Bahasa Arab Tihamiyyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bahasa Arab Tihāmiyyah (bahasa Arab: تهامية,  Tihāmiyyah‎); juga dikenali sebagai Tihamiyya, Tihami) adalah ragam bahasa Arab yang awalnya dituturkan oleh suku-suku, yang termasuk dalam wilayah bersejarah Tihamah Yamani (hanya bagian Yaman), walaupun istilah Tihamah merujuk kepada pesisir Laut Merah dataran Arab dari Teluk Aqabah sampai Selat Bab el Mandeb, termasuk Pantai Saudi (Hijazi).

Arab Tihamiyyah
Dituturkan di
Penutur bahasa
tiada data (tidak tercantum tanggal)
Status resmi
Diatur olehTidak diiktiraf sebagai bahasa
Kode bahasa
ISO 639-1none
ISO 639-3

Pengucapan[sunting | sunting sumber]

Bahasa Arab Tihami atau dialek Tihamiyyah memiliki banyak aspek yang membedakannya dari semua dialek lain di dunia Arab. Secara fonologis, Tihami serupa dengan mayoritas dialek Yaman, yang mengucapkan qāf (ق) sebagai [q] dan ǧīm (ج) sebagai bunyi letup lelangit lembut [ɡ] (pengucapan ǧīm juga digunakan dalam bahasa Arab Mesir)[1] tidak seperti bahasa Arab San'ani dan Hadhrami yang mengucapkan qāf (ق) sebagai [g]. Secara tata bahasa, semua dialek Tihami juga memiliki ciri yang tidak biasa yaitu mengganti kata sandang (al-) dengan awalan (am-). Kala masa depan, seperti dialek di sekitar Sanaa, ditunjukkan dengan awalan (š-) untuk semua orang, misalnya ša-būk am-sūq "Saya akan pergi ke Souq". Beberapa dialek Tihami, seperti yang dituturkan di Al-Hodeida, sebaliknya cukup mirip dengan dialek Yaman lainnya dalam tata bahasa dan sintaksis, berbeda terutama dalam perbendaharaan kata, sedangkan yang lain bisa sangat jauh berbeda dari dialek bahasa Arab lainnya sehingga bahasa ini dapat dikatakan tidak dapat dipahami, bahkan bagi orang Yaman.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Watson, Janet C. E. "The Phonology and Morphology of Arabic" (PDF) (dalam bahasa Inggris). Oxford. hlm. 16. Diakses tanggal 27 Juli 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Shaghi, Abdullah and Imtiaz Hasanain (2009). Arabic Pausal Forms and Tihami Yemeni Arabic pausal /u/: History and Structure. In Hasnain S. Imtiaz (ed.) Aligarh Journal of linguistics. Department of Linguistics, Aligarh Muslim University, Aligarh, India. Vol. 1, Januari- Desember 2009, 122-139.