Waduk Seloromo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Waduk Seloromo
Koordinat 6°42′LU 110°55′BT / 6,7°LS 110,917°BT / -6.700; 110.917
Daerah pengumpulan air 15 km2
Area permukaan 5 km2
Volume air 9.503.000 m3
Ketinggian permukaan 207 meter
Permukiman Pati

Waduk Seloromo atau juga disebut Waduk Gembong adalah sebuah waduk yang terletak di kaki Gunung Muria sebelah tenggara. Secara administratif, waduk ini terdapat di kecamatan Gembong kabupaten Pati provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Waduk ini pertama kali dibuat oleh pemerintah kolonial Belanda pada sekitar tahun 1930. Danau ini merupakan danau yang ke-2 di buat setelah GunungRoWo. Di sebelah timur laut waduk ini juga terdapat Waduk Gunung Rowo. Waduk Seloromo merupakan salah satu tempat wisata air di Kabupaten Pati.

Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Waduk ini dibangun tahun 1930-1933 oleh pemerintah kolonial Belanda dengan membendung aliran Sungai Silugonggo yang merupakan anak Sungai Sani di Desa Pohgading. Luasnya sekitar 5 km2 mencangkup dua desa di kecamatan Gembong yaitu Desa Gembong dan Desa Pohgading. Tipe bendungan Waduk Seloromo adalah urugan batu dengan tinggi bendungan 36 meter dari dasar sungai. Sedangkan panjang puncak bendungannya yaitu 365 meter dan lebar 6 meter. Normalnya waduk ini dapat menampung 9.503.000 m3 air yang berasal dari empat sungai yang tidak terlalu besar yaitu Sungai Bengkal, Sungai Juwono, Sungai Bajangan dan Sungai Sumuran.

Pemanfaatan[sunting | sunting sumber]

Waduk ini menjadi sumber pendapatan bagi Desa Gembong dan sekitarnya. Selain sebagai sumber pengairan bagi lahan pertanian (sawah) seluas 4.959.00 ha di kecamatan Gembong dan kecamatan-kecamatan sekitar seperti Wedarijaksa, Juwana, Tlogowungu, dan Pati juga dipergunakan sebagai lokasi pembudidayaan ikan tawar. Letaknya yang dekat dengan ibukota kecamatan sehingga mudah diakses, menjadikan waduk ini sebagai salah satu tempat wisata alternatif di Kabupaten Pati. Selain itu di sekitar area waduk juga sering digunakan sebagai tempat berkemah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]