Kali Gung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kali Gung
DSC07173a.jpg
Kali Gung di dekat Jembatan Gantung Danawarih
Lokasi
NegaraIndonesia
Ciri-ciri fisik
Hulu sungaiGunung Slamet
Muara sungaiLaut Jawa
Panjang48 km (30 mi)
Debit air 
 - rata-rata17.80 ltr/ dtk3
Ukuran cekunganDAS: ±155,6 km2

Kali Gung atau Kaligung atau disebut juga sebagai Sungai Kaligung adalah sebuah sungai yang mengalir di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Dinamakan Kali Gung sebab bersinggungan dengan mata air sungai ini yang berasal dari Gunung Agung yakni nama kuno dari Gunung Slamet pada masa pra Islam di Jawa. Klai Gung berhulu di lereng sebelah utara Gunung Slamet dan bermuara hingga ke utara tepatnya di Laut Jawa. Kali Gung juga dibuat menjadi sebuah nama kereta api oleh PT. Kereta Api Indonesia yang bernama Kereta api Kaligung yaitu sebuah kereta api jurusan Tegal-Semarang.

Hidrologi[sunting | sunting sumber]

Luas Daerah Aliran Sungai (DAS) Kaligung yaitu ±155,6 km2 dengan panjang sungai sekira 48 Km mencakup dua wilayah yaitu Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. Di masa lampau di daerah Desa Kalimati, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, sungai ini disodet untuk mengatasi banjir di wilayah Kabupaten Tegal dan Kota Tegal yang kini hasil sodetannya disebut dengan Kali Ketiwon/ Kali Prepil. Muara Kali Gung berada di pesisir utara Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Sejumlah anak sungai besar Kali Gung diantaranya:

  • Kali Pekandangan
  • Kali Putih
  • Kali Blombong
  • Kali Erang

Pemanfaatan[sunting | sunting sumber]

Penduduk di sepanjang Kali Gung memanfaatkan untuk sumberdaya pertanian dan perikanan baik secara tradisional dengan cara memancing atau menjala. Dibagian hulu Kali Gung yang memiliki banyak sumber air panas digunakan sebagai area Pariwisata seperti Guci Indah. Besarnya debit air Kali Gung juga dimanfaatkan untuk pengairan/ irigasi melalui beberapa pintu air atau bendung. Terdapat dua bendung utama di aliran Sungai Jali yakni Bendung Pesayangan di Desa Pesayangan, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal serta Bendung Danawarih di Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

Referensi[sunting | sunting sumber]