Kali Randugunting

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kali Randugunting
Lokasi
NegaraIndonesia
Ciri-ciri fisik
Hulu sungaiPegunungan Kapur Utara
 - elevasi250 Mdpl
Muara sungaiLaut Jawa
Panjang47,37 km[1]
Luas DASDAS: 136,67 km²[2]

Kali Randugunting[3] adalah sungai yang terletak di wilayah Provinsi Jawa Tengah yang bermuara ke Laut Jawa. Sungai ini mengalir dari selatan di Pegunungan Kapur Utara ke utara melintasi tiga kabupaten yaitu Kabupaten Blora, Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang sepanjang kurang lebih 47,37 Km.

Daerah Aliran Sungai[sunting | sunting sumber]

Kali Randugunting merupakan sungai utama di Daerah Aliran Sungai (DAS) Randugunting dengan luas 136,67 km² meliputi tiga kabupaten yaitu Kabupaten Blora, Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang. Hulu sungai ini di Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, yang merupakan perbukitan kapur sedangkan muaranya di Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang.

Pemanfaatan[sunting | sunting sumber]

Penduduk di sepanjang Kali Randugunting memanfaatkan untuk sumberdaya pertanian terutama di bagian hulu dan perikanan baik secara tradisional dengan cara memancing atau menjala di bagian hilirnya. Untuk pertanian terdapat bendung Kedungsapen di Desa Jatihadi, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang yang dapat mengalirkan air ke jaringan irigasi untuk lahan seluas 630 hetar. Sementara itu di bagian hulunya yang masuk wilayah Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora direncanakan akan dibangun bendungan.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Daftar Sungai di Wilayah BPUSDATARU Seluna
  2. ^ Daftar Aliran Sungai BPUSDATARU Seluna
  3. ^ Pengejaan mengikuti pedoman penamaan nama geografi.
  4. ^ "Bendungan Randugunting 2018 Akan Konstruksi dan Aliri Tiga Kabupaten". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-04. Diakses tanggal 2018-09-04.