Tsuluts

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Panel kaligrafi dengan salat dengan khat tsuluts, yang berbunyi: pegangan pada Tuhan membawa ilmu-Nya. Tulisan selanjutnya menghubungkan karya ini dengan Alaeddin Tabrizi. Perpustakaan Kongres.

Tsuluts (Arab: ثُلُث, Tsuluts atau Arab: خَطُّ الثُّلُثِ, Ḵhaṭṭ-uṯ-Tsuluts; Persia: ثلث, Sols; Bahasa Turki: Sülüs, dari tsuluts "sepertiga") adalah variasi aksara Arab dari kaligrafi Islam. Bentuk sudut lurus Kufi diganti dalam skrip baru dengan garis melengkung dan oblique. Dalam Tsuluts, sepertiga dari setiap huruf miring, yang menjadi asal muasal nama tersebut (yang berarti "sepertiga" dalam bahasa Arab). Teori alternatif mengenai pengertian tersebut adalah lebar terkecil suatu huruf adalah sepertiga bagian terlebarnya. Ini adalah tulisan kursif yang elegan, digunakan di abad pertengahan pada dekorasi masjid. Berbagai gaya kaligrafi berevolusi dari Tsuluts melalui sedikit perubahan bentuk.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kontribusi terbesar terhadap evolusi aksara Tsuluts terjadi di Kesultanan Utsmaniyah dalam tiga langkah berturut-turut yang oleh sejarawan seni Utsmaniyah disebut sebagai "revolusi kaligrafi":

Seniman[sunting | sunting sumber]

Seniman paling terkenal yang menulis aksara Tsuluts pada puncaknya dikatakan adalah Mustafa Râkım Efendi (1757–1826), seorang pelukis yang menetapkan standar dalam kaligrafi Utsmaniyah yang diyakini banyak orang belum terlampaui hingga saat ini.[8]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Tsuluts digunakan untuk menulis judul surah, surah Qur'an. Beberapa salinan Al-Qur'an tertua ditulis dalam khat Tsuluts. Salinan selanjutnya ditulis dalam kombinasi Tsuluts dan Naskh atau Muhaqqaq. Setelah abad ke-15 Naskh mulai digunakan secara eksklusif.

Khat ini digunakan di Bendera Arab Saudi.

Gaya[sunting | sunting sumber]

Aspek penting dari khat Tsuluts adalah penggunaan harakat ("hareke" dalam bahasa Turki) untuk mewakili bunyi vokal dan tanda gaya tertentu lainnya untuk memperindah naskah. Aturan yang mengatur aksara Arab serupa dengan aturan untuk aksara Arab lainnya. Tanda gaya memiliki aturannya sendiri mengenai penempatan dan pengelompokan yang memungkinkan kreativitas tinggi dalam bentuk dan orientasi. Misalnya salah satu teknik pengelompokan adalah dengan memisahkan tanda yang tertulis di bawah huruf dengan yang tertulis di atasnya.

Skrip dikembangkan dari khat Tsuluts[sunting | sunting sumber]

Sejak penciptaannya, Tsuluts telah memunculkan berbagai macam skrip yang digunakan dalam kaligrafi dan seiring berjalannya waktu telah memungkinkan banyak modifikasi. Jeli Tsuluts dikembangkan untuk digunakan pada media berukuran besar, seperti pada batu nisan. Aksara Muhaqqaq dikembangkan dengan memperlebar bagian horizontal[butuh klarifikasi] huruf-huruf dalam Tsuluts. Khat Naskh memperkenalkan sejumlah modifikasi yang menghasilkan ukuran lebih kecil dan keindahan lebih besar. Tawqi adalah versi yang lebih kecil dari Tsuluts.

Riq'ah mungkin berasal dari gaya Tsuluts dan Naskh, yang terakhir itu sendiri berasal dari Tsuluts.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hüseyin Kutlu: Hat sanatı kalemi şevk edebilmektir - Kalem Güzeli". www.kalemguzeli.net. Diakses tanggal 17 April 2018. 
  2. ^ Pritchett, Frances. "hamdullah1500s". www.columbia.edu. 
  3. ^ Üniversitesi, İstanbul. "İstanbul Üniversitesi - Tarihten Geleceğe Bilim Köprüsü - 145". www.istanbul.edu.tr. Diakses tanggal 17 April 2018. 
  4. ^ Ali, Wijdan. "From the Literal to the Spiritual: The Development of Prophet Muhammad's Portrayal from 13th Century Ilkhanid Miniatures to 17th Century Ottoman Art Diarsipkan 2004-12-03 di Wayback Machine.". In Proceedings of the 11th International Congress of Turkish Art, eds. M. Kiel, N. Landman, and H. Theunissen. No. 7, 1–24. Utrecht, The Netherlands, August 23–28, 1999, p. 7
  5. ^ "Mehmed Şevki Efendi". wordpress.com. 1 October 2006. Diakses tanggal 17 April 2018. 
  6. ^ "Archived copy". www.bilgininadresi.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-03-05. Diakses tanggal 15 January 2022. 
  7. ^ Türk Ýslam Sanatlarý - Tezyini Sanatlar Diarsipkan 2012-06-30 di Archive.is
  8. ^ Journal of Ottoman Calligraphy :: RAKIM: “Mustafa Rakim” (1757 - 1826) :: April :: 2006 Diarsipkan 2008-03-06 di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]