain itu, Zoho (http://www.zoho.com/) dan Remember the Milk (http://www.rememberthemilk.com/) telah menggunakan Gears sejak peluncuran aslinya[2]. Jika seseorang menjalankan Windows Mobile pada ponsel, Picasa Web Albums juga memanfaatkan Gears.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Ni Ketut Susrini (2009). Google. B First. hlm. 82. ISBN 978-979-24-3840-6. 
  2. ^ a b c Tentang Google Gears. Diakses pada 23 Mei 2010.