Inazuma Eleven

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Inazuma Eleven
Logo-inazuma-eleven.jpeg
Logo Inazuma Eleven
Genre Sepak Bola, Anak-anak
Manga
Pengarang  Tenya Yabuno
Penerbit  Bendera Jepang Shogakukan
Penerbit bahasa Indonesia

Bendera Indonesia Elex Media Komputindo (versi manga)

Bendera Indonesia Komik Warna (versi screenshot anime)
Demografi Anak-anak
Majalah Bendera Jepang CoroCoro Comic
Volume

10 (terbitan Elex Media)

23+ (terbitan Komik Warna)
Seri anime TV
Sutradara  Katsuhito Akiyama
Penulis  Atsuhiro Tomioka
Studio Bendera Jepang Level-5
Pelisensi  Bendera Jepang Level-5
Jaringan Bendera Jepang TV Tokyo
Jaringan bahasa Indonesia Bendera Indonesia Kompas TV
Sen-Jum, 06:30 WIB
Episode 127 (Inazuma Eleven Season 1-3)
47 (GO)
51 (Chrono Stone)
43 (Galaxy)
Portal Anime dan Manga

Inazuma Eleven (イナズマイレブン Inazuma Irebun?) adalah serial manga karya Tenya Yabuno. Manga ini telah dipublikasikan oleh Shogakukan dalam majalah CoroCoro Comic di Jepang sejak Juni 2008[1]. Manga ini telah memenangkan penghargaan Kodansha Manga Award 2010 kategori Manga Anak Terbaik[1].

Seri[sunting | sunting sumber]

Manga dan Anime Inazuma Eleven terdiri dari 4 Seri, yaitu:

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Original[sunting | sunting sumber]

Dikisahkan, klub sepak bola Raimon Junior High pada awalnya hanya memiliki 7 orang pemain. Kondisinya memprihatinkan, setiap saat-saat latihan harus meminjam lapangan dari klub baseball. Pada suatu hari, Mamoru dipanggil oleh kepala sekolah yang memberitahukan bahwa akan ada pertandingan melawan tim sepak bola Akademi Teikoku. Jika klub sepak bola Raimon kekurangan orang atau kalah, maka klub ini akan dibubarkan. Dengan semangat, Mamoru berusaha keras mencari orang untuk mengisi kekosongan tersebut. Saat pertandingan pun tiba. Mulai babak pertama pertandingan, Teikoku menyerang habis-habisan Raimon dengan skor 20-0. Pada saat Raimon akan kick-off, Kakeru (satu-satunya pemain yang masih berdiri) berlari meninggalkan lapangan dan melepaskan seragamnya. Saat itu, Shuuya, seorang murid pindahan, mengambil dan mengenakan seragam tersebut dan mulai membantu tim Raimon bertanding. Akhirnya skor berubah menjadi 20-1, dan Teikoku membatalkan pertandingan (yang artinya pemenangnya adalah Raimon).[4] Pada seri-seri berikutnya, Mamoru dan kawan-kawan bergabung dengan tim nasional Jepang, Inazuma Japan, dan bertanding melawan tim-tim lain dari seluruh dunia dalam kompetisi Football Frontier International, hingga akhirnya menjuarai kompetisi tersebut.

GO![sunting | sunting sumber]

10 tahun berlalu sejak kemenangan Inazuma Japan pada kompetisi FFI, dunia sepak bola telah berubah. Sepak bola remaja kini sepenuhnya diatur oleh Fifth Sector, suatu organisasi yang dipimpin oleh Takhta Suci, Yang Mulia Alex Zabel. Organisasi ini, selain mengatur kepelatihan, juga mengatur skor akhir pertandingan bahkan jauh sebelum pertandingan dimulai dengan alasan untuk menjaga gengsi dari setiap sekolah. Para pemain tidak bisa melawan, karena jika melawan, klub Spacetoon sepak bola mereka akan dibubarkan. Matsukaze Tenma, seorang siswa baru di Raimon Junior High, yang sangat menyukai sepak bola, bersama Nishizono Shinsuke, sahabatnya, masuk ke klub sepak bola ini. Mereka membawa harapan baru kepada klub sepak bola ini, dan bahkan seluruh sepak bola remaja di Jepang, karena mereka bersama dengan klub sepak bola Raimon yang pada awalnya menyerukan 'reformasi sepak bola'. Namun perjuangan tak semudah yang dibayangkan. Pelatih mereka, Kudou Michiya, dipecat oleh Fifth Sector karena dianggap membangkang. Klub sepak bola Raimon kini menantikan pelatih baru. Ternyata, pelatih mereka yang baru adalah Endou Mamoru! Apakah mereka berhasil melakukan 'reformasi sepak bola'?

GO! Chrono Stone[sunting | sunting sumber]

GO! Galaxy[sunting | sunting sumber]

Semuah turnamen sepak bola usia remaja baru, Football Frontier International Versi 2 (FFI-V2) akan segera digelar. Jepang pun menyiapkan tim nasional terbaiknya. Namun, pelatih tim nasional Jepang Shinsei Inazuma Japan, Kuroiwa Ryuusei, hanya menyiapkan tepat 11 orang untuk menjadi tim nasional Jepang. Itu berarti tidak ada pemain cadangan. Segera setelah pengumuman nama-nama pemain, diadakan pertandingan persahabatan antara Shinsei Inazuma Japan melawan Akademi Teikoku. Secara mengejutkan, Shinsei Inazuma Japan takluk dengan mudah dengan skor 1 - 10 dari Akademi Teikoku. Kemudian, terkuak bahwa 8 dari 11 pemain Shinsei Inazuma Japan tidak memiliki latar belakang sepak bola, bahkan ada yang sama sekali tidak memiliki latar belakang olahraga lain. Ditambah dengan konspirasi FFI-V2 ini, yang sesungguhnya adalah kompetisi sepak bola antarplanet —yang mana jika bumi kalah dalam kompetisi ini, maka bumi akan dihancurkan— , akankah Shinsei Inazuma Japan atau Earth Eleven menyelamatkan bumi?

Inazuma Eleven the Movie[sunting | sunting sumber]

Seri Inazuma Eleven the Movie terdiri dari 3 movie, yaitu:

Anime dan Penayangannya[sunting | sunting sumber]

Manga ini telah dikembangkan menjadi serial anime dengan judul yang sama. Di Jepang, anime ini disiarkan oleh TV Tokyo, sementara di Indonesia sendiri anime ini pernah disiarkan oleh Indosiar setiap hari Minggu pukul 09:30 WIB, kemudian berubah jam tayang menjadi pukul 06:00 WIB sejak Desember 2012. Anime ini sekarang tidak ditayangkan lagi di Indosiar.

Sejak 20 Juni 2014, Kompas TV mulai menayangkan anime ini. Saat ini, anime ini ditayangkan setiap Senin sampai Jumat pukul 06:30 WIB

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Referensi dari (Inggris) http://en.wikipedia.org/wiki/Inazuma_Eleven_(manga)
  2. ^ Pernyataan dari Akihiro Hino, presiden direktur Level-5, melalui Twitter (Jepang) http://twitter.com/AkihiroHino/status/446242199332597761
  3. ^ Pernyataan lainnya dari Akihiro Hino, presiden direktur Level-5, melalui Twitter (Jepang) http://twitter.com/AkihiroHino/status/484917002167791616
  4. ^ Episode 1 Inazuma Eleven (Original, Season 1): "Let's Play Soccer"