Ci Punegara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ci Punegara
Cipunegara.JPG
Sungai Cipunegara
Sumber aliran Gunung Bukit Tunggul
Mulut sungai Laut Jawa
Negara Indonesia
Panjang 147,3 km
Ketinggian mata air 1.600 Mdpl
Daerah aliran sungai 1.280,473 km2
Bendung Salam Darma pada masa Hindia Belanda

Ci Punegara atau Sungai Cipunagara adalah suatu sungai di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Panjangnya sekira 147,3 kilometer megalir dari dari Gunung Bukit Tunggul di Pegunungan Bandung Utara dan bermuara ke Laut Jawa. Sungai ini melintasi tiga kabupaten yaitu Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu. Di hulu Sungai Cipunagara terdapat sebuah danau alami (Situ) yaitu Situ Cipabeasan. Hulu Sungai Cipunagara secara administratif masuk ke wilayah Desa Cipunagara, Kecamatan Cislak, Kabupaten Subang sedangkan muara sungai terletak di Desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang.

Daerah Aliran Sungai[sunting | sunting sumber]

Daerah Aliran Sungai (DAS) Cipunagara memiliki luas 1.280,473 km2 mencangkup tiga kabupaten yaitu Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu. DAS Cipunegara berbentuk memanjang dengan topgrafi bergunung-gunung di bagian hulu dan daerah landai di bagian hilir. DAS Cipunagara terbagi lagi menjadi lima Sub-DAS lainnya terdiri dari 74 anak sungai. Anak sungai terbesarnya adalah Sungai Cikandung yang berhulu di Gunung Tampomas. Berikut anak sungai besar yang dimiliki Sungai Cipunegara:

  1. Sungai Cikandung
  2. Sungai Cigadung
  3. Sungai Cilamatan
  4. Sungai Cikaramas
  5. Sungai Cileat
  6. Sungai Ciburung
  7. Sungai Cicanang

Pemanfaatan[sunting | sunting sumber]

Penduduk di sepanjang Sungai Cipunagara memanfaatkan aliran sungai untuk sumberdaya perikanan baik secara tradisional dengan cara memancing atau menjala. Besarnya debit air Sungai Cipunagara juga dimanfaatkan untuk pengairan/ irigasi lahan pertanian melalui beberapa cekdam, pintu air atau bendung seperti Bendung Salam Darma di Dusun Salam Darma, Desa Mangunjaya, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu. Bendung ini dibangun oleh pemerintah kolonial belanda pada tahun 1923 untuk mengairi lahan pertanian seluas 11.664 Hektar di Kabupaten Subang dan 24.504 Hektar di Kabupaten Indramayu.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]