Kali Konto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kali Konto
Lokasi
Negara Indonesia
Ciri-ciri fisik
Sumber Pegunungan Argowayang-Anjasmoro
 - elevasi 2.000 Mdpl
Mulut sungai Sungai Brantas
Panjang 75 Km
Ukuran cekungan DAS: 568 km2

Kali Konto adalah sebuah sungai di Jawa Timur, Indonesia. Sungai ini bersumber dari Pegunungan Argowayang-Anjasmoro di Kabupaten Malang mengalir ke barat laut melintasi Kabupaten Kediri dan bermuara di Sungai Brantas di Kabupaten Jombang. Di daerah Ngantang, Kali Konto dibendung untuk pembangunan Waduk Selorejo sebagai sumber irigasi bagi pertanian juga digunakan untuk PLTA Selorejo.

Daerah Aliran Sungai[sunting | sunting sumber]

Kali Konto merupakan bagian dari sistem DAS Brantas seluas 568 km2 dengan total panjang keseluruhan jaringan sungai sub-DAS Konto yaitu 168,34 Km. Sungai ini berhulu di daerah Desa Wiyurejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Kemudian mengalir ke barat laut melintasi Kabupaten Kediri dan Kabupaten Jombang hingga bermuara di Sungai Brantas di Kecamatan Bandar Kedungmulyo di Kabupaten Jombang. Sejumlah anak Kali Konto yang cukup besar diantaranya diantaranya:

  1. Kali Mantung
  2. Kali Kudu
  3. Kali Pinjal
  4. Kali Kuwayangan
  5. Kali Lumbang
  6. Kali Sambong
  7. Kali Besowo

Pemanfaatan[sunting | sunting sumber]

Penduduk di sepanjang aliran Kali Konto memanfaatkan untuk sumberdaya pertanian dan perikanan baik secara tradisional dengan cara memancing atau menjala. Sedangkan Waduk Selorejo digunakan sebagai sumber irigasi bagi pertanian di Kabupaten Kediri dan Kabupaten Jombang. Penyaluran air irigasi selain melalui pintu air Bendungan Selorejo juga melalui beberapa bendung disepanjang aliran sungai seperyi Bendung Siman, Bendung Druju, Bendung Damarwulan, dan Bendung Batan. Selain itu Waduk Selorejo digunakan untuk PLTA Selorejo kapasitas 4,5 Mega Watt (MW).