Air Terjun Grenjengan Sewu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Air Terjun Grenjengan Sewu
Air Terjun Grenjengan Sewu berlokasi di Indonesia
Air Terjun Grenjengan Sewu
Lokasi di Indonesia
Informasi
Lokasi Kabupaten Pati
Negara  Indonesia
Koordinat 6°30′LS 111°00′BT / 6,5°LS 111°BT / -6.5; 111Koordinat: 6°30′LS 111°00′BT / 6,5°LS 111°BT / -6.5; 111
Jenis objek wisata Air terjun
Fasilitas Air Bersih

Sungai Jernih

Sawah Hijau

Tempat Istirahat (Rest Area)

Warung Makan

Air Terjun Grenjengan Sewu[1] adalah tempat wisata alam berupa air terjun yang terletak Kabupaten Pati.

Profil Air Terjun[sunting | sunting sumber]

Air terjun ini memiliki ketinggian ± 75 m. Ini merupakan air terjun terindah yang ada di jawa Tengah dengan lebar mencapai 2 meter. Terletak pada ketinggian 600mdpl menjadikan tempat ini sejuk dan berhawa dingin di mana airnya tidak akan menyusut meskipun pada musim kemarau. Pada musim penghujan air terjun ini sangat deras dan lebar sehingga di juluki grenjengan seribu(sewu) . Membutuhkan Setidak-tidaknya 20 menit perjalanan kaki untuk mencapai hingga titik akhir air terjun .

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Air terjun ini terletak di desa Jrahi Kecamatan Gunungwungkal. Dengan jarak tempuh ± 47 Km dari Kota Pati tentu ini akan memakan waktu lebih dari 1 jam perjalanan jika melalui jalan raya Pati - Tayu. Dari jalur utara dapat ditempuh dari arah Ngablak (Pasar Ngablak) kearah selatan sekitar 15 km. Kemudian dilanjutkan melewati desa Bancak-Jenon-Giling-Jaten dan Jrahi.

kemudian jika dari arah selatan atau Pati Kota maka pengunjung bisa langsung melalui kecamatan Gunungwungkal kota. Dari pertigaan Pakis (PG Pakis Baru) belok kiri lanjut jalan naik ke atas terus hingga sampai di Kota Gunungwungkal. Setiba di perempatan Pasar Gunungwungkal ambil arah kanan lurus ke utara kemudian ambil arah tujuan Bancak Ngablak. Sampai di Pertigaan Desa Bancak ke arah barat dilanjutkan ke desa Bancak kemudian Giling dan sampailah di desa Jrahi.

Referens[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]