Ci Sanggarung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ci Sanggarung
Sumber aliran Waduk Darma
Mulut sungai Laut Jawa
Negara Indonesia
Panjang 62,50 km
Ketinggian mata air 900 Mdpl
Daerah aliran sungai 817 km2

Ci Sanggarung adalah sungai di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sungai ini berhulu di selatan Waduk Darma, Desa Cageur, Kecamatan Darma. Kabupaten Kuningan dan bermuara ke Laut Jawa. Sungai ini cukup besar untuk dimasuki perahu-perahu nelayan. Setengah panjang Ci Sanggarung juga menjadi batas alami di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah pada bagian utara. Jembatan jalan raya lintas utara Jawa yang melintasi sungai ini pada kedua sisinya terdapat gapura selamat datang untuk kedua provinsi ini.

Daerah Aliran Sungai[sunting | sunting sumber]

Ci Sanggarung memiliki Daerah Aliran Sungai seluas 817 km2 meliputi Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon. Memiliki panjang sungai utama 62,50 Km sungai ini melintasi Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon di Provinsi Jawa Barat serta Kabupaten Brebes di Provinsi Jawa Tengah. Hulu DAS Ci Sanggarung berasal dari Perbukitan Kuningan Selatan, Pegunungan Gunung Tilu serta dari Gunung Ceremai. Sejumlah anak sungai besar Ci Sanggarung diantaranya adalah:

  1. Ci Jangkelok
  2. Ci Keusal
  3. Ci Kamuning
  4. Ci Sande
  5. Ci Jambu
  6. Ci Taal
  7. Ci Srigading
  8. Ci Pedak

Pemanfaatan[sunting | sunting sumber]

Penduduk di sepanjang Ci Sanggarungi memanfaatkan untuk sumberdaya pertanian dan perikanan baik secara tradisional dengan cara memancing atau menjala. Dibagian muara Sungai ini cukup besar untuk dimasuki perahu-perahu nelayan. Besarnya debit air Ci Sanggarung juga dimanfaatkan untuk pengairan/ irigasi melalui beberapa pintu air atau bendung. Selain itu terdapat dua bendungan di DAS Ci Sanggarung yaitu Bendungan Waduk Darma dibagian hulu Ci Sanggarung dan Bendungan Waduk Cileuweung yang dibangun di anak sungai Ci Sanggarung di Desa Randusari, Kecamatan Cibeureum, Kabupaten Kuningan.

Permasalahan[sunting | sunting sumber]

Ci Sanggarung melewati Kabupaten Kuningan dan tangkapan air hulu Waduk Darma Kabupaten Kuningan. Warga dua desa di daerah hulu Sungai Ci Sanggarung dan Sungai Ci manuk di Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan sebelah selatan Waduk Darma, dalam beberapa bulan terakhir dilanda kesulitan memperoleh air untuk kebutuhan rumah tangganya. Kedua desa tersebut adalah Desa Sukarasa dan Desa Cageur yang berada di dataran tinggi sekitar perbatasan antara wilayah Kabupaten Kuningan dengan Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Ciamis. Air bersih tersebut, diambil dan diangkut mobil bak tersebut dari mata air Balong (kolam) Keramat Darmaloka, di Desa Darma yang terpaut jarak sekitar 8 Kilometer dari Dusun Wawarung.

Dilihat dari sisi geografis serta pada peta sungai di Jawa Barat, posisi Desa Sukarasa dan Desa Cageur berapa pada daerah puncak punggungan dataran tinggi dengan ketinggian antara 600 hingga 700 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi tempat Desa Sukarasa dan Desa Cageur berada di sekitar perbatasan tiga kabupaten itu, merupakan bagian daerah tangkapan air Waduk Darma, serta sebagai salah satu daerah hulu dari Sungai Cisanggarung dan Sugai Cimanuk. Bahkan bagian selatan wilayah Desa Cageur, di antaranya juga merupakan daerah tangkapan air anak Sungai Ci Jolang [1].

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala[sunting | sunting sumber]