Puring, Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Puring
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Kebumen
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 82,7 km²
Jumlah penduduk 52.262 Jiwa
Kepadatan 508 jiwa/km²
Desa/kelurahan 23

Puring adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Puring terletak di sebelah barat daya Kota Kebumen. Jarak Kecamatan Puring dari Kota Kebumen adalah 37,5 kilometer melalui Desa Sidobunder. Luas wilayahnya 82,7 km², dan jumlah penduduknya 52.262 jiwa (laki-laki 26.419 jiwa, perempuan 25.843 jiwa). Kecamatan Puring terdiri atas 21 desa, 98 RW, dan 318 RT. Pusat pemerintaha Kecamatan Puring berada di Desa Sitiadi.

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Arjowinangun
  2. Banjarejo
  3. Bumirejo
  4. Kaleng
  5. Kedalemankulon
  6. Kedalemanwetan
  7. Krandegan
  8. Madurejo
  9. Pasuruhan
  10. Puliharjo
  11. Purwoharjo
  12. Purwosari
  13. Sidobunder
  14. Sidodadi
  15. Sidoharjo
  16. Sitiadi
  17. Srusuhjurutengah
  18. Surorejan
  19. Tambakmulyo
  20. Tukinggedong
  21. Waluyorejo
  22. Wetonkulon
  23. Wetonwetan

Batas-batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Sebelah Barat: Kecamatan Buayan
  2. Sebelah Timur: Kecamatan Petanahan dan Kecamatan Adimulyo
  3. Sebelah Utara: Kecamatan Kuwarasan dan Kecamatan Adimulyo
  4. Sebelah Selatan: Samudera Hindia

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Puring memiliki geografi berupa dataran rendah dan wilayah pesisir. Kecamatan Puring yang berbatasan dengan Samudera Hindia memiliki wilayah pesisir atau pantai sepanjang sekira 10,09 kilometer mulai dari Desa Tambakmulyo, Desa Surorejan, Desa Waluyorejodan Desa Sidoharjo. Ketinggian rata-rata Kecamatan Puring adalah 8 meter diatas permukaan air laut. Sejumlah sungai yang ada di wilayah ini antara lain Sungai Telomoyo, Sungai Jatinegara, Sungai Kating, Sungai Rama, Sungai Bopong, Sungai Aren, Sungai Kejawen, Sungai Kalideres, Sungai Gombong, Sungai Keputihan, Sungai Gajah, Sungai Joho, Sungai Losari dan Sungai Klepupayung.

Penggunaan Lahan[sunting | sunting sumber]

Penggunaan lahan di Kecamatan Puring sebagian besar digunakan sebagai lahan persawahan terutama di wilayah utara. Sementara semakin ke selatan atau pesisir, lahan yang mengandung lebih banyak pasir digunakan untuk pertanian palawija dan sentra buah serta sayur mayur. Sebagian besar lahan perswahan di Kecamatan Puring merupakan jenis sawah irigasi dari Waduk Sempor dan Sungai Telomoyo serta Sungai Jatinegara. Hasil bumi Kecamatan Puring berupa padi, sayur-mayur, buah buahan, palawija, dan nira kelapa.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Transportasi di Kecamatan Puring yakni angkutan kota berupa bus kecil yang menghubungkan sejumlah desa di Kecamatan Puring dengan pusat Kabupaten Kebumen. Selain itu terdapat pula bus antar kota yang melintasi Kecamatan Puring. Hal tersebut dikarenakan Kecamatan Puring dilintasi jalan alternatif jalan lintas selatan (JLS) pulau jawa dan juga jalan Daendels. Kedua ruas jalan tersebut menghubungkan sejumlah kota di jawa bagian selatan seperti Kabupaten Purworejo, Kabupaten Cilacap, Kota Yogyakarta dan lainnya. Selain itu juga dilintasi jalan alternatif Gombong Kecamatan Gombong - Kuwaru Kecamatan Kuwarasan - Purwagondo Kecamatan Kuwarasan - Sitiadi Kecamatan Puring - Daendels. Kemudian ruas lainnya adalah dari Kecamatan Karanganyar - Meles Kecamatan Adimulyo - Kaleng Kecamatan Puring. Sarana dan Prasaran penunjang seperti jalan hotmix dan jembatan sudah baik diruas vitas wilayah ini. Ibukota Kecamatan Puring merupakan kecamatan yang berkembang pesat di wilayah selatan Kabupaten Kebumen sehingga wilayah ini sangat mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar penduduk Kecamatan Puring berprofesi sebagai nelayan, petani, buruh tani, Ibu Rumah Tangga, Wiraswasta dan PNS. Umumnya penduduk usia produktif pergi merantau atau bersekolah ke kota besar seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek), Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, Kota Surakarta, Purwokerto dan sejumlah kota besar di luar pulau seperti Sumatera, Bali, dan Kalimantan. Mayoritas penduduk Kecamatan Puring memeluk agama Islam. Jenjang pendidikan yang dicapai penduduk di wilayah ini adalah hingga Universitas meski sebagiaan besar tamatan Sekolah menengah pertama

Sekolah Menengah[sunting | sunting sumber]

Beberapa sekolah menengah negeri dan swasta yang ada di Kecamatan Puring adalah sebagai berikut :

  1. SMKN 1 Puring
  2. SMPN 1 Puring
  3. SMPN 2 Puring
  4. SMP PGRI 1 Puring
  5. SMP Plus BMQ Kadelamanwetan
  6. MTsN 1 Kaleng
  7. MTs Mambaul Ulum Sruweng

Sarana Publik[sunting | sunting sumber]

Sarana publik di Kecamatan Puring cukup bagus dengan adanya pasar tradisonal, langgar, masjid yang mendukung serta fasilitas kesehatan. Berikut sejumlah fasilitas umum yang ada di Kecamatan Puring:

  1. Pasar Weton Wetan di Desa Wetonwetan
  2. Pasar Krandegan di Desa Krandegan
  3. Pasar Gropak di Desa Kaleng
  4. Puskesas Puring di Desa Sitiadi
  5. TPI Criwik di Desa Tambakmulyo

Pariwisata & Sosial Budaya[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Puring merupakan wilayah yang cukup dikenal tidak hanya di Kabupaten Kebumen tetapi daerah luar Kabupaten Kebumen dikarenakan kecamatan ini mempunyai pantai yang cukup menarik seperti Pantai Suwuk, Pantai Criwik, Pantai Bopong, Pantai Cliringsilongob dan Pantai Gilianyar. Selain itu Kecamatan Puring dikenal dengan hasil gula jawa serta gula semutnya. Berikut tempat wisata yang ada di Kecamatan Puring:

1. Pantai Suwuk

Pantai Suwuk terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo. Untuk menuju ke lokasi pantai, banyak jalur alternatif yang dapat digunakan. Jika anda dari arah Kecamatan Gombong maka dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Namun jika anda berasal dari arah Kota Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk menuju jalan Pantai Petanahan dan setengah jam berikutnya menuju Pantai Suwuk. Bagi anda yang berasal dari arah timur. Pantai ini tepat berada ditepi jalan alternatif selatan pulau jawa Daendels yang menghubungkan Kota Yogyakarta, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen hingga Kabupaten Cilacap.
Wisata di Pantai Suwuk ini pada dasarnya tidak berbeda dengan wisata-wisata pantai di Kabupaten Kebumen. Pemandangan pegunungan kapur di sisi barat yang elok memanjang dari utara sampai selatan. Serta berbatasan langsung dengan pegunungan dan Pantai Karangbolong. Untuk lebih memanjakan mata anda, alangkah lebih baiknya anda menyewa seekor kuda untuk menyisir eloknya Pantai Suwuk ini. Atau pengunjung bisa menyewa perahu untuk menelusri Sungai Telomoyo di barat Pantai Suwuk. Disini jugatersedia kebun binang mini serta kolam renang. Usai lelah dan puas menikmati pantai, hal menarik lainnya adalah kita dapat menikmati suasana santai dengan beberapa sajian makanan khas yang ada di warung-warung sepanjang pantai. Anda dapat menikmati pecel dan lontong, es kelapa hijau, jangan lupa pula peyek ubur-uburnya dan berbagai jenis peyek lainnya.

2. Pantai Criwik

Pantai Criwik terletak di Dusun Criwik, Desa Tambakmulyo. Untuk menuju ke lokasi pantai, banyak jalur alternatif yang dapat digunakan. Jika anda dari arah Kecamatan Gombong maka dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Namun jika anda berasal dari arah Kota Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk menuju jalan Pantai Petanahan dan setengah jam berikutnya menuju Pantai Criwik. Bagi anda yang berasal dari arah timur. Pantai ini tepat berada ditepi jalan alternatif selatan pulau jawa Daendels yang menghubungkan Kota Yogyakarta, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen hingga Kabupaten Cilacap.
Pantai Criwik tidak berbeda dengan wisata-wisata pantai di Kabupaten Kebumen dan pantai terdekatnya yakni Pantai Suwuk dan Pantai Bopong. Perbedaanya Pantai Criwik masih bersih dan alami. Pinggir pantainya nampak rindang oleh cemara udang yang tumbuh di sepanjang garis pantai. Fasilitas yang disediakan cukup bagus mulai dari warung makanan hingga Toilet.

3. Pantai Bopong

Pantai Bopong terletak di Dusun Bopong, Surorejan. Untuk menuju ke lokasi pantai, banyak jalur alternatif yang dapat digunakan. Jika anda dari arah Kecamatan Gombong maka dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Namun jika anda berasal dari arah Kota Kebumen maka dibutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk menuju jalan Pantai Petanahan dan seperempat jam berikutnya menuju Pantai Bopong. Bagi anda yang berasal dari arah timur. Pantai ini tepat berada ditepi jalan alternatif selatan pulau jawa Daendels yang menghubungkan Kota Yogyakarta, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kebumen hingga Kabupaten Cilacap.
Jarak Pantai Boponga sekitar 24 Km arah barat daya dari Kota Kebumen dan 20 Km tenggara Kota Gombong. Pantai Bopong berada di sebelah timur dari Pantai Suwuk. Namun tidak seperti Pantai Suwuk yang sudah dikemas apik oleh Pemkab dan Investor, Pantai Bopong masih terlihat sederhana dan alami tanpa banyak sentuhan modernisasi. Pantai Bopong memiliki pasir pantai hitam seperti pantai di Kabupaten Kebumen pada umumnya. Pantai Bopong merupakan satu dari tiga pantai yang dijadikan spot bagi penyu untuk bertelur dan berkembang biak. Pantai Bopong juga memiliki ombak laut yang ganas khas perairan pantai selatan, sehingga wisatawan dihimbau untuk berhati hati dan tidak berenang. Apalagi di Pantai Bopong tidak ada Pos SAR. Tiket masuk menuju Pantai Bopong hanya Rp. 2.000 saja termasuk parkir kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat.

4. Laguna Sungai Gajah

Laguna Sungai Gajah atau Laguna Bopong merupakan sebuah muara Sungai yakni Sungai Gajah yang berada di antara Pantai Bopong di Desa Surorejan dan Pantai Cliringsilongob di Desa Waluyorejo. Tak seperti Laguna Pantai Lembupurwo di Kecamatan Mirit yang luas. Laguna yang berada di sebelah timur Pantai Bopong ini tidak terlalu luas dan rindang. Namun, pemandangan khas laguna dengan laut selatan yang riuh dengan suara deburan ombak ganas menjadi harmoni alam yang indah. Kini, laguna ini menjadi perburuan para penggiat wisata di Kabupaten Kebumen terutama pecinta fotografi. Dari Pantai Bopong tempat ini berjarak sekira 500 meter dengan seperempat jam berjalan kaki.

5. Kampung Wisata Suwuk

Kampung Wisata Suwuk berada di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo. Kampung Wisata Suwuk merupakan sebuah kawasan yang menyediakan berbagai macam hasil perkebunan warga setempat seperti sayur-mayur dan buah-buahan. Lokasinya yang bersatu dengan Pantai Suwuk membuat Kampung Wisata Suwuk menjadi kios cenderamata alam di Pantai Suwuk.

6. Jembatan Suwuk

Jembatan Suwuk merupakan sebuah jembatan yang ada di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo atau berbatasan dengan Kecamatan Buayan. Jembatan ini berada di ruas jalan Daendels serta menghubungkan Kecamatan Buayan dengan Kecamatan Puring. Jembatan ini melintang diatas Sungai Telomoyo sehingga jembatan ini digunkan oleh warga untuk memancing. Selain itu pemandangan Pegunungan karst di sisi barat membuat siapa saja senang menghabiskan waktu terutama sore hari di Jembatan ini. Dari atas jembatan ini juga akan bisa melihat hilir mudik perahu wisatawan dari Pantai Suwuk.