Sungai Jatinegara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sungai Jatinegara atau Sungai Cincingguling merupakan sebuah sungai yang berada di Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Sungai Jatinegara mengalir dari utara ke selatan. Sungai Jatinegara berhulu di Pegunungan Serayu Selatan, hasil pertemuan dua sungai yakni Sungai Sampang yang berasal dari Gunung Wadasputih (654 Mdpl) di perbatasan Desa Sampang, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Banjarnegara dan Sungai Kedungjati yang berasal dari Bukit Igir Lempuyang (478 Mdpl) di perbatasan Desa Donorjo, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Banjarnegara. Dua aliran sungai ini kemudian dibendung sehingga menjadi Waduk Sempor. Aliran Sungai Jatinegara bermuara ke Samudera Hindia

Daerah Aliran Sungai[sunting | sunting sumber]

Sungai Jatinegara melewati lima kecamatan di Kabupaten Kebumen. Dimulai dari Kecamatan Sempor, Kecamatan Gombong, Kecamatan Buayan, Kecamatan Kuwarasan dan Kecamatan Puring. Sungai Jatinegara merupakan sungai utama yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Telomoyo. DAS Telomoyo memiliki luas sekira 56.250 Ha[1]. Hulu sungai ini berupa perbukitan dengan sungai berjeram namun demikian sebagian besar sungai ini berada di dataran rendah dengan tipe landai. Sungai Jatinegara memiliki beberapa anak sungai diantaranya adalah Sungai Kretek dan Sungai Mergosono.

Pemanfaatan[sunting | sunting sumber]

Waduk Sempor dihulu Sungai Jatinegara yang dimanfaatkan untuk PLTA, PDAM, Perikanan Keramba, Pariwisata dan Irigasi, penduduk di sepanjang Sungai Jatinegara juga memanfaatkan untuk sumberdaya perikanan baik secara tradisional dengan cara memancing atau menjala. Besarnya debit air Sungai Jatinegara juga dimanfaatkan untuk pengairan/ irigasi melalui beberapa pintu air atau bendung seperti Bendung Bojong di Desa Tunjungseto, Kecamatan Sempor dan Benung Karet di Desa Buayan, Kecamatan Buayan.

Referensi[sunting | sunting sumber]