Sungai Juwana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Sungai Juwana atau sering dinamai masyarakat Juwana dengan nama Sungai Silugonggo adalah sebuah sungai yang melintasi Kota Juwana Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Sungai ini bermuara di Laut Jawa dan mengarah ke barat daya melewati Kota Juwana, Kecamatan Jakenan, Kecamatan Pati Kota, Kecamatan Gabus, Kecamatan Kayen Undaan Kabupaten Kudus hingga bermuara di Babalan Wedung Kabupaten Demak.

Di Babalan ini, Sungai Juwana bertemu dengan Sungai Serang atau Sungai Lusi yang bermuara di Waduk Kedungombo. Karena terhubung dengan Waduk Kedungombo inilah yang menjadikan salah satu penyebab sering meluapnya Sungai Juwana.

Anak Sungai[sunting | sunting sumber]

Sungai Juwana memiliki beberapa anak sungai yang mengarah ke Pegunungan Kapur Utara (ke arah selatan) dan anak sungai yang mengarah ke Gunung Muria (ke arah barat).

Anak-anak sungai itu antara lain:

Terdapat pula beberapa anak sungai yang berhulu di Waduk Seloromo, Gembong, dan beberapa lagi berhulu di Gunung Muria, Kabupaten Kudus.

Banjir musiman[sunting | sunting sumber]

Setiap musing penghujan, Sungai ini meluapkan air banjirnya di sepanjang Daerah Aliran Sungai yang menenggelamkan puluhan desa.